The Guardian: Diam-Diam PBB Alirkan Dana Puluhan Juta Dolar AS Kepada Rezim Syiah Assad

Syiah Assad 1Eramuslim – Sebuah hasil penyelidikan yang dilakukan surat kabar Inggris “The Guardian” kini menjadi perbincangan hangat dunia karena menyebut PBB telah mengalirkan dana bantuan puluhan juta dolar AS kepada sejumlah orang yang dekat dengan Presiden Syiah Assad dan lembaga pemerintah Suriah selama 5 tahun.

“Bantuan uang puluhan juta dolar AS diberikan PBB kepada sejumlah badan LSM atau perusahaan yang mendapat sanksi pembekuan dana oleh Eropa dan Amerika Serikat, termasuk salah satunya organisasi bantuan yang didirikan Asma al-Assad, istri dari Presiden Syiah Bashar al-Assad, dan sepupunya Rami Makhlouf,” tulis The Guardian dalam laporannnya.

Informasi yang diperoleh The Guardian menyatakan bahwa 2 lembaga di bawah PBB telah berkerjasama dengan organisasi bentukan Asma al-Assad, dengan jumlah dana yang telah digelontorkan sebanyak 8,5 juta dolar AS. Sedangkan Lembaga al-Bustan Rami Makhlouf telah menerima dana sebesar 277 juta dolar AS dari UNICEF.

Tidak hanya sampai disana, The Guardian mendapati bahwa dalam 5 tahun terakhir PBB telah memberikan dana sebesar 13 dolar AS kepada pemerintah rezim Assad untuk pengembangan sektor pertanian, 4 juta dolar AS untuk penyediaan produk bahan bakar yang dimiliki oleh negara, dan WHO sebesar lebih dari 5 juta dolar AS untuk mendukung tersedianya cadangan darah di Suriah.

Menurut perkiraan The Guardian, PBB telah melakukan perjanjian kerjasama dengan pemerintah Suriah dan 258 perusahaan yang memiliki hubungan dan dekat dengan al-Assad untuk pemberian bantuan ratusan juta dolar AS. (Skynewsarabia/Ram)