Video Dubes AS Hina Wakil Perdana Menteri Irak

dubesXAS-WakilXPMXIrakEramuslim – Negara adidaya Amerika Serikat kembali menunjukan congkaknya dihadapan negara jajahan Irak dalam sebuah pertemuan antara Dubes AS dengan Wakil Perdana Menteri Irak, Saleh al-Mutlaq, pada hari Kamis (21/05) kemarin.

Dalam rekaman video berdurasi 21 detik yang beredar di Youtube, nampak Dubes Stuart Jones dengan seenaknya mengangkat kaki dan mengarahkan sepatunya ke hadapan Wakil PM Saleh al-Mutlaq dalam sebuah pertemuan formal kenegaraan.

Reaksi keras segera dilontarkan warga Irak kepada pemerintahan AS setelah melihat rekaman yang kini menyebar luas di kalangan warga Irak.

Penulis terkenal Irak, Abdu Sami Karbuli, dalam komentaranya mengatakan bahwa sikap Dubes AS ini adalah sebuah penghinaan terhadap rakyat Irak, terlebih Dubes Stuart Jones saat itu adalah tamu dari Wakil PM Saleh al-Mutlaq.

Ini adalah penghinaan kedua yang diterima Irak setelah pada bulan Oktober 2010 lalu dalam kunjungan kenegaraan ke Teheran, pemerintah Iran tidak mengibarkan bendera Irak dalam pertemuan antara PM Nuri al-Maliki dengan Presiden Ahmadinejad. (Rassd/Ram)

Berikut cuplikan video tersebut;