Video Calhaj Gunakan Skuter Otomatik Saat Melakukan Ibadah Tawaf

Skuter otomatikEramuslim – Selain memerlukan biaya cukup tinggi untuk dapat menunaikan ibadah yang menjadi rukun Islam kelima bagi umat Islam, ibadah Haji juga menuntut para calhaj (calon Haji) untuk mengerahkan segala kemampuan fisik mereka menunaikan rangkaian ibadah di tanah suci Makkah Al Mukaromah.

Akan tetapi apakah hukumnya jika melakukan tawaf yang seharusnya berjalan kaki diganti dengan menaiki sebuah skuter otomatik? Yaa pemandangan ini benar terjadi dan tertangkap kamera pengintai yang dipasang dipenjuru Masjidil Haram.

Dalam awal rekaman video berdurasi sekitar 16 detik tersebut, nampak seorang tua renta yang sedang berusaha mengerahkan tenaganya untuk melakukan tawaf, tiba-tiba disalip oleh seseorang berpaikan ihram dengan menggunakan skuter otomatik.

Yaa hingga saat ini memang belum ada hukum yang melarang penggunaan sebuah mesin untuk membantu para calhaj untuk mempermudah badah mereka. akan tetapi jika kita memang mampu untuk mengerahkan tenaga sebaiknya kita mengikuti apa-apa yang dilakukan Nabi Muhammad ﷺ ketika menunaikan ibadah Haji Wada. (Rassd/Ram)

Berikut rekaman video tersebut;

https://www.youtube.com/watch?v=44yaIvv_JeY