Wanita Suriah Terima Penghargaan International Women of Courage Awards 2014

Majdi SyarigiEramuslim – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat memberikan penghargaan International Women of Courage Awards 2014 kepada Majdi Syarigi, atas dedikasinya memperjuangkan hak-hak perempuan di wilayah Timur Tengah.

Lahir di kota Daria pada tahun 1981 lalu, ibu dari 3 orang anak ini pernah ditangkap intelejen angkatan udara Suriah pada 31 Januari 2012 sebelum akhirnya dibebaskan 7 bulan kemudian.

Mendirikan organisasi “Women Now” dan organisasi “Women Now for Development” di Lebanon pada tahun 2014 lalu, Majdi Syarigi berusaha memperjuangkan hak-hak kaum wanita yang tertindas akibat konflik perang yang kini terjadi di Suriah.

Karena dedikasinya tersebut, Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2015 akan memberikan penghargaan “Wanita Pemberani” atas perjuangan wanita Suriah tersebut.

Rencananya penghargaan tersebut akan diserahkan langsung ibu negara Michelle Obama di Washington DC, dalam peringatan hari Perempuan Internasional pada 8 Maret mendatang.

Perlu dicatat bahwa ini adalah penghargaan kedua yang diterima wanita asal Suriah, setelah pada tahun 2013 lalu pemerintah AS menganugerahi aktivis perempuan Suriah Razan zaitun, yang berhasil memperjuangkan penculikan rekan-rekannya di kota Douma pinggiran provinsi Damaskus. (Alarabiya/Ram)