Unik, Masjid Tozlaguzo Kalahkan Citra Masjid Al Azhar Dan Masjid Imam Syafii di Mesir

Masjid Tozlaguzo - masjid dan menaranya Masjid Tozlaguzo - Menara di atas bukit Masjid Tozlaguzo - menara tampak dari atas Masjid Tozlaguzo - Tampak menara dari bangunan utama masjid Masjid Tozlaguzo - Utama Masjid Tozlaguzo 1 Masjid Tozlaguzo menara masjidEramuslim – Masih dalam episode ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa di bulan suci Ramadhan 1437 Hijryah. Di terbitan artikel kali ini Eramuslim akan membahas sebuah masjid di wilayah tengah Turki yang memiliki desain unik dan dapat dikatakan hanya ada 1 di dunia.

Ya masjid tua yang berada di Desa Tozlaguzo di wilayah Anatolia Tengah ini memiliki menara adzan yang terpisah jauh dari bangunan utama Masjid. Bukan belasan ataupun puluhan meter keduanya terpisah, melainkan ratusan meter jarak yang memisahkan bangunan Masjid dengan menara.

Seperti dilansir Anatolia dari keterangan penduduk asli Desa Tozlaguzo mengatakan bahwa menara masjid yang dibangun pada tahun 1945 lalu ini sengaja di pisah dari bangunan utama masjid yang telah terlebih dahulu ada.

“Orang tua kami sengaja membangun menara ini di atas bukit, jauh dari bangunan utama masjid. Ini bertujuan agar adzan dapat terdengar di Desa Tozlaguzo dan wilayah sekitarnya, dimana saat itu belum ada listrik,” ujar kepala Desa Tozlaguzo.

Hmm dapat kita bayangkan yaa bagaimana muadzin naik ke bukit kemudian menaiki menara untuk mengumandakan adzan, dan setelah itu harus kembali lagi ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat berjamaah. (Anatolia/Ram)