Uni Eropa Dukung Langkah Turki Gulingkan Rezim Bashar al Assad

turki aerospaceDelegasi Uni Eropa mendukung langkah pemerintah Ankara yang menyerukan penggulingan segera rezima Bashar al Assad karena dianggap sebagai penyebab utama memburuknya situasi di Suriah, dalam pertemuan delegasi Uni Eropa dengan pejabat Turki pada Jum’at (24/10).

Para delegasi Uni Eropa mengatakan “kami memahami sikap Turki terhadap situasi di Suriah yang kini terjadi di kota Kobani. Di saat yang sama pemerintah Ankara harus mengambil langkah yang tepat dan netral dengan mengizinkan pasukan dari Peshmerga Irak menyeberang ke Suriah melalui perbatasannya, tanpa mendukung PKK Kurdi ataupun ISIS.”

Selain itu dalam pertemuan tersebut Uni Eropa juga berjanji hibah mereka ke Ankara sebesar 70 juta Euro bagi sekitar 1,5 juta warga Suriah yang kini mengungsi diwilayah perbatasan Turki.

Tercatat ada sekitar 200 ribu warga kota Ain Arab dari wilayah KobanĂ® mengungsi ke Turki, pasca pertempuran sengit antara pejuang Kurdi Suriah dengan milisi ISIS yang memperebutkan Ain Arab. (Rassd/Ram)