Resensi Buku : Karya Sejarah Nabi Muhammad SAW ‘Terbaik’ Untuk Menjadi Rujukan

Redaksi – Selasa, 12 Sya'ban 1435 H / 10 Juni 2014 11:40 WIB

Kisah Al Quran merupakan kisah terbaik, paling lengkap, dan paling indah, sebagaimana firmanNya,” Kami menceritakan kepadamu Kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu (QS Yusuf : 3).

Di akhir surat ini, Allah berfirman, “ Sesungguhnya pada kisah kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang orang yang memiliki akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat buat, akan tetapi membenarkan (kitab kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” (QS Yusuf 111)

Karena kebenaran, integritas ungkapan, dan makna maknanya yang tajam, kisah Al Quran merupakan kisah terbaik yang pernah ada, sehingga tidak ada kisah dalam segala hal, dari buku apapun yang menyamai kisah Al Quran.

Salah satu cerita yang terbaik itu adalah kisah dan riwayat Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan risalah Rabbnya, apa saja yang beliau alami dan menimpa kaumnya. Inilah yang diistilahkan dengan Sirah Nabawiyah.

Allah telah menjamin untuk menjaga kitabNya, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar benar memeliharanya.’(Al Hijr 9)

Penjagaan tersebut terwujud juga pada penjagaan Sunnah Nabawiyah sebagai akibat penjagaan Al Quran. Sebab, As Sunnah itu melengkapi, menjabarkan, menafsirkan dan menjelaskan Al Quran. Sirah Nabawiyah masuk dalam konsekwensi ini.

Para ilmuwan Islam telah menunjukkan teladan terbaik dalam hal verifikasi matan dan sanad hadits. Mereka telah mencetuskan aturan baku dan meletakkan dasar dasar yang kuat dalam menjelaskan mana riwayat yang benar dan yang salah. Karena Al Mubarakfuri, penulis buku ini, termasuk pakar di bidang ini, tak salah jika buku ini menjadi buku Sirah nabawiyah kontemporer terbaik, dan meraih peringkat pertama King Faishal Award dari Rabithah Al Alam Islami.

Agar lebih sempurna dan bermanfaat, buku ini dilengkapi dengan ta’liq dan tahqiq (komentar dan koreksi) para pakar sirah dan hadits terkemuka, seperti syeikh Al Albani, Ath Tharhuni, Al Umari, dan Al Aushan. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang “aman” bagi pembaca yang sering merujuk dan menghayati kehidupan Rasulullah, suri teladan terbaik.

 

Buku ini dilengkapi juga dengan :

CD interakhtif Sirah Nabawiyah yang berisi :

-       Peristiwa penting di masa kenabian dari tahun ke tahun (Teks dan audio)

-       Hikmah dan pelajaran

-       Wahyu dan syariat yang turun dari tahun ke tahun.

-       Bantahan atas tuduhan orientalis terhadap Nabi SAW

 

Tebal buku  : 864 halaman

Karya : Syaikh Shafiiyyurrahman Al Mubarakfury

Penerbit : Ummul Qura

Harga Awal : Rp 130,000,-

Harga Discount : Rp 110,000 (Belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

Resensi Buku Terbaru

blog comments powered by Disqus