Eramuslim http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Sun, 23 Nov 2014 04:00:53 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Resensi Buku : Mengenal 4 Panglima Perang Muslim, Figur Muslim Yang Dibutuhkan Saat Ini http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-mengenal-4-komandan-perang-muslim-figur-muslim-yang-dibutuhkan-saat-ini.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-mengenal-4-komandan-perang-muslim-figur-muslim-yang-dibutuhkan-saat-ini.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 04:00:53 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=64375 panglima besar2Khalid bin Walid

“Rasulullah SAW pernah bersabda kepadaku, bahwa aku adalah sebilah pedang dari pedang pedang Allah yang terhunus kepada kaum Musyrik.

Panglima Khalid bin Walid, seorang panglima pasukan Muslimin berjuluk Saifullah Al Maslul (Pedang Allah yang terhunus). Khalid bin Walid lahir sekitar tahun 592 Masehi. Sebagai panglima perang yang handal, dia memenangkan perang Yarmuk dengan hanya 40,000 prajurit dengan mengalahkan 160,000 tentara Kekaisaran Romawi yang dipimpin ole Jenderal Teodore Sacellarius. Khalid bin Walid telah berjuang fi Sabilillah selama lebih dari 100 peperangan yang dia menangi tanpa kekalahan.

Shalahuddin Al Ayyubi

“Siapapun yang meguasai Palestina maka ia akan menguasai dunia.”

Kata kata ini dilontarkan oleh Shalahuddin al Ayoubi, lewat perjuangan panjang nan melelahkan, Shlahuddin dan pasukannya mampu merebut kembali tanah Palestina yang telah 83 tahun lepas dari genggaman pemerintahan Islam. Setelah Sultan Shalahudin Al Ayyoubi berhasil memerintah Yerusalem, banyak raja pasukan salib yang berusaha menjajah kembali Yerusalem, semua usaha itu selalu digagalkan oleh Shalahuddin.

Thariq bin Ziyad

“Tidak ada jalan untuk melarikan diri !, laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian. Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian lakukan sekarang kecuali bersungguh sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran .

Thariq bin Ziyad adalah seorang panglima pasukan muslim pada masa dinasti Umayyah yang memimpin penakhlukan wilayah Andalusia pada tahun 711 M. Setelah pasukan Thariq mendarat di sebuah semenanjung bukit karang setinggi 425 Meter di pantai tenggara Spanyol, Thariq memerintahkan pasukannya untuk membakar semua kapal sehingga tidak ada jalan lain untuk melarikan diri selain bertempur habis habisan melawan musuh sampai meraih kemenangan atai mati sebagai Syuhada.

Ikrimah bin Abu Jahal

“Dahulu aku berperang untuk Latta dan Uzza, sekarang , aku serahkan jiwaku dengan ikhlas kepada Allah Azza wa Jalla.”

Ikrimah bin Abu Jahal adalah sahabat Nabi SAW yang juga merupakan anak dari Abu Jahal, Musuh tersengit Nabi Muhammad SAW. Dia adalah salah satu dari pemimpin Quraisy ketika terjadi pembebasan Makkah. Setelah pembebasan Makkah pada tahun 630 M, Ikrimah memeluk Islam. Dalam kepemimpinan Khalifah Abu Bakar ra, Ikrimah menjadi komandan bagi 10,000 prajurit Muslim dalam pertempuran penakhlukan Nabi Palsu Musailamah Al Kadzhab di Yamanah. Ikrimah juga memimpin 400 pasukan berani mati dari kalangan Muslimin dalam Perang Yarmuk melawan pasukan Kekaisaran Romawi.

Milikilah Bukunya :

Judul Buku       : Panglima Besar Islam, 4 Buku, Novel Biografi

Penerbit            : Madani Prima

Harga                : Rp 180,000 (Belum termasuk ongkos kirim)
Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-mengenal-4-komandan-perang-muslim-figur-muslim-yang-dibutuhkan-saat-ini.htm/feed 0
Misteri Malam http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/malam.htm http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/malam.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 03:03:56 +0000 http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/malam.htm malamDi pinggiran sebuah hutan, satu keluarga kelinci mulai beranjak tidur. Malam membatasi gerak anak-anak mereka hanya di sekitar lubang yang menjadi rumah mereka. Walau tak berpintu, anak-anak kelinci seperti melihat dinding tebal antara rumah dan dunia luar.

Seekor anak kelinci bertingkah lain dari yang lain. Sesekali, ia menjulurkan kepalanya keluar lubang. Ia menoleh ke kiri dan kanan mencari sesuatu yang dianggapnya baru. Tapi, tindakan itu dicegah keras induknya. “Jangan coba-coba lakukan itu lagi, Nak!” teriak sang induk marah.

“Kenapa, Bu?” tanya anak kelinci heran. “Kenapa tak satu kelinci pun yang berani keluar lubang di saat malam?”

Induk kelinci menatap anaknya tajam. “Anakku,” ucapnya kemudian. “Malam sangat berbahaya untuk hewan seperti kita. Ketika malam datang, lubang menjadi tempat yang paling aman buat kita,” jelas sang induk kemudian.

“Bukankah tanah di sekitar sini hanya dihuni para kelinci, Bu?” sergah si anak menawarkan sudut pandang lain.

Induknya tersenyum. “Anakku, justru karena malamlah, kita tidak bisa membedakan mana teman dan mana pemangsa. Sabarlah untuk bergerak sekadarnya, hingga siang benar-benar datang!” ucap sang induk kelinci begitu meyakinkan.
**

Malam dan siang memang bukan sekadar pergerakan sisi bumi yang menjauh dan menghadap ke arah matahari. Ada makna lain dari yang namanya malam. Sesuatu yang menggambarkan suasana gelap, tertutup, curiga, dan ketakutan.

Dalam diri manusia pun punya dua suasana itu: malam dan siang. Malam menunjukkan suasana hati yang picik dan dangkal, dan siang menggambarkan kelapangan dada. Pada hati yang terselimuti malam, orang menjadi mudah curiga, senang dengan yang serba tertutup, sulit memaafkan, bahkan berkecenderungan menjadi pemangsa.

Orang bijak mengatakan, siang adalah di mana kita mampu membedakan antara pohon nangka dengan pohon cempedak. Selama kita tidak bisa menangkap kearifan diri kita pada wajah orang yang kita temui, jam berapa pun itu, hal itu menandakan kalau hari masih malam. (muhammadnuh@eramuslim.com)

]]>
http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/malam.htm/feed 0
Kesempatan Wakaf Al Quran Eramuslim Sesi #4 1436H http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 02:48:33 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=78437 quranwakafBerdasarkan banyak permintaan untuk melanjutkan program wakaf Al Quran yang biasa dilakukan setiap tahunnya, dan mengingat masih banyaknya  kebutuhan Al Quran bagi Masyarakat Muslim yang terus meningkat, apalagi untuk Muslim di daerah daerah dan Indonesia Bagian Timur.

Karena itu , kami mengajak para netter  kembali  berpartisipasi dan juga mendoakan bagi mereka yang telah ikut serta dalam gerakan wakaf ini, serta orang orang yang telah membantu mensukseskannya.

Gerakan Wakaf Al Quran ini terbuka bagi seluruh kaum muslimin, selanjutnya eramuslim akan menindaklanjuti sekaligus mewakili dalam menyalurkan setiap hak wakaf kepada kaum muslimin atau lembaga Islam yang membutuhkannya. Kami berharap gerakan wakaf ini terus berlanjut hingga tumbuh generasi Qur’an sejati.

Dengan hanya  Rp 130,000,- , Saudara seiman sudah mendapatkan 2 eksemplar Mushaf dengan ketentuan sebagai berikut :

2 Mushaf Al Quran Tajwid dan Terjemah  Ukuran (21 x 14.8 Cm), Hardcover Lux640 Halaman full color, Kertas khusus Al Quran, Khat Rasm Utsmani Madinah, Tajwid warna

Dalam Al Quran ada pelengkap penjelasan dalam  7 materi utama , yaitu Ibadah, Muamalah, Aqidah, Kisah para Nabi dan Rasul, sirah Nabi Muhammad SAW, Asmaul Husna, dan terapi Qurani yang dilengkap hadits hadits shahih.

Terdiri dari : 1 Mushaf standar Hak Pewakaf , 1 Mushaf untuk hak wakaf

Catatan Opsi Pengiriman : 

A.  Mushaf  hak Pewakaf dan hak wakaf dapat dikirimkan kepada alamat pewakaf bila pewakaf ingin menyalurkan sendiri , tentunya semua Mushaf tersebut di tambah ongkos kirimnya. atau

B.  Mushaf hak pewakaf dan hak wakaf, dapat semua diamanatkan kepada Eramuslim untuk mendistribusikan kepada yang berhak tanpa ongkos kirim. atau

C. Mushaf hak Pewakaf dikirimkan kepada pewakaf dengan tambahan ongkos kirim, dan Mushaf hak wakaf dapat diamanatkan langsung kepada eramuslim untuk mendistribusikan tanpa ongkos kirim.

Bagi yang  berminat mewakafkan Mushaf ini , silahkan mengirimkan sms ke 085811922988 , lengkap dengan :

Nama, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan sebutkan jumlah paket wakaf yang diinginkan dengan opsi pengirimannya (Opsi A, atau B, atau C).

Info rekening :

Bank syariah Mandiri, cabang Pondok Indah

Rek: 0040139003

Atas nama: eramuslim global media

]]>
http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm/feed 0
Hai Muslim ! Dunia Memang Melelahkan, Ingatlah Di Surga , Tiada Kematian, Selalu Muda, Sehat dan Bahagia http://www.eramuslim.com/hadits/hai-muslim-dunia-memang-melelahkan-ingatlah-di-surga-tiada-kematian-selalu-muda-sehat-dan-bahagia.htm http://www.eramuslim.com/hadits/hai-muslim-dunia-memang-melelahkan-ingatlah-di-surga-tiada-kematian-selalu-muda-sehat-dan-bahagia.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 02:40:57 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=58490 surga1Muslim dalam shahihnya meriwayatkan dari Abu Said Al Khudri dan Abu Hurairah dari rasulullah SAW yang bersabda, “ Penyeru memanggil,” Sesungguhnya sekarang tibalah saatnya kalian sehat wa alfiat dan tidak menderita sakit selama lamanya. Sekarang tibalah saatnya kalian hidup dan tidak mati selama lamanya. Sekarang tibalah saat bagi kalian tetap muda dan tidak tua selama lamanya. Sekarang tibalah saatnya bagi kalian bersenang senang dan tidak sengsara selama lamanya.” (HR Muslim)

Inilah firman Allah Azza wa Jalla,

7:43

“Itulah Surga yang diwariskan kepada kalian, disebabkan apa yang dahulu kalian kerjakan.’ (Al Araf 43)

Hammad bin Salamah dari Tsabit dari Abdurrahman bin Abu laila dari Shuhaib bahwa Rasulullah SAW bersabda ,

“Jika penghuni Surga telah masuk ke dalam Surga dan penghuni Neraka telah masuk ke dalam Neraka, maka penyeru memanggil,”Wahai penghuni Surga ! Sesungguhnya kalian mempunyai janji di sisi Allah ! Penghuni Surga berkata, “ Janji apakah itu? Bukankah Allah telah memberatkan timbangan kami , memutihkan wajah kami, memasukkan kami ke dalam Surga dan menyelamatkan kami dari neraka? Setelah itu, tirai terbuka, mereka melihat Allah. Demi Allah, mereka tidak diberi sesuatu yang paling mereka cintai daripada melihat Allah” (HR Muslim)

Dalam shahih Bukhari dan Shahih Muslim, disebutkan hadits dari Nafi’ dari Inu Umar Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Penghuni Surga masuk ke dalam Surga dan penghuni Neraka masuk ke dalam Neraka. Kemudian Penyeru berdiri di antara mereka dan berkata,” Wahai penghuni Surga, sekarang tidak ada lagi kematian, Wahai penghuni Neraka , sekarang tidak ada lagi kematian , semuanya kekal abadi di tempatnya masing masing.” (HR Bukhari)

Seruan tersebut betapa pun disampaikan di tempat antara Surga dan Neraka, tetap saja bisa didengar seluruh penghuni Surga dan Neraka…

– Ibnu Qayyim Al jauziah

]]>
http://www.eramuslim.com/hadits/hai-muslim-dunia-memang-melelahkan-ingatlah-di-surga-tiada-kematian-selalu-muda-sehat-dan-bahagia.htm/feed 0
(Inilah) Lelaki Idaman http://www.eramuslim.com/oase-iman/inilah-lelaki-idaman.htm http://www.eramuslim.com/oase-iman/inilah-lelaki-idaman.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 02:20:34 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=53809 1 1Kami bukan seorang wanita yang mampu bertahan sendiri di tengah ruwetnya hidup saat ini, sekalipun adanya paham emansipasi gender namun hakikinya kami hanya seorang wanita yang lemah dan terbatas dalam ruang gerak. Kami hanya seorang wanita yang sewaktu-waktu dapat roboh, kami lemah dari segi fisik juga sangat berperasaan.

Olehnya, kami membutuhkan seorang pemimpin hidup yang mampu memimpin kami untuk menguatkan pondasi. Kami tidak membutuhkan seorang lelaki berparas sangat rupawan, setampan aktor Omar Borkan Al Gala yang mampu membius ribuan wanita. Kami tidak membutuhkan seorang lelaki bertubuh kekar layaknya Ade Rai, untuk menakuti para musuh. Kami juga tidak membutuhkan sosok sehebat Kristoforus Kolumbus yang berani mengarungi lautan dan sehebat Muhammad Ali dalam menghujamkan tinju untuk merobohkan musuhnya serta menunjukkan keperkasaannya, atau seperti musisi klasik Jerman Ludwig Van Beethoven yang memainkan nada-nada indah dan romantis.

Namun kami membutuhkan seorang lelaki yang dengan matanya selalu tunduk untuk melihat yang halal saja, juga memiliki mulut yang terus mengumandangkan tasbih, tahmid juga tahlil, memiliki tangan yang dengan kedua tangannya, ia gunakan untuk menderma kepada orang yang membutuhkan. Memiliki kaki yang dipijaknya berjalan kerumah RabbNya juga menghadiri taman-taman surga. Seluruh aktivitas tubuhnya terisi dengan ibadah, yang memiliki motto hidup, hidup mulia sebagai hamba juga Jundullah.

Dengan prinsip hidup yang jelas, wajah cerahnya disebabkan basuhan wudhu mampu menyinari lalu membius banyak orang karena keimanan. Mampu mengalahkan musuh sekuat apapun dengan tawaddunya tanpa harus memperlihatkan tubuh kekarnya, mampu menghadapi ganasnya hidup melebihi ganasnya lautan nan luas dengan sabar dan ikhtiarnya juga tanpa perlu mengepalkan tanggannya sangat erat lalu menggantinya dengan ucapan syukran, afwan, wa jazakallahu khairan serta memiliki bacaan Al-Qur’an yang sejuk tatkala didengar.

Sosok lelaki yang seperti ini yang kami inginkan, seorang lelaki yang berprinsip dengan berpedoman pada surah

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

(QS ad-Dzariyat ayat 56)

Dan Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu

Maka pimpin kami dengan imanmu, tawaddumu, sabar,  ikhtiar dan perangai akhlak Al-Qur’anmu. .

 

–Kumala Dewi, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Makassar –

]]>
http://www.eramuslim.com/oase-iman/inilah-lelaki-idaman.htm/feed 0
Syeikh Munawwar Hassan, Mantan Pimpinan Jamaat islami Pakistan : Jihad Harus Gantikan Demokrasi Sebagai perjuangan Umat Islam http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/syeikh-munawwar-hassan-mantan-pimpinan-jamaat-islami-pakistan-jihad-harus-gantikan-demokrasi-sebagai-perjuangan-umat-islam.htm http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/syeikh-munawwar-hassan-mantan-pimpinan-jamaat-islami-pakistan-jihad-harus-gantikan-demokrasi-sebagai-perjuangan-umat-islam.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 02:08:31 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=87649 MunawarHassanSyeikh Munawwar Hassan inginkan jihad, dan bukan lewat aktifitas demokrasi, sebagai solusi perjuangan umat Islam . Ia katakan ,  “Jihad harus mengganti demokrasi untuk mengatasi tantangan umat”

Beliau adalah mantan pimpinan  Jamat-e-Islami (JI) , pada hari Sabtu ia mengesampingkan penyelesaian masalah umat melalui  sistem demokrasi dan menyerukan dan mempromosikan budaya ‘Jihad’ untuk mengatasi tantangan ini. Ia katakan ketika  menanggapi sebuah pertemuan publik di Minar , Pakistan.

Dia mengatakan dia tidak akan berbasa-basi dalam menyatakan bahwa ‘masalah-masalah masyarakat di mana kita hidup hanya dapat diselesaikan hanya dengan  mengadopsi dan mempromosikan budaya Jihad’.

Syeikh Munawwar Hassan ,  telah berani menyatakan perbedaannya kepada rezim Pakistan  dengan menyatakan Hakimullah Mehsud dari Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dan rekan-rekannya yang gugur dalam serangan pesawat tak berawak AS sebagai Syuhada. (JL/KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/syeikh-munawwar-hassan-mantan-pimpinan-jamaat-islami-pakistan-jihad-harus-gantikan-demokrasi-sebagai-perjuangan-umat-islam.htm/feed 0
Resensi Buku : Dalam 60 Hari BISA Terjemahkan Al Quran Sendiri http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-dalam-60-hari-bisa-terjemahkan-al-quran-sendiri.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-dalam-60-hari-bisa-terjemahkan-al-quran-sendiri.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 01:30:49 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=74292

60Selain telah teruji selama lebih dari 10 tahun oleh penulisnya sendiri, “Metode al-Huda” ini juga sudah terbukti memudahkan banyak orang awam yang mulanya tidak bisa menerjemahkan Al-Qur’an sama sekali, menjadi lebih paham dengan baik, tanpa membaca terjemahan.

Memudahkan Anda yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan cepat. Perpaduan antara teori dan praktiknya yang seimbang. Teorinya sistematis, mendasar dan mudah dipahami, ditambah dengan praktiknya yang banyak dan terus menerus, dengan satu per satu menerjemahkan penggalan ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah dipilih

Ingin mencoba, silahkan miliki bukunya…

Judul Buku  : 60 Hari bisa menerjemahkan Al Quran sendiri

Karya          : Ustadz Ahmad Huseno. SS

Harga         : Rp 75,000,- (Belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

 

 

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-dalam-60-hari-bisa-terjemahkan-al-quran-sendiri.htm/feed 0
Rezim China Batasi Akses Internet untuk Hambat Terorisme (Pergerakan Islam) http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/rezim-china-batasi-akses-internet-untuk-hambat-terorisme-pergerakan-islam.htm http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/rezim-china-batasi-akses-internet-untuk-hambat-terorisme-pergerakan-islam.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 01:08:09 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=87645 chinaRezim China membatasi keleluasaan berselancar informasi di internet sebagai program pemerintah untuk menggagalkan serangan teroris (Gerakan Islam) di negara tersebut.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Internet telah menjadi saluran utama bagi teroris untuk mengatur  serangan kekerasan dan penghasutan ,” ujar Gu Jianguo, direktur departemen keamanan dunia maya dari Kementerian Keamanan Publik, mengatakan pada Konferensi Internet Dunia di Wuzhen, Cina. Sangat penting untuk memiliki internet yang “aman” , katanya.

China sedang mempersiapkan undang-undang anti-terorisme pertama kalinya setelah serangkaian serangan dari pejuang  Muslim di wilayah Xinjiang. China juga menyensor materi kritis terhadap pemerintah dan blok situs media sosial Facebook dan Twitter.

Industri internet China, yang  akan tumbuh menjadi 850 juta pengguna pada tahun 2015, merupakan ancaman terhadap keamanan nasional dan akan bertambah buruk karena lebih banyak orang mendapatkan akses, kata panelis konferensi.

Presiden China Xi Jinping, dalam sebuah surat kepada konferensi, menulis bahwa perkembangan Internet telah membawa “tantangan baru terhadap kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan,” dan menyerukan upaya global untuk membangun ruang internet aman dan damai.

Wakil Perdana Menteri Ma Kai, dalam upacara pembukaan, mengutip ucapan  presiden China  yang mengatakan internet bisa menjadi kubah harta atau kotak Pandora tergantung pada bagaimana itu digunakan. Ia  menambahkan pemerintah China akan memastikan Internet aman bagi orang-orang untuk menggunakan. (JL/KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/rezim-china-batasi-akses-internet-untuk-hambat-terorisme-pergerakan-islam.htm/feed 0
Hukum Menggugurkan Kandungan Bermasalah http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-menggugurkan-kandungan-yang-bermasalah.htm http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-menggugurkan-kandungan-yang-bermasalah.htm#comments Sun, 23 Nov 2014 00:34:18 +0000 http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-menggugurkan-kandungan-yang-bermasalah.htm sigit1Assalamualaikum Ustadz,

saya ingin bertanya, jika ada wanita hamil, dan pada kehamilan awal (sekitar 2-3 bulan) lalu di prediksi oleh dokter bahwa bayinya mengalami penyakit, dan akan membahayakan ibu & bayinya jika dipaksakan untuk hamil, lalu dokter menyarankan untuk di  gugurkan kandungannya..

bagaimanakah hukumnya dalam islam, apakah diperbolehkan untuk di gugurkan?

terima kasih

Wassalamualaikum

Dhifah

Waalaikumussalam Wr Wb

Saudara Dhifah yang dimuliakan Allah swt

Para ulama membagi hukum menggugurkan kandungan ini menjadi dua :

1. Apabila pengguguran kandungan itu dilakukan setelah diitupkannya ruh atau setelah 120 hari, sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya diperut ibunya selama empat puluh hari berupa nuthfah (air mani), lalu menjadi ‘alaqah (segumpal darah) selama itu pula, lalu menjadi mudhghoh (segumpal daging) selama itu pula kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya..” maka tidak ada perbedaan dikalangan para ulama akan pengharaman pengguguran karena perbuatan itu termasuk membunuh jiwa dengan cara yang tidak dibenarkan.

2. Apabila pengguguran kandungan dilakukan sebelum ditiupkan ruh maka terjadi perbedaan pendapat dikalangan para ulama :

a. Sebagian ulama madzhab Hanafi berpendapat bahwa pengguguran kandungan dibolehkan sebelum terbentuknya makhluk, sama seperti pendapat para ulama Hambali yang membolehkannya sebelum persis empat puluh hari.

b. Pendapat para ulama Hanafi sebenarnya adalah membolehkan jika terdapat uzur.

c. Para ulama madzhab Maliki berpendapat bahwa pengguguran kandungan sebelum usia ampat puluh hari adalah makruh.

d. Sedangkan pendapat yang dipegang oleh para ulama madzhab Maliki, ini juga merupakan pendapat para ulama Syafi’i dan Hambali adalah diharamkan.

Terkait dengan permasalahan yang anda tanyakan maka tidak dibolehkan (haram) menggugurkan kandungan meskipun usia kandungan baru berusia 2 – 3 bulan (sebelum ditiupkan ruh) karena perbuatan tersebut termasuk kedalam merusak keturunan sebagaimana firman Allah swt :

وَإِذَا تَوَلَّى سَعَى فِي الأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيِهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ وَاللّهُ لاَ يُحِبُّ الفَسَادَ

Artinya : “dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan keturunan, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.” (QS. Al Baqoroh : 205)

Namun demikian para ulama membolehkan pengguguran kandungan sebelum masa ditiupkan ruh apabila diketahui bahwa janin yang dikandung itu telah meninggal didalam perut ibunya atau akan membahayakan kehidupan si ibu jika kehamilannya dilanjutkan berdasarkan ketetapan para dokter yang dipercaya.

Wallahu A’lam

]]>
http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-menggugurkan-kandungan-yang-bermasalah.htm/feed 0
Anomali Penolakan Kenaikan BBM http://www.eramuslim.com/suara-kita/suara-pembaca/anomali-penolakan-kenaikan-bbm.htm http://www.eramuslim.com/suara-kita/suara-pembaca/anomali-penolakan-kenaikan-bbm.htm#comments Sat, 22 Nov 2014 23:40:06 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=87643 bbm1Oleh : Abu Nisa (Aktivis Gerakan Kontemporer Indonesia) 

Keputusan Kenaikan BBM pun telah bergulir. Reaksi terhadap kebijakan ini datang bertubi-tubi. Terutama dari kalangan mahasiswa. Alasan Jokowi sebagaimana disampaikan dalam pidatonya, langkah kebijakan ini diambil untuk mengalihkan subsidi konsumtif ke produktif. Terutama untuk membangun infrastruktur yang lebih tepat. Pendidikan dan kesehatan misalnya. Untuk mengantisipasi dan meningkatkan keberdayaan ekonomi masyarakat miskin, Jokowi menyiapkan beberapa paket. Kartu Sehat, Kartu Sejahtera dan Kartu Pintar disinyalir sebagai jalan keluar. Namun bukan pemerintah jika tidak penuh rekayasa. Implementasi kebijakan kenaikan BBM yang menuai protes dan kecaman pun dipenuhi oleh beragam operasi peredaman penolakan. Demi target bahwa suka atau tidak, setuju atau tidak rakyat harus menerima kebijakan dzalim ini. Apapun ditempuh oleh pemerintah demi lancarnya implementasi kebijakan menikam rakyat ini.

Sentra penolakan kebijakan ini di Indonesia nampaknya berada di Makassar dan Jakarta. Sementara kalangan aktifis berasumsi politis, jika gerakan penolakan masif terhadap kenaikan BBM menjadi “gayung bersambut”direspon oleh Jakarta. Maka ini akan menjadi momentum yang bisa memantik. Bukan hanya untuk menghentikan kebijakan ini. Melainkan bisa menjadi proses antara tumbangnya rezim antek aseng dan asing.

Namun sayangnya semua elemen masyarakat tidak sama memandang kebijakan yang jelas-jelas menyengsarakan rakyat ini. Ormas-ormas Islam misalnya seperti dibuatkan PR masing-masing.

FPI cs dihadapkan dengan Mukernas ABI (Ahlul Bait Indonesia) yang dibuka oleh Menag RI dan masalah Ahok.

Parpol-parpol disibukkan dengan friksi koalisi untuk bagi-bagi posisi di dewan.

Buruh yang selalu berada di pentas jalanan melakukan penolakan. Dibungkam oleh koordinator aksi massanya selama ini PDI-P. Jika dulu pernah kita dengar Bambang DH mantan Walikota Surabaya politisi PDI-P memimpin aksi turun jalan puluhan ribu buruh menolak kebijakan ini. Saat ini sebaliknya, dengan munculnya Jokowi yang diusung oleh PDI-P beserta koalisinya tidak bergeming. Sekalipun sikap itu bertolak belakang dengan Buku Putih Perjuangan PDI-P sendiri. Belakangan kemudian muncul interpelasi di DPR RI mempertanyakan kebijakan ini.

Di Makassar Sulawesi Selatan, pasca bentrok antara warga dengan mahasiswa depan Universitas Hasanuddin beberapa hari yang lalu menyisakan pertanyaan besar. Opini media berhasil mengkonstruksi asumsi bahwa bentrokan terjadi antara mahasiswa dan warga yang dirugikan oleh kemacetan jalan berjam-jam lamanya. Esok harinya beberapa kampus negeri dan swasta di Makassar diliburkan oleh masing-masing Rektor/Ketua Perguruan Tingginya. Tidak jelas alasan sebenarnya kenapa diliburkan. Tetapi bagi orang yang bernalar normal cukup memahami bahwa aroma peredaman penolakan kebijakan kenaikan BBM cukup kental dan efektif. Terdengar kabar burung beberapa pentolan mahasiswa di beberapa malam yang lalu mendapatkan sejumlah tips sebagai uang saku batalnya demo BBM. Hanya terdengar 1 ormas yang masih komit dan konsiten. Cuman seperti pepatah “Anjing Menggogong Kabilah Tetap Berlalu”. Sejauh protes itu disampaikan sebatas wacana saja maka dalam pandangan penguasa sah-sah saja. Penguasa menganggap perbedaan pandangan dalam koridor Demokrasi adalah sebuah keniscayaan. Tidak masalah sekeras apapun yang disampaikan tetapi tidak menjadi “political pressure” maka dianggap tidak berbahaya.

Alhasil penolakan kebijakan BBM menjadi sebuah gambaran begitu sporadisnya umat Islam sebagai entitas mayoritas bangsa di negeri ini.  Untuk menyikapi dan merumuskan agenda perjuangan bersama menyangkut persoalan keumatan.

Wallahu a’lam bis showab.

]]>
http://www.eramuslim.com/suara-kita/suara-pembaca/anomali-penolakan-kenaikan-bbm.htm/feed 0