Eramuslim http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Thu, 24 Jul 2014 08:38:56 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Resensi Buku : Penyesatan Aliran Terhadap Islam di Jawa, Perlu Dibaca http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-penyesatan-aliran-terhadap-islam-di-jawa-perlu-dibaca.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-penyesatan-aliran-terhadap-islam-di-jawa-perlu-dibaca.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 08:38:56 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73532 jenarSyeikh Siti Jenar , Pemutarbalikan Sejarah, Perjalanan Hidup & Ajarannya 

Syekh Siti Jenar adalah sosok yang misterius sekaligus kontroversial. Betapa tidak, eksis atau tidaknya di panggung sejarah masih menjadi perdebatan para pakar. Apalagi terkait statusnya yang dilabelkan kepadanya sebagai tokoh pencetus ajaran Manunggaling Kawulo Gusti di tanah jawa. Meskipun juga diragukan apakah Syekh Siti Jenar yang menyebarkannya, yang jelas ajaran itu sendiri telah berkembang dan banyak dianut hingga sekarang.

Nama Syekh Siti Jenar memang terdokumentasi di dalam sejumlah literatur kuno, seperti naskah babad, kropak atau serat. Namun, validitasnya sebagai sumber sejarah dipertanyakan. Karena mesti dipilah-pilah mana yang merupakan fakta riil dan mana yang hanya mitos. Bahkan, berdasarkan hasil risetnya, penulis buku ini telah menyimpulkan adanya distorsi sejarah dan ajaran Syekh Siti Jenar.

Buku ini mencoba untuk menguaknya apakah Syekh Siti Jenar itu ada atau tidak dan sejauh mana kesesatan ajarannya. Keseriusan penulis untuk melakukan studi literatur dan turun ke lapangan pun membuahkan kedalaman analisis. Bukan hanya sebatas deskripsi historis, penulis juga menyajikan kajian yang bersifat normatif-syar’i terkait ajaran yang disandarkan kepada Syekh Siti Jenar. Keberanian penulis untuk mengkritis sosok sekaliber Prof. Dr. Munir Mulkhan, sekaligus menjadikan buku ini sebagai bantahan ‘resmi’ layaka mendapatkan apresiasi tersendiri.

ENSIKLOPEDI SYIRIK DAN BID’AH JAWA

Dulu masyarakat Jawa menganut Hindu dan Budha atau animisme-dinamisme, setelah itu Islam datang. Terjadilah akulturasi budaya antara kepercayaan lokal dan Islam. Masyarakat kadang sulit membedakan apakah ini Islam, Hindu, Budha, ataukah Jawa. Dari sinilah muncul produk turunan berupa cara berislam ala “orang Jawa” (Kejawen).

Banyak pertanyaan muncul tentang berbagai tradisi ritual Jawa. Bukan saja dari orang yang awam terhadap Islam, tetapi juga dari para dai, takmir masjid, dan tokoh masyarakat. Intinya, apakah berbagai amalan atau ritual Kejawen itu bagian dari Islam, atau justru bertentangan dengan Islam?

Nah, buku ini mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Hadir sebagai sebuah ensiklopedi minitentang deskripsi dan bagaimana Islam memandang beragam warisan budaya dan tradisi ritual mengenai:

(i) Konsep waktu dan dasar perhitungan Jawa, seperti primbon, weton, hari baik    dan hari jelek

(ii) Tradisi saat Bayi dalam Kandungan hingga Lahir, seperti mitoni/tingkepan, tata cara membuang ari-ari, serta keyakinan tentang “sedulur alus”

(iii) Ramalan watak dan nasib, seperti sengkala, ruwatan, dan sukerta

(iv) Ritual kematian, seperti sadranan dan tahlilan.

(v)  Hal-hal yang terkait dengan prosesi perkawinan, seperti bubakan, cengkir gading, sawatan, suapan, injak telur dan mandi kembang setaman, serta kembar mayang.

(vi) Ritual perayaan musiman, seperti tirakatan, sesaji kepala kerbau, kirab pusaka, padusan, sekatenan, hingga grebeg sawal dan grebeg besar.

Melalui buku ini kedua penulis ingin menekankan pentingnya memahami ragam budaya di atas dalam upaya memurnikan akidah. Jangan sampai atas nama nguri-uri kabudayan adi luhung atau mempertahankan “kearifan” lokal  ajaran Islam yang universal justru dilanggar. Apalagi fondasi Islam adalah tauhid dan ittiba’, yang tidak menoleransi syirik dan bid’ah.

Judul Buku :

1. Syeikh Siti Jenar, Pemutarbalikkan Sejarah, Perjalanan Hidupnya, dan ajarannya

2. Ensiklopedi Syirik & Bid’ah Jawa

Penerbit  : Aqwam

Harga : Kami paketkan buku 1 dan 2 dengan harga Rp 100,000 (Belum termasuk Ongkos kirim)

Bagi yang berminat memesannya, silahkan sms ke 085811922988 atau email ke marketing@eramuslim.com dengan menyebutkan judul pesanan, nama lengkap, no Telepon yang bisa dihubungi dan alamat lengkapnya.

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-penyesatan-aliran-terhadap-islam-di-jawa-perlu-dibaca.htm/feed 0
Kekuatan Pedang dan Penyebaran Islam http://www.eramuslim.com/peradaban/pemikiran-islam/kekuatan-pedang-dan-penyebaran-islam.htm http://www.eramuslim.com/peradaban/pemikiran-islam/kekuatan-pedang-dan-penyebaran-islam.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 08:36:28 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=61041 pedangSejak hari-hari ketika kaisar Romawi Kristen untuk melemparkan singa-singa, hubungan antara kaisar dan kepala-kepala gereja telah mengalami banyak perubahan. Konstantinus Agung yang menjadi kaisar pada tahun 306 – tepatnya 1700 tahun lalu – mendorong praktik kekristenan di kekaisaran, termasuk Palestina. Pada abad-abad berikutnya, gereja terpecah menjadi Timur (Ortodoks) dan Barat (Katolik). Di Barat, Uskup Roma, yang mendapat gelar Paus, menuntut kaisar menerima superioritas.

Pertikaian antara kaisar dan para paus memainkan peranan sentral dalam sejarah Eropa dan memecah belah rakyat. Pertikaian tersebut mengalami pasang surut. Beberapa kaisar diberhentikan atau digulingkan oleh paus, sementara beberapa paus diberhentikan atau dikucilkan kaisar. Salah seorang kaisar, Henry IV, “berjalan ke Canossa”, berdiri selama tiga hari tanpa alas kaki di salju di depan istana Paus, sampai Paus berkenan untuk membatalkan ekskomunikasi-nya.

Tapi ada saat-saat kaisar dan paus hidup dalam damai satu sama lain. Kita menyaksikan periode beberapa dekade terakhir seperti hari ini. Antara Paus sekarang di Vatican , dan kaisar sekarang, rezim AS , terdapat sebuah harmoni indah. Seperti terungkap dalam pidato Paus yang membangkitkan badai seluruh dunia, berjalan seiring dengan perang salib Romawi Modern (AS dan sekutunya)  terhadap “Islamofascism”, dalam konteks “benturan peradaban”.

Dalam ceramahnya di sebuah universitas Jerman, Paus Ke-265 menjelaskan apa yang ia lihat sebagai sebuah perbedaan besar antara Kristen dan Islam: sementara Kristen didasarkan pada akal, Islam menolak itu. Sementara Kristen melihat logika tindakan Tuhan, umat Islam menyangkal bahwa ada suatu logika dalam tindakan-tindakan Allah.

Dalam rangka untuk membuktikan ketiadaan logika dalam Islam, Paus menyatakan bahwa Nabi Muhammad memerintahkan para pengikutnya untuk menyebarkan agama mereka dengan pedang. Menurut Paus, yang tidak masuk akal, karena iman lahir dari jiwa, bukan dari tubuh. Bagaimana pedang dapat mempengaruhi jiwa?

Untuk mendukung hal ini, Paus mengutip dari seorang kaisar Byzantium. Pada akhir abad ke-14, Kaisar Manuel II Palaeologus bercerita tentang sebuah perdebatannya dengan seorang sarjana Muslim Persia tidak disebutkan namanya. Dalam argumen yang panas, sang kaisar (menurut dirinya sendiri) melemparkan kata-kata berikut kepada lawan:

“Tunjukkan pada saya hanya apa yang dibawa Muhammad yang masih baru, dan di sana Anda akan menemukan perbuatan jahat dan tidak manusiawi, seperti perintahnya untuk menyebarkan keyakinan dengan pedang.

Pernyataan ini menimbulkan tiga pertanyaan: (a) Mengapa kaisar tersebut mengatakan demikian? (b) Apakah pernyataannya ini benar? (c) Mengapa Paus ke 265 mengutipnya?

Ketika Manuel II menulis bukunya, ia adalah kepala kekaisaran yang hampir runtuh. Dia menganggap kekuasaan di 1391 hanya tinggal beberapa provinsi. Itu pun sudah di bawah ancaman Turki. Pada waktu yang sama, Turki Utsmani telah mencapai tepi sungai Donau. Mereka telah menaklukkan Bulgaria dan bagian utara Yunani, dan telah dua kali mengalahkan pasukan yang dikirim oleh Eropa untuk menyelamatkan Kekaisaran Romawi Timur.

Tanggal 29 Mei 1453, hanya beberapa tahun setelah kematian Manuel, ibukotanya, Konstantinopel (sekarang Istanbul), jatuh ke Turki, dan berakhirlah kerajaan yang telah berlangsung selama lebih dari seribu tahun.

Selama masa pemerintahannya, Manuel berkeliling Eropa dalam usaha untuk menghidupkan dukungan. Dia berjanji untuk mempersatukan kembali gereja. Ada kecurigaan bahwa ia menulis risalah agama untuk mendorong negara-negara Kristen melawan Turki dan meyakinkan mereka untuk memulai perang salib baru. Tujuannya adalah praktis, teologi melayani politik.

Dalam pengertian ini, kutipan tersebut persis seperti pernyataan George Bush II. Dia juga ingin menyatukan dunia Kristen untuk melawan Islam yang disebutnya “Poros Setan”. Selain itu, Turki lagi-lagi mengetuk pintu Eropa, kali ini secara damai. Sudah umum diketahui bahwa Paus mendukung kekuatan-kekuatan sahabat dengan masuknya Turki ke dalam Uni Eropa.

Apakah ada kebenaran dalam argumen Manuel?

Paus sendiri menyampaikannya dalam bentuk peringatan. Sebagai seorang teolog yang serius dan ternama, ia tidak mampu memalsukan teks-teks tertulis. Oleh karena itu, dia mengakui bahwa Al-Quran secara khusus melarang penyebaran iman dengan kekerasan. Dia mengutip surat Al-Baqarah ayat 257 yang mengatakan: “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam).”

Bagaimana seseorang dapat mengabaikan pernyataan tegas seperti itu? Paus hanya berpendapat bahwa perintah itu telah diletakkan oleh Nabi pada awal kenabian, masih lemah dan tak berdaya. Tapi kemudian ia memerintahkan penggunaan pedang dalam menyampaikan akidah.

Perintah semacam itu tidak ada dalam Alquran. Benar, Muhammad menyerukan penggunaan pedang dalam perang melawan suku-suku yang berlawanan – Kristen, Yahudi dan lain-lain – di Arabia, ketika ia membangun negara. Tapi itu adalah tindakan politik, bukan agama; dasarnya adalah pertarungan memperebutkan wilayah, bukan untuk penyebaran Islam.

Yesus berkata: “Kamu akan mengenali mereka dari buah-buahan.” Perlakuan Islam terhadap agama-agama lain harus dinilai dengan sebuah pertanyaan sederhana: bagaimana penguasa Muslim berperilaku selama lebih dari seribu tahun, ketika mereka memiliki kekuasaan untuk “menyebarkan iman dengan pedang”?

Selama berabad-abad umat Islam menguasai Yunani. Apakah orang-orang Yunani menjadi Muslim? Apakah ada yang mencoba untuk mengislamkan mereka? Sebaliknya, orang Yunani Kristen memegang posisi tertinggi di pemerintahan Ottoman. Bulgaria, Serbia, Rumania, Hongaria dan negara Eropa lainnya hidup di bawah kekuasaan Ottoman dengan berpegang teguh doktrin agama Kristen mereka. Tidak ada yang memaksa mereka untuk menjadi Muslim dan mereka semua tetap taat Kristen.

Benar, orang-orang Albania memeluk Islam, dan begitu pula orang-orang Bosnia. Tapi tak seorang pun berpendapat bahwa mereka melakukan ini di bawah tekanan.

Tahun 1099, Tentara Salib menaklukkan Yerusalem dan membantai penduduk Muslim dan Yahudi tanpa pandang bulu, dalam nama Yesus yang lembut. Pada waktu itu, 400 tahun Palestina di bawah kekuasaan Muslim, Kristen masih mayoritas di negeri ini. Selama periode panjang ini, tidak ada upaya untuk memaksakan Islam pada mereka. Hanya setelah pengusiran Pasukan Salib dari negeri, apakah mayoritas penduduk mulai mengadopsi bahasa Arab dan keyakinan Muslim – dan mereka adalah nenek moyang sebagian besar orang Palestina hari ini.

Tidak ada bukti apapun dari setiap upaya untuk memaksakan Islam pada orang Yahudi. Seperti diketahui, di bawah kekuasaan Islam orang-orang Yahudi Spanyol menikmati kebebasan, sesuatu yang tidak dinikmati orang-orang Yahudi di tempat lain hingga hari ini. Penyair seperti Yehuda Halevy menulis dalam bahasa Arab, seperti juga Maimonides besar. Di masa Spanyol Islam, banyak orang Yahudi yang menjadi menteri, penyair, dan ilmuwan. Di masa Islam berkuasa di Toledo, orang-orang Kristen, Yahudi dan Muslim bekerja-sama menerjemahkan filsafat Yunani kuno dan teks-teks ilmiah. Itu adalah masa keemasan. Bagaimana ini mungkin terjadi seandainya Nabi menyerukan Islam dengan pedang?

Apa yang terjadi setelah itu bahkan lebih kuat indikasinya. Ketika Katolik merebut kembali Spanyol dari kaum Muslim, mereka menerapkan politik teror keagamaan. Orang-orang Yahudi dan Muslim diberi pilihan yang sulit: menjadi Kristen, atau dihukum mati, atau hengkang dari Spanyol. Dan kemana ratusan ribu Yahudi yang menolak untuk meninggalkan agama mereka itu melarikan diri? Hampir seluruhnya diterima dengan tangan terbuka di negara-negara Muslim. The Sephardi Jews (orang-orang Yahudi Spanyol) menetap di seluruh dunia Muslim, dari Maroko di Barat hingga Irak di Timur, dari Bulgaria (saat itu bagian dari Kekaisaran Ottoman) di utara sampai Sudan di selatan.

Mereka tidak mengenal sama sekali siksaan seperti Inkuisisi, api auto-da-fe, the pogrom, pengusiran massal yang mengerikan seperti terjadi di hampir seluruh wilayah Kristen, hingga Holocaust. Mengapa? Karena Islam secara tegas melarang setiap penganiayaan terhadap Ahli Kitab. Dalam masyarakat Islam ada tempat khusus yang disediakan untuk orang-orang Yahudi dan Kristen. Mereka tidak menikmati hak-hak yang sepenuhnya sama, tapi hampir. Mereka harus membayar pajak khusus, tetapi dibebaskan dari dinas militer.

]]>
http://www.eramuslim.com/peradaban/pemikiran-islam/kekuatan-pedang-dan-penyebaran-islam.htm/feed 0
Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/peristiwa-peristiwa-penting-di-bulan-ramadhan.htm http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/peristiwa-peristiwa-penting-di-bulan-ramadhan.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 08:06:55 +0000 http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/peristiwa-peristiwa-penting-di-bulan-ramadhan.htm ramadhanBulan Ramadhan—seperti yang kita ketahui—merupakan bulan yang istimewa untuk umat Islam. Yang pertama dan terutama adalah karena di bulan inilah Al Quran pertama kali diturunkan, dan selanjutnya kitab ini menjadi pedoman hidup umat Islam sampai akhir zaman.

Tentu, kita sudah banyak sekali mendengar dan membaca banyak peristiwa penting terjadi di bulan ini. Banyaknya kejadian penting yang terjadi pada bulan Ramadhan menandakan bahwa bulan ini sama sekali bukan bulan yang santai, ataupun menjadikan umat Islam lemah secara fisik. Sebaliknya, kejadian-kejadian besar yang terjadi di bulan Ramadhan adalah kejadian-kejadian yang senantiasa menguji fisik, mental, ruhani, dan emosi kita. Berikut di bawah ini sebagian kejadian yang terjadi di bulan Ramadhan.

1. Ketika Rasululah SAW mendekati umur 40 tahun beliau selalu berpikir dan merenung serta berkeinginan kuat untuk mengasingkan diri (uzlah), akhirnya dengan mempersiapkan bekal makanan dan minuman beliau menuju goa Hiro yang terdapat pada gunung Rahmah sebagai tempat beruzlah yang berjarak dua mil dari kota Makkah. Uzlah ini dilakukan tiga tahun sebelum masa kerasulan selama satu bulan Ramadhan penuh. Tatkala datang Ramadhan pada tahun ketiga dari masa uzlah, bertepatan tanggal 10 Agustus 610 M dan usia beliau genap berumur 40 tahun Qomariyah lebih 6 bulan 21 hari turun kepada beliau Malaikat Jibril AS mewahyukan surat Al Alaq yang merupa-kan surat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Inilah yang disebut cikal-bakal turunnya Al Quran di bulan Ramadhan

2. Perang Badar: 17 Ramadhan 2 AH – Adalah pertempuran pertama yang dilakukan kaum Muslim setelah mereka bermigrasi (hijrah) ke Madinah melawan kaum Quraisy dari Mekkah. Pertempuran berakhir dengan kemenangan pihak Muslim yang berkekuatan 313 orang melawan sekitar 1000 orang dari Mekkah.

3. Pembunuhan atas Ali bin Abi Thalib: 21 Ramadhan 40 H: Khulafaur Rasyidin keempat dan terakhir, dibunuh oleh seorang Khawarij yang bernama Abdurrahman bin Muljam. Ia meninggal pada tanggal 23 Ramadhan tahun itu juga. Kematiannya menandai berakhirnya sistem kekhalifahan Islam, dan kemudian dimulai dengan sistem dinasti.

4. Rosulullah SAW keluar bersama 10 ribu pasukan perang dari kaum Muhajirin dan Anshor menuju Makkah untuk membebaskannya dari kemusrikan. Faktor keberangkatan beliau disebabkan penyerangan yang dilakukan kabilah Bani Bakar sekutu kaum Quraisy terhadap sekutu Rosulullah SAW kabilah Khuza’ah yang berarti pelanggaran terhadap perjanjian Hudaibiyah yang telah disepakati antara kaum Quraisy dengan Rosulullah SAW. Usaha ini berhasil dengan gemilang tanpa melalui peperangan. tatkala Fathul Makkah itu Rosulullah SAW berdiri dihadapan kaum musyrikin Makkah seraya berkata, ” Menurut kalian apa akan saya lakukan sekarang ?” Mereka menjawab, ” Kebaikan, karena engkau adalah saudara yang baik berasal dari keturunan baik, jika engkau memaafkan kesalahan maka itu harapan kami, akan tetapi jika engkau membalas dendam maka itu sangatlah wajar karena kami pernah berbuat jahat kepadamu. Akhirnya Rosulullah SAW bersabda, ” Pergilah, sekarang kalian bebas, aku hanya ingin mengatakan apa yang pernah dikatakan saudaraku Yusuf ; tidak ada celaan bagi kalian, semoga Allah mengampuni kalian sesungguhnya Dia maha pengasih.”

5. Penghancuran dan penguasaan kota ‘Asqolan yang merupakan pintu masuk menuju kota Al Quds. Penghancuran dan penguasaan kota ini dilakukan oleh Sholahuddin Al Ayyubi sebagai strategi menahan laju kekuatan kaum salib (nasrani) yang akan merebut kota Quds. Pada hari penaklukannya Sholahuddin Al Ayyubi berkata, ” Demi Allah sesungguhnya penghancuran benteng di ‘Asqolan lebih aku sukai walaupun aku harus kehilangan seluruh anakku, karena penguasaan ‘Askolan adalah demi kemaslahatan Islam dan kaum Muslimin.” sekarang kota ‘Asqolan dikenal dengan nama kota Asduud di Negara Palestina.

6. Pada bulan ini Sultan Murad II dari kekhalifahan Utsmaniyah mengadakan pengepungan kota Qostantiniyah dalam rangka menaklukan dan memasukannya dalam naungan Islam. Setelah sekian waktu peperangan berkecamuk dengan sangat dasyatnya dan beliau tidak mampu menaklukannya akhirnya beliau kembali kepusat pemerintahannya tampa membawa hasil yang dicita-citakan.

7. Atas perintah Khalifah fatimi panglima Jauhar Ash Shiqili meletakan pondasi pertama pendirian Jami’ (Masjid) Al Azhar. Pada tahun 378 H fungsi masjid ditambah menjadi suatu Universitas dengan dilakukan pembentukan staff pengajar yang pembahasan utamanya adalah permasalahan hukum-hukum keislaman. sepanjang masa Al Azhar selalu menyambut gembira kedatangan para pelajar yang berkeinginan belajar disana. segala fasilitas disediakan seperti tempat tinggal, kebutuhan hidup bahkan halaqoh (kelompok belajar) ilmu-ilmu keislaman yang beragam sehingga para penuntut ilmu dapat memilih halaqoh yang dikehendakinya.

8. Tentara Mesir mampu menembus terusan Suez dan menghancurkan benteng Berlif serta menghancurkan kekuatan tentara Israel. Begitupula tentara Suriah mampu membebaskan beberapa wilayahnya dari tangan Israel. Semboyan pasukan pada peperangan tersebut adalah Allahu Akbar ( Allah Maha Besar).

9. Pada bulan ini Kholid bin Walid salah seorang sahabat terkemuka yang terkenal dengan keberaniannya dan panglima perang dalam berbagai peperangan baik sebelum Islam atau sesudahnya meninggal dunia. Beliau masuk Islam setelah perjanjian Hudaibiyah pada tahun 7 H.Umar bin Khatab RA memimpin sholat jenazah Beliau lalu dimakamkan di Hims dan ada pula yang mengatakan di Madinah.

10. Pada bulan ini Napoleon Bonaparte beserta pasukannya melakukan ekspansi ke Mesir tepatnya di kawasan Ghiza, usaha ini mengalami kegagalan sehingga pada tanggal 23 Ramadhan seluruh pasukan meninggalkan Mesir menuju wilayah Syam.

11. Hancurnya berhala-berhala, seperti Latta, Uzza, dan Mana’at milik kaum kafir Quraisy pas di bulan penuh rahmat dan ampunan ini. (sa/berbagaisumber)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/peristiwa-peristiwa-penting-di-bulan-ramadhan.htm/feed 0
Satu Rumah Satu Penghapal Quran, Langkah Menuju Kemenangan Islam (1) http://www.eramuslim.com/wakaf/satu-rumah-satu-penghapal-quran-langkah-menuju-kemenangan-islam-1.htm http://www.eramuslim.com/wakaf/satu-rumah-satu-penghapal-quran-langkah-menuju-kemenangan-islam-1.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 07:30:13 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=80573 quraniaSaudaraku…Rasullullah SAW pernah bersabda :

” Sesungguhnya Alloh akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini dan akan merendahkan/menghinakan suatu kaum dengan kitab ini pula.” (HR MUSLIM)

Hadis yang singkat ini menarik untuk kita kaji karena di dalamnya ada isyarat yang jelas dan tegas dari Rasulullah saw bagaimana meraih posisi kemuliaan umat ini.

Alloh akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini dengan asbab kaum tersebut memiliki interaksi yang kuat dengan al Quran, dan mereka punya kecintaan yang besar pula kepada al Quran, dan bahkan mereka menjadikan Al Quran sebagai panduan kehidupannya.

Sebagaimana disampaikan Alloh dalam ayatnya :

“Sesungguhnya al Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang paling lurus (QS Al Israa- 9)

Mereka yakin jalan yang ditunjukkan oleh al Quran adalah jalan kehidupan terbaik yang akan mengantarkan mereka kepada kemuliaan, kejayaan umat,dan kemenangan di dunia maupun akheratnya.

Mereka cinta membacanya,menghafalnya,mentadaburinya,menggali kandungan petunjuk petunjuknya kemudian mengamalkan dalam kesehariannya, tidak cukup dengan itu, mereka gigih mendakwahkannya kepada seluruh umat manusia dan bahkan memperjuangkan nilai nilai ajarannya agar menjadi realitas yang bisa dirasakan kemanfaatannya oleh umat manusia.

Dan Alloh akan menghinakan dan merendahkan suatu kaum dengan kitab ini dengan asbab kaum tersebut meninggalkan al Quran, acuh tak acuh terhadapnya, tidak mau membacanya, mempelajarinya, apalagi mengamalkannya bahkan mencari kitab manusia atau aturan manusia  untuk dijadikan rujukan  . Hawa nafsu dan kecintaan yang sangat terhadap dunia memenuhi relung hatinya, impian dan tujuan hidupnya sekedar mengejar harta, tahta, wanita dan kesenangan dunia lainnya.Maka bagaimana kaum yang seperti ini berharap Alloh akan memberikan kemenangan dan kemuliaan baginya?? … Yang terjadi kemungkinan Allah berlepas tangan atas nasib kaum muslimin …

Mereka tidak ada semangat mempelajari agamanya, tidak risau dengan kehidupan kelak di akheratnya, tidak peduli pula bagaimana nasib saudara saudaranya yang tengah dizhalimi, tidak risau pula ketika martabat dan kehormatan agamanya dinodai bahkan diinjak injak.

Bisa jadi kaum yang semacam ini Alloh turunkan derajatnya bahkan Alloh hinakan sama dengan derajatnya binatang, yang hidup hanya untuk mengenyangkan perut dan nafsunya tanpa ada keinginan mencari kemuliaan hakiki di hadapan Robb-nya.

Dengan perenungan tersebut, marilah kita bersama merapihkan shaf umat islam, bersama sama mari bangun generasi qurani. Sudah terbukti kebenaran dari hadis nabi di awal ulasan ini, Alloh akan angkat derajad suatu umat dengan kuatnya interaksi terhadap al Quran. Mari gencarkan program kaderisasi penghafal al quran, program tadabur,dan program pengamalan al Quran di dalam tubuh umat ini, khususnya pembinaan yang intensif kepada generasi muda. Karena merekalah yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan umat dimasa datang.

Berikan dasar Quran yang kuat bagi mereka, sehingga mereka kelak akan tumbuh menjadi pemuda Qurani dan bila mereka menjadi pemimpin, maka mereka akan memimpin umatnya dengan nilai nilai al Quran yang mulia. Mereka akan memperbaiki kondisi umat ini sehingga umat akan menapaki jalan jalan kesalihan,keberkahan hidup,dan kemenangan umat.

Antarkan mereka mengejar mimpi mimpi dan cita cita mereka tapi jangan lupa berikan bekal al quran yang kuat. Bagi yang ingin menjadi pegusaha,jadilah pengusaha yang hafal alquran.Bagi yang ingin jadi dosen, jadilah dosen yang hafal alquran. Bagi yang ingin menjadi birokrat, jadilah birokrat yg hafal alquran.Bagi yang ingin menjadi dokter jadilah dokter yang hafal quran dan mengamalkannya.Demikian seterusnya.

Semoga mereka menjadi orang orang yang profesional dibidangnya namun pemikiran,hati,semangat,dan ahlaqnya adalah ahlaq yang Qurani.Dengan harapan mereka akan mewarnai semua dimensi kehidupan umat ini dengan nilai nilai yang qurani.

Untuk itu, sudah seharusnya kita gencarkan bersama ,semangat mewujudkan masyarakat indonesia sebagai masyarakat yang qurani dengan Gerakan SATU RUMAH SATU PENGHAFAL Al QURAN. Bila ini bisa terwujud,betapa banyak kader kader pemimpin yang hafal quran yang kita miliki, inhsa Alloh 20 atau 30 tahun yang akan datang,Indonesia akan menjadi bangsa yang besar.Dan alquran akan membimbing mereka ini menapaki jalan yang paling diridhoi Alloh dan yang paling lurus ,menunjukkan jalan keluar dari permasalahan umat dan bangsa ini,kemudian berjuang keras menuju masa kebangkitan,kemenangan dan kejayaan umat ini.

inna wa’dallohi haqq…

Bogor,22 juli 2014

Ditulis oleh:

Gunawan Wibisono

Pembina Rumah Qur’an

(Rumah yatim duafa dan penghafal al quran)

“MUTIARA INSANI”

Ngawi-Jawa timur

Agenda prioritas Rumah Quran “MUTIARA INSANI”:

Rencana pembebasan tanah seluas 3900m dengan harga 380 juta.

Dengan hanya 100ribu,kaum muslimin sudah bisa wakaf  per 1m2 tanah .

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembangunan gedung kaderisasi dan pembinaan penghafal Al quran

Mari wujudkan kampung kampung Al quran dengan

GERAKAN SATU RUMAH SATU PENGHAFAL ALQURAN

Zakat,infak,maupun wakaf bisa disalurkan melalui  rekening berikut ini :

1.Rek Bank Muamalat

905 660 789 901 atas nama Gunawan Wibisono

2.Rek Bank BRI

643 001 003 960 533 atas nama Yusuf Masruri( bagian Keuangan)

3.Rek Bank Mandiri

900 00 0648314 4 atas nama Kustiati (bagian fundrising):

Konfirmasi wakaf/infaq nya bisa di telepon/sms sebagai berikut :

Gunawan Wibisono 081386247877

Kustiati 081380988200

Yusuf Masruri 081232024422 

Jazakumullohu khoiron katsiro…

]]>
http://www.eramuslim.com/wakaf/satu-rumah-satu-penghapal-quran-langkah-menuju-kemenangan-islam-1.htm/feed 0
Lebaran Cara Rasul http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/lebaran-cara-rasul.htm http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/lebaran-cara-rasul.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 07:08:05 +0000 http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/lebaran-cara-rasul.htm  

rainbowFajar 1 Syawal menyingsing, menandai berakhirnya bulan penuh kemuliaan. Senyum kemenangan terukir di wajah-wajah perindu Ramadhan, sambil berharap kembali meniti Ramadhan di tahun depan.

Satu persatu kaki-kaki melangkah menuju tanah lapang, menyeru nama Allah lewat takbir, hingga langit pun bersaksi, di hari itu segenap mata tak kuasa membendung airmata keharuan saat berlebaran. Sementara itu, langkah sepasang kaki terhenti oleh sesegukan gadis kecil di tepi jalan.

“Gerangan apakah yang membuat engkau menangis anakku?” lembut menyapa suara itu menahan beberapa detik segukan sang gadis.

Tak menoleh gadis kecil itu ke arah suara yang menyapanya, matanya masih menerawang tak menentu seperti mencari sesosok yang amat ia rindui kehadirannya di hari bahagia itu. Ternyata, ia menangis lantaran tak memiliki baju yang bagus untuk merayakan hari kemenangan.

“Ayahku mati syahid dalam sebuah peperangan bersama Rasulullah,” tutur gadis kecil itu menjawab tanya lelaki di hadapannya tentang Ayahnya.

Seketika, lelaki itu mendekap gadis kecil itu. “Maukah engkau, seandainya Aisyah menjadi ibumu, Muhammad Ayahmu, Fatimah bibimu, Ali sebagai pamanmu, dan Hasan serta Husain menjadi saudaramu?”

Gadis kecil itu terperangah. Kemudian sadarlah ia bahwa lelaki yang sejak tadi berdiri di hadapannya tak lain Muhammad Rasulullah SAW, Nabi anak yatim yang senantiasa memuliakan anak yatim. Siapakah yang tak ingin berayahkan lelaki paling mulia, dan beribu seorang Ummul Mukminin?

Begitulah lelaki agung itu membuat seorang gadis kecil yang bersedih di hari raya kembali tersenyum.

Barangkali, itu senyum terindah yang pernah tercipta dari seorang anak yatim, yang diukir oleh Nabi anak yatim. Rasulullah membawa serta gadis itu ke rumahnya untuk diberikan pakaian bagus, terbasuhlah sudah airmata. Lelaki agung itu, shalawat dan salam baginya.

Rasulullah tak hanya berbaju bagus saat berlebaran,tetapi juga mengajak seorang anak yatim ikut berbaju bagus, sehingga nampak tak berbeda dengan Hasan dan Husain, kedua cucunya. Lelaki agung itu, tahu bagaimana menjadikan hari raya juga istimewa bagi anak-anak yatim. (sa/berbagaisumber)

]]>
http://www.eramuslim.com/hikmah/tafakur/lebaran-cara-rasul.htm/feed 0
Wakaf Al Quran Eramuslim Sesi #3 Menyambut Ramadhan 1435H / 2014 http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 06:46:33 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=78437 quranwakafMenjelang Ramadhan tiba , kembali Eramuslim.com mengajukan program wakaf Al Quran yang biasa dilakukan setiap tahunnya, mengingat jumlah kebutuhan Al Quran bagi Masyarakat Muslim yang terus meningkat, apalagi untuk Muslim di daerah daerah dan Indonesia Bagian Timur.

Karena itu , kami mengajak para netter untuk  berpartisipasi dan juga mendoakan bagi mereka yang telah ikut serta dalam gerakan wakaf ini, serta orang orang yang telah membantu mensukseskannya.

Gerakan Wakaf Al Quran ini terbuka bagi seluruh kaum muslimin, selanjutnya eramuslim akan menindaklanjuti sekaligus mewakili dalam menyalurkan setiap hak wakaf kepada kaum muslimin atau lembaga Islam yang membutuhkannya. Kami berharap gerakan wakaf ini terus berlanjut hingga tumbuh generasi Qur’an sejati.

Di pasaran, Al Quran ini 1 eksemplar Rp 78.000/eks, tapi dengan menyukseskan program wakaf ini , hanya dengan Rp 120,000,- , Saudara seiman sudah mendapatkan 2 eksemplar Mushaf dengan ketentuan sebagai berikut :

2 Mushaf Al Quran Tajwid dan Terjemah  Ukuran (21 x 14.8 Cm), Hardcover Lux640 Halaman full color, Kertas khusus Al Quran, Khat Rasm Utsmani Madinah, Tajwid warna

Dalam Al Quran ada pelengkap penjelasan dalam  7 materi utama , yaitu Ibadah, Muamalah, Aqidah, Kisah para Nabi dan Rasul, sirah Nabi Muhammad SAW, Asmaul Husna, dan terapi Qurani yang dilengkap hadits hadits shahih.

Terdiri dari : 1 Mushaf standar Hak Pewakaf , 1 Mushaf untuk hak wakaf

Catatan Opsi Pengiriman : 

A.  Mushaf  hak Pewakaf dan hak wakaf dapat dikirimkan kepada alamat pewakaf bila pewakaf ingin menyalurkan sendiri , tentunya semua Mushaf tersebut di tambah ongkos kirimnya. atau

B.  Mushaf hak pewakaf dan hak wakaf, dapat semua diamanatkan kepada Eramuslim untuk mendistribusikan kepada yang berhak tanpa ongkos kirim. atau

C. Mushaf hak Pewakaf dikirimkan kepada pewakaf dengan tambahan ongkos kirim, dan Mushaf hak wakaf dapat diamanatkan langsung kepada eramuslim untuk mendistribusikan tanpa ongkos kirim.

Bagi yang  berminat mewakafkan Mushaf ini , silahkan mengirimkan sms ke 085811922988 atau email ke waqaf.eramuslim@gmail.com , lengkap dengan :

Nama, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan sebutkan jumlah paket wakaf yang diinginkan dengan opsi pengirimannya (Opsi A, atau B, atau C).

]]>
http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm/feed 0
Resensi Buku : Inilah Negeri Negeri di Akhir Zaman, Tahukah Anda ? http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-negeri-negeri-di-akhir-zaman-tahukah-anda.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-negeri-negeri-di-akhir-zaman-tahukah-anda.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 06:30:48 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=72288 negeriBuku ini mengupas secara rinci tentang negara-negara dunia yang
menjadi saksi menjelang dekatnya akhir zaman.

Seperti apa kehancuran Mekkah dan Madinah di akhir zaman? Bagaimana umat islam Iraq akan memenangkan peperangan dengan Amerika dan Eropa? Bagaimana India ditaklukkan oleh umat Islam? Benarkah akan terjadi kemurtadan pada bangsa Arab dan kepemimpinan mereka akan jatuh ke tangan pasukan panji hitam yang akan keluar dari Khurasan?

Benarkah Negeri Turki Sekuler akan jatuh ke tangan umat Islam dan bagaimana negeri itu tunduk dibawah bendera Islam? Siapakah Sufyani dan pasukan bani Kalb yang akan menggempur Al-Mahdi? Benarkah akan muncul pasukan Arab yang akan ditenggelamkan di tanah Hijaz?

Adakah hubungan antara pembenaman pasukan itu dengan fenomena penambangan minyak dan gas di tanah Jazirah? Benarkan Khilafah Rasyidah akan dimulai kemunculannya dari Iraq? Siapakah musuh bersama yang akan diperangi oleh koalisi islam Romawi di akhir zaman? Siapakah bani Qanthura yang akan menggempur negeri 1001 malam di akhir zaman? Benarkah mereka koalisi Amerika dan Eropa? Yang juga tidak kalah menariknya, adakah nubuwah Rasulullah yang mengisyaratkan lahirnya Arab Spring, revolusi Timur Tengah yang menumbangkan rezim-rezimnya?

Masih banyak lagi pertanyaan menarik yang dikupas dalam buku ini, boleh jadi ini merupakan buku ‘pertama’ yang mengupas secara detail dan rinci tentang bagaimana nasib negara-negara dunia di akhir zaman. Edisi revisi kali ini lebih lengkap dengan menyuguhkan data, dan utamanya kejadian-kejadian besar yang saat ini tengah melanda bangsa Arab dan Syam. Dengan merujuk pada nash-nash yang Shahih dan fakta-fakta sejarah yang valid, buku ini mencoba untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda tentang hadits-hadits futuristik. Insya Alloh…
Selamat Membaca

Judul Buku : Negeri Negeri Akhir Zaman

Penulis : Abu Fatiah Al Adnani
19.5 x 26.5 cm _ 480 pages
HARDCOVER
Harga Rp. 120.000

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-negeri-negeri-di-akhir-zaman-tahukah-anda.htm/feed 0
Muslimah Menyambut Idul Fitri, Gimana Ya? http://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/muslimah-menyambut-idul-fitri-gimana-ya.htm http://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/muslimah-menyambut-idul-fitri-gimana-ya.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 06:17:53 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=61508 muslimah idul fitriHari-hari menjelang idul fitri, biasanya yang paling sibuk adalah para muslimah. Mulai dari mempersiapakan interior rumah yang ingin tampil beda di saat hari raya, mempersiapakan kue-kue kecil, merancang busana hari raya, bagi yang mudik telah bersiap mengepak dan mempersiapkan segala sesuatu yang harus dibawa, pokoknya hiruk pikuk urusan duniawi mengisi hari-hari menjelang lebaran.

Apa sebenarnya makna iedul fitri bagi seorang muslim atau muslimah?

Iedul fitri bermakna sebagai hari kemenangan bagi yang puasanya diterima oleh Allah karena telah mampu melawan hawa nafsu selama sebulan penuh dan telah menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas hanya karena Allah ta’ala. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa malam Idul Fitri disebut malam pemberian hadiah, pada malam itu Allah berseru kepada malaikatnya: “Aku bersaksi wahai malaikatku bahwa Aku telah memberikan pahala puasa hamba-hambaKu, pahala sholat-sholat mereka. Aku limpahkan kepada mereka ridho dan
ampunanKu.

Yang menjadi pertanyaan, apakah puasa kita telah diterima oleh Allah SWT? Jawabnya wallahu’alam. Tapi setidaknya, menurut para ulama ada indikasi-indikasi yang menjadi tolok ukur apakah puasa seseorang diterima atau tidak. Indikasi yang pertama adalah ketika tingkat kualitas kesholehan seseorang bertambah baik, kedua, jiwanya selalu diliputi oleh keimanan dan yang ketiga, keterikatannya terhadap hukum syara’ makin meningkat baik secara individu maupun kehidupan sosialnya.

Iedul fitri juga bermakna sebagai hari kemenangan sejati bagi yang benar-benar melakukan penghayatan dan pengamalan selama bulan romadhon. Sehingga menghantarkan kepada pribadi yang fitri, kembali kepada fitrahnya yang bersih, suci bagai kain putih yang belum terkotori oleh noda.

Meskipun pada detik-detik menjelang iedul fitri ini, para muslimah atau lebih tepatnya para istri atau ibu-ibu disibukkan dengan urusan-urusan rumah tangga yang bersifat duniawi, tapi bukan berarti melalaikan urusan ukhrowinya. Justru disinilah tantangannya.
Muslimah ditantang untuk mampu mengatur waktunya denganbaik sehingga antara kesibukan rumah tangga dan ibadah kepada Allah tetap berjalan seimbang. Jangan sampai momen baik ini terlewatkan tanpa melakukkan aktivitas yang berarti di hadapan AllahSWT.

Sempatkan untuk mengevaluasi diri (mutaba’ah) dan mengkalkulasi keburukan diri sendiri dan memikirkan seberapa banyak kebaikan-kebaikan yang belum dilakukan (muhasabah).

Jadikan pula iedul fitri sebagai ajang tasyakur, mengasah kepekaan sosial dan refleksi diri untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Di negeri ini, ada tradisi silaturahmi setiap perayaan hari raya iedul fitri. Sebuah tradisi yang layak untuk dilestarikan. Saling mengunjungi, saling bermaaf-maafan dengan sanak saudara, teman sejawat, tetangga, mitra kerja, atasan dan bawahan. Selain menggugurkan dosa-dosa tentunya tradisi ini akan menyambungkan kembali tali silaturahmi, mempererat persaudaraan dan semakin meningkatkan ukhuwah islamiyah.

Mudah-mudahan iedul fitri kali ini, menjadikan kita hamba yang lebih baik, mempunyai semangat baru dan lahir sebagai sosok baru seperti kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu yang penuh dengan keindahan taqwa kepada Allah SWT. Amin ya robbal ‘alamin. Wallahu’alam…***

Penulis bernama Nani Agus, seorang ibu rumah tangga dengan dua putri. Pemerhati perkembangan Islam baik local dan manca Negara serta aktif di berbagai kegiatan Islam.

]]>
http://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/muslimah-menyambut-idul-fitri-gimana-ya.htm/feed 0
Saling Berlomba Untuk Berjihad http://www.eramuslim.com/oase-iman/saling-berlomba-untuk-berjihad.htm http://www.eramuslim.com/oase-iman/saling-berlomba-untuk-berjihad.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 06:10:27 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=57274 gaza3Perlombaan untuk ikut berjihad terjadi dahulu di zaman Nabi SAW dan Sahabatnya, bahkan terjadi di antara anak anak kecil dari kalangan sahabat radiyallahu anhum. Masing masing dari mereka mengetahui secara pasti bahwa  dengan ikut serta di dalam perang ini berarti dia siap mengorbankan dirinya, sebelum harta dan senjatanya di jalan Allah SWT.

Rasulullah SAW hanya memperkenankan anak anak uisa remaja yang sudah pandai berperang dan menggunakan senjata untuk ikut bergabung di dalam pasukan tempur.

Di antara anak anak yang diperbolehkan Rasulullah untuk ikut berperang adalah : Samurah bin Jundub Al Fazari ra, Rafi bin Khadij, saudara bani Haritsah ra.

Keduanya adalah anak-anak berusia lima belas tahunan. Pada awalnya Rafi’ ditolak oleh Rasululullah, tetapi setelah disampaikan  kepada beliau bahwa Rafi’ adalah ahli memanah maka beliau SAW  mengijinkannya.

Tatkala Rasulullah SAW mengijinkan keikutsertaan Rafi’, disampaikan pula kepada beliau bahwa Samurah dapat mengalahkan Rafi’ dalam bertanding gulat. Akhirnya Rasulullah SAW juga mengijinkan Samurah untuk ikut serta.

Bukankah dibalik kisah ini tersirat adanya keinginan kuat pada dari para sahabat kecil ini untuk mengorbankan dirinya di jalan Allah?

Namun demikian, Rasulullah SAW harus menolak sejumlah anak yang sangat ingin ikut berperang karena usia mereka masih sangat belia, mereka adalah : Usanah bin Zaid ra, Abdullah ibnu Umar ra, Zaid bin Tsabit ra, Barra bin Azib ra, dll.

Kemudian beliau SAW baru mengijinkan keikutsertaan para remaja itu  di perang Khandaq, pada saat itu usia mereka baru lima belas tahunan.

Menunjukkan apa perlombaan yang dilakukan anak anak yang masih muda untuk ikut serta di medan pertempuran untuk melawan musuh yang jumlahnya tiga ribu tentara musuh, musuh yang jumlahnya jauh lebih besar daripada jumlah mereka di waktu pertempuran Badar, dan musuh yang mengungguli kaum muslimin baik dalam jumlah maupun dalam peralatan perang?

Menunjukkan apa perlombaan ini ? Kecuali semuanya menunjukkan bahwa pengorbanan sudah menjadi karakter asli pada diri sahabat Nabi sejak usia mereka yang dini.

Pertanyaannya, bagaimana dengan para pemuda sekarang? (KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/oase-iman/saling-berlomba-untuk-berjihad.htm/feed 0
Bahaya Soft Drink Untuk Buka Puasa dan Lebaran? http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/soft-drink-untuk-buka-puasa-dan-lebaran.htm http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/soft-drink-untuk-buka-puasa-dan-lebaran.htm#comments Thu, 24 Jul 2014 05:50:50 +0000 http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/soft-drink-untuk-buka-puasa-dan-lebaran.htm  

soft-drinks1Meminum soft drink saat bulan puasa Ramadhan seperti sekarang, pada waktu malam, terutama ketika berbuka, memang sangat menggoda. Bagaimana tidak, setelah puasa seharian, tenggorokan kita sepertinya akan terasa segar jika dilewati dengan minuman seperti ini. Ditambah, dengan alasan, soft drink tidak seperti minuman suplemen yang mempunyai efek yang sangat berat bagi tubuh, maka kita merasa aman untuk mengonsumsi soft drink.

Untuk lebaran pun, tidak heran juga jika sekarang ini kita memasukkan soft drink sebagai salah satu menu pendamping. Namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dari soft drink. Berikut di antaranya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Soft drink menguras air dalam tubuh kita. Menapa begitu? Soft drink mempunyai cara kerja seperti halnya diuretik yang bukannya memberikan air untuk tubuh kita, tapi malah menghabiskannya. Pemprosesan gula tingkat tinggi dalam soft drink memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, kita harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas soft drink yang kita minum.

2. Soft drinks dapat membersihkan karat pada bumper mobil atau benda logam lainnya. Bayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya jika kita secara konstan minum minuman jenis ini?

3. Jumlah gula yang tinggi dalam soft drink menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan “benturan gula”. Kelebihan dan kekurangan gula dan insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidakseimbangan dalam tubuh. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak yang secara regular mengonsumsinya dapat menyebabkan masalah kesehatan.

4. Soft drink sangat mempengaruhi pencernaan. Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya tubuh tidak menyerap gizi sama sekali dari makanan yang baru dimakan, bahkan yang sudah dimakan beberapa jam sebelumnya.

5. Jangan pernah meneguk soft drink ketika demam, flu atau lainnya. Soft drink akan mempersulit tubuh melawan penyakit tersebut.

6. PH rata-rata dari soft drink adalah 3.4. Tingkat keasaman ini cukup kuat untuk melarutkan gigi dan tulang! Tubuh kita berhenti menumbuhkan tulang pada usia sekitar 30 tahun. Setelah itu tulang akan larut setiap tahun melalui urine tergantung dari tingkat keasaman makanan yang masuk. Semua Calcium yang larut berkumpul di dalam arteri, urat nadi, kulit, urat daging dan organ, yang mempengaruhi fungsi ginjal dalam membantu pembentukan batu ginjal.

7. Soft drinks tidak punya nilai gizi (dalam hal vitamin dan mineral). Mereka punya kandungan gula lebih tinggi, lebih asam, dan banyak zat aditif seperti pengawet dan pewarna. Sementara kita suka meminum soft drink dingin setelah makan. Jika begitu, tubuh kita sebenarnya mempunyai suhu optimum 370 supaya enzim pencernaan berfungsi. Suhu dari soft drink dingin jauh di bawah 37, terkadang mendekati 0. Hal ini mengurangi keefektivan dari enzim dan memberi tekanan pada sistem pencernaan kita, mencerna lebih sedikit makanan. Bahkan makanan tersebut difermentasi. Makanan yang difermentasi menghasilkan bau, gas, sisa busuk dan racun, yang diserap oleh usus, di edarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Penyebaran racun ini mengakibatkan pembentukan macam-macam penyakit.

Minum soft drink bukannya tak boleh. Sekali-sekali tidak mengapa, namun jangan sampai kita menjadi kecanduan. Air putih masih tetap yang terbaik untuk tubuh, sampai kapanpun. Biasanya setelah lebaran Idul Fitri, banyak sekali yang tertimpa sakit pencernaan dan sejenisnya. Jangan lupa untuk terus mengonsumsi air putih. Wallohu alam bi shawwab. (sa/berbagaisumber)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/soft-drink-untuk-buka-puasa-dan-lebaran.htm/feed 0