Terpecah, Kelompok Veteran Pejuang Taliban Dirikan Organiasasi Sendiri

TaharakTalibanPakistanEramuslim – Kelompok bersenjata Taliban Afghanistan kembali diterpa perpecahan setelah sejumlah pemimpin senior di dalam organisasi mengumumkan berpisah dari kepemimpinan Mullah Mansour, dan mengangkat pemimpin baru pada hari Senin (02/11) kemarin.

Dalam keterangan resminya, kelompok baru ini mengangkat Mullah Mohammad Rasul sebagai pemipin mereka, dan berjanji tidak akan membuat pertikaian dengan Taliban Afghanistan dibawah kepemimpinan Mullah Mansour.

Menurut informasi yang beredar menyatakan bahwa Mullah Mohammad adalah mantan veteran senior di organisasi Taliban.

Hingga kini tidak ada keterangan resmi dari kubu Taliban Mullah Mansour terkait perpecahan yang terjadi. Akan tetapi sejumlah sumber terpercaya mengatakan bahwa mereka yang keluar dari organisasi adalah para pejuang Taliban yang menentang setiap pembicaraan damai dengan titik pemerintah.

Taliban Afghanistan sendiri baru mengangkat Mullah Mansour sebagai pemimpin baru organisasi pada 31 Juli 2015 kemarin, menggantikan pemimpin lama Mullah Omar yang wafat di salah satu rumah sakit Pakistan pada April 2013 akibat sakit yang diderita. (Skynewsarabia/Ram)