Waspada, Apel Import Dari AS Terkontaminasi Bakteri Berbahaya

apelEramuslim.com – Kementerian Perdagangan melarang peredaran buah apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros., Bakersfield, California, Amerika Serikat (AS). Kedua jenis apel, yang biasa dijual dengan merek Granny’s Best dan Big B itu, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

“Apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, California, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan infeksi serius. Fatal pada bayi, anak-anak, dan orang dengan sistim kekebalan tubuh yang lemah,” demikian pernyataan Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo, seperti yang dimuat dalam laman Kemendag (27/1).

Menurut Widodo, keputusan ini diambil berdasarkan surat Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, yang menyatakan adanya kontaminasi produk apel di Amerika Serikat. Kemendag juga telah mendapat pemberitahuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dan juga Kedubes AS terkait kontaminasi bakteri Listeria pada apel-apel jenis Granny Smith dan Gala itu.

“Atas dasar itu, kita melarang impor atau mendistribusikan apel Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, California, yang telah diimpor kepada distributor ataupun pengecer, serta menarik dari peredaran untuk apel yang telah diperdagangkan oleh pengecer,” tegasnya.

Kemendag meminta agar masyarakat tidak membeli apel-apel jenis Granny Smith dan Gala itu. “Bagi konsumen yang telah terlanjur membeli apel tersebut, dimohon untuk tidak dikonsumsi,” imbau Widodo. (rz)