The Times Inggris Sebut Syiah Bashar Al Assad Hanya Kuasai 18% Wilayah Suriah

assadEramuslim – Setelah disebut hanya menguasai 20% wilayah oleh komandan pasukan revolusi Suriah di kota Aleppo, Kolonel Abdul Jabbar Aqidi, pada akhir Juli lalu. Kini giliran surat kabar The Times Inggris menyebut rezim Syiah Bashar Assad hanya menguasai seperenam wilayah Suriah.

Dalam artikel pemberitaannya yang dikeluarkan pada hari Minggu (23/08) kemarin, The Times Inggris menyatakan, “Sebuah laporan yang dikeluarkan lembaga spesiali urusan pertahanan di Inggris menyatakan bahwa rezim Syiah Assad hanya mengontrol 18% wilayah Suriah.”

Menurut perusahaan pertahanan swasta yang terdiri dari para pejabat pertahanan Inggris memprediksi bahwa di masa mendatang rezim Syiah Assad hanya akan memperkuat pasukannya untuk mengontrol wilayah ibukota Damaskus, Latakia, dan kota-kota di jalur pantai Laut Mediterania.

“Rezim ini tidak akan bertahan lama, terlebih mereka kini hanya mengusai wilayah tidak lebih dari negara Belgia, dan hilangnya setengah tentara pengalaman Assad yang tewas sejak tahun 2011 lalu,” tulis The Times.

Menurut penghitungan sepihak dari rezim pemerintah Syiah Assad menyatakan bahwa jumlah tentara mereka hingga awal tahun 2015 mencapai 300 ribu orang, atau berkurang 50% sebelum meletusnya revolusi Suriah pada tahun 2011 lalu. (Shorouk/Ram)