Pakai Air, Cara Baru Deteksi Uang Palsu

uangEramuslim.com – Untuk mencegah uang palsu, Bank Indonesia melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk mengenal metode pengenalan uang palsu, salah satunya dengan menggunakan air.

“Penggunaan air paling ampuh untuk mengetahui uang palsu, karena biasanya pelaku belum bisa menyamai kertas yang digunakan uang asli sehingga tintanya akan luntur apabila terkena air,” kata Manajer Unit Distribusi Uang Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Triyanta di Pekanbaru, Rabu (22/06/2016).

Triyanta mengatakan penggunaan air bisa dilakukan apabila masyarakat masih kurang yakin dengan metode yang selama ini disosialisasikan, yakni “3D” (dilihat, diraba dan diterawang).

Pengecekan dengan air cukup mudah, yakni dengan mengoleskan permukaan uang yang dicurigai dengan jari yang sudah dibasahi dengan air.

“Kalau uang asli walaupun masuk ke mesin cuci, tintanya tidak akan luntur,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Pemimpin BI Provinsi Riau, Irwan Mulawarman, mengatakan teknik pemalsuan uang sudah demikian canggih, bahkan, dalam kasus terbaru, pelaku sudah bisa memalsukan beberapa detil termasuk pengaman dan logo bayangan.

“Pelaku kini makin canggih, mereka tinggal satu tingkat lagi untuk bisa memalsukan semua ciri yang ada di uang Rupiah. Kalau untuk barang seperti tas, ini ibarat KW (kualitas palsu) super,” Kata Irwan.

BI juga meminta pihak perbankan untuk melakukan pengawasan secara ketat dalam mencegah potensi penyebaran uang palsu lewat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), karena beberapa laporan nasabah mendapatkan uang palsu dari penarikan uang di ATM.

Namun, Irwan mengatakan selama ini belum ada aturan dari BI yang bisa memberikan sanksi kepada bank yang lalai sehingga terdapat uang palsu di mesin ATM mereka.

“Belum ada aturan tentang itu, kami hanya bisa memberikan teguran agar bank lebih teliti dalam pengawasan uang di ATM,” ujarnya.

Ia menduga terdapatnya uang palsu di ATM akibat bank lalai mengawasi perusahaan pihak ketiga yang dikontrak untuk menyuplai uang ke mesin-mesin ATM.

“Pemasukan uang ke ATM dari pihak ketiga harusnya disortir lagi oleh bank pemilih ATM. Jadi, bank jangan hanya menyalahkan pihak ketiga,” tegasnya. (ts/rn)