Vatikan Pecat Pastur Gay dan Kirim ke Pegunungan Alpen Untuk Rehab

vatikan-pecat-dan-kirim-pastur-mengaku-gay-ke-pegunungan-alpenEramuslim.com – Krzysztof Charamsa pekan lalu (3/10), membuat pengumuman mengejutkan selepas pertemuan para uskup sedunia membahas isu-isu keluarga Katolik di Vatikan. Pendeta ini bercerita pada pers bahwa dirinya adalah penyuka sesama jenis sejak lama.

Pejabat menengah dari Divisi Doktrin Katolik di Tahta Suci itu segera dicopot. Charamsa disebut-sebut langsung dikirim ke sebuah biara di Pegunungan Alpen, Swiss, untuk menjalani terapi agar kembali menjadi heteroseksual.

CBS News melaporkan, Selasa (6/10), Juru Bicara Vatikan Federico Lombardi mengaku punya alasan kenapa pihaknya terpaksa melucuti semua jabatan dan hak Charamsa. Tahta Suci beralasan romo 43 tahun itu mengganggu jalannya pertemuan uskup, serta mencari popularitas pribadi dengan pengakuannya kepada media.

“Keputusan membuat pernyataan publik semacam itu saat pembukaan pertemuan penting para uskup yang membahas kepentingan umat, sangat tidak bertanggung jawab,” kata Lombardi.

Salah satu sobat Charamsa, Mario Bonfanote, mengatakan sang pastur gay dipaksa mengikuti terapi awal pekan ini. “Charamsa diperintahkan pergi ke biara Venturini, di Trento, untuk kembali menemukan jalan yang benar,” kata Bonfanote kemarin.

Merujuk laporan Telegraph, Charamsa membenarkan ada perintah pelatihan itu dari Vatikan. Dia buru-buru menolaknya. “Mereka ingin ‘menyembuhkan’ saya tapi saya menolak pergi.” (ts)