Eramuslim http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Sun, 21 Jun 2015 11:41:41 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ UNICEF Kutuk Keras Ulah Syiah Houthi Yang Rekrut Anak-Anak http://www.eramuslim.com/berita/unicef-kutuk-keras-perekrutan-milisi-anak-anak-pemberontak-syiah-houthi.htm http://www.eramuslim.com/berita/unicef-kutuk-keras-perekrutan-milisi-anak-anak-pemberontak-syiah-houthi.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 10:00:14 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106854 milisi anak syiah houthiEramuslim – Badan PBB untuk urusan anak-anak (UNICEF) mengutuk keras tindakan pemberontak Syiah Houthi dan kelompok bersenjata Yaman, yang menjadikan anak-anak sebagai penjaga pos-pos pemerikasaan lengkap dengan senjata api.

Dalam laporan yang dirilis delegasi UNICEF untuk Yaman, Julian Harneis, malam melalui kantor berita pemerintah pada hari Jum’at (19/06) malam mengatakan, “Perekrutan anak-anak menjadi milisi bersenjata di negara ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan laporan tahun 2014 lalu.”

Julian Harneis menambahkan,Tahun ini tercatat sebanyak 318 anak telah direkrut kelompok bersenjata Yaman, dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 156 ank-anak.”

Sementara itu mengenai jumlah anak yang tewas dalam 10 pekan terakhir perang bersaudara di Yaman, Julian Harneis mencatat bahwa jumlah tersebut empat kali lipat lebih banyak dari jumlah kematian anak-anak Yaman selama setahun terakhir.

Sebelumnya surat kabar Washington Post dalam pemberitaannya pada pertengahan Mei lalu menyatakan bahwa pemberontak Syiah Houthi sengaja merekrut anak-anak dibawah umur untuk berjuang bersama mereka dengan iming-iming bayaran 100 dolar AS perbulan.

Jumlah yang sangat besar bagi penduduk Yaman dimana setengahnya berada dibawah garis kemiskinan. (Shorouk/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/unicef-kutuk-keras-perekrutan-milisi-anak-anak-pemberontak-syiah-houthi.htm/feed 0
Imam Saudi ini Khatamkan Al Qur’an Dalam 3 Malam Shalat Tarawih http://www.eramuslim.com/berita/imam-saudi-ini-khatamkan-al-quran-dalam-3-malam-shalat-tarawih.htm http://www.eramuslim.com/berita/imam-saudi-ini-khatamkan-al-quran-dalam-3-malam-shalat-tarawih.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 09:15:27 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106839 Sheikh Ahmed bin Mohammed AlhawasyiaEramuslim – Shalat terawih dengan Imam membaca 1 atau 2 Juz Al Qur’an mungkin sudah sering kita temui baik ketika berada di Indonesia maupun negara Arab lainnya. Akan tetapi tahukah anda bagaimana rasanya mengkhatamkan Al Qur’an dalam 3 malam shalat tarawih ?

Adalah Sheikh Ahmed bin Mohammed Alhawasyi, seorang imam Masjid Jami di distrik Khamis Mushayt wilayah Asir, sebelah barat daya Arab Saudi.

Seperi dilansir media lokal setempat menyatakan bahwa Sheikh Ahmed bin Mohammed dapat mengkhatamkan Al Qur’an dalam 3 malam shalat teraweh atau sebanyak 10 kali dalam sebulan penuh Ramadhan.

Masyarakat pun yang berada disekitar selalu membanjiri Masjid Jami dimana Sheikh Ahmed bin Mohammed menjadi imam, meskipun mereka harus menghabiskan 4 jam untuk melaksanakan ibadah shalat teraweh.

Selain menjadi imam di Masjid Jami, Sheikh Ahmed bin Mohammed Alhawasyi juga bekerja sebagai Dewan Komisi Amr bil Ma’ruf wa Nahyi Anil Munkar di wilayah setempat. (Akhbarak/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/imam-saudi-ini-khatamkan-al-quran-dalam-3-malam-shalat-tarawih.htm/feed 0
Melihat Wisuda Sekolah Anak-anak Pengungsi Suriah Di Turki http://www.eramuslim.com/berita/foto/melihat-wisuda-sekolah-anak-anak-pengungsi-suriah-di-turki.htm http://www.eramuslim.com/berita/foto/melihat-wisuda-sekolah-anak-anak-pengungsi-suriah-di-turki.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 08:30:15 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106842 wisuda pengungsi Suriah di turki -7Eramuslim – Rabu 10 Juni 2015, Pemerintah Turki baru saja menggelar acara wisuda kelulusan madrasah tingkat Ibtidaiyah dan Tsanawiyah anak-anak pengungsi Suriah yang diselenggarakan di ibukota Ankara.

Dalam acara yang di ikuti oleh sekitar 110 anak yatim Suriah tersebut, Menteri Agama Turki Mohammed Gormaz berkata, “Anak-anak pengungsi adalah amanah yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala kepada kita.”

Mohammed Gormaz melanjutkan, “Maka barang siapa yang diberi amanah, maka hendaklah dia menjaga amanah itu sebaik-baiknya.” (Anatolia/Ram)

Bagaimana kemeriahan acara tersebut? Berikut sejumlah dokumentasinya untuk anda;

wisuda pengungsi Suriah di turki -

wisuda pengungsi Suriah di turki -6

wisuda pengungsi Suriah di turki -3

wisuda pengungsi Suriah di turki -2

wisuda pengungsi Suriah di turki -sambutan Menteri urusan agama turki

wisuda pengungsi Suriah di turki -1

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/foto/melihat-wisuda-sekolah-anak-anak-pengungsi-suriah-di-turki.htm/feed 0
Tommy Tegaskan Jika PKL Tak Bisa Selalu Disalahkan, Ahok Harus Bercermin Diri http://www.eramuslim.com/berita/nasional/tommy-tegaskan-jika-pkl-tak-bisa-selalu-disalahkan-ahok-harus-bercermin-diri.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/tommy-tegaskan-jika-pkl-tak-bisa-selalu-disalahkan-ahok-harus-bercermin-diri.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 07:00:06 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106858 20141231-pkl-bentrok1

Ahok Harus Bercermin, rakyat kecil juga bisa ngamuk kalau harga dirinya dicederai

Eramuslim.com – Pada Kamis lalu (18/6), pedagang kaki lima atau PKL yang bedagang di kawasan Monumen Nasionak (Monas), Jakarta, ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.  Tidak terima dengan aksi Satpol PP itu, para pedagang kaki lima pun melawan.

Bentrokan pun terjadi. Di kedua belah pihak ada yang terluka. Mendengar ada anak buahnya terluka, Gubernur Ahok pun memerintahkan Satpol PP untuk melaporkan kejadian itu ke polisi. “Harus lapor mereka ke polisi. Enak saja, kita yang diserang tidak melanggar HAM, dia yang kena atau terluka bilangnya melanggar HAM. Tuntutlah ke kepolisian,” ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.

Terkait peristiwa itu, putra bungsu mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, membela pedagang kaki lima. Pada akun Twitter-nya, ia malah membuat hasta atau tanda [agar #SavePKL. “PKL Monas ngamuk itu manusiawi. Maklum mereka berharap dapat modal dari hasil jualan untuk mudik, tengok keluarga di kampung,” tulis Tommy.

Ia menilai, PKL tidak bisa selalu disalahkan, “Mereka jadi PKL karena tidak ada pekerjaan lain, dari sanalah sumber penghidupan keluarga mereka,” kata Tommy. Apalagi, tambahnya, berbagai macam kebutuhan naik, “Ditambah larangan-larangan bagi PKL, Apa sudah tidak ada rasa kasihan Anda semua terhadap masyarakat kecil?” ujarnya,

Menurut Tommy, membuat kebijakan akan terlihat bijak jika tidak berbenturan dengan kepentingan rakyat kecil. “Beri solusi, jangan hanya doyan melarang. Perda, sih, perda, tapi apakah perut kosong bisa dibuat kenyang dengan perda? Silakan Larang tapi jangan lupa beri jaminan bagi PKL. Peraturan yang ada saat ini hanya memandang rakyat menengah ke atas, Rakyat bawah seperti pedagang kecil tidak dipandang, yang ada dipaksa nurut, Kebijakan tidak adil Itu ketika rakyat kecil alias PKL dilarang, lalu area tersebut diberikan ke pedagang-pedagang yang sudah mampu,” kata Tommy lagi.

Karena itu, Tommy juga berpesan, nanti kalau pilih pemimpin pilih yang pernah tinggal di wilayah tersebut. “Dengan begitu, pemimpin tersebut paham betul seluk-beluk wilayah tersebut,” tuturnya.

Memang, semakin hari semakin terasa, banyak warga Jakarta, terutama kaum kecilnya, tak ubahnya kacung dan tak punya hak hiduo di negerinya sendiri, digusur ke sana-kemari.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/tommy-tegaskan-jika-pkl-tak-bisa-selalu-disalahkan-ahok-harus-bercermin-diri.htm/feed 0
Iran Dalang Sejumlah Serangan Teroris Dunia di Tahun 2014 http://www.eramuslim.com/berita/deplu-as-tuding-iran-terlibat-dalam-sejumlah-serangan-teroris-dunia-di-tahun-2014.htm http://www.eramuslim.com/berita/deplu-as-tuding-iran-terlibat-dalam-sejumlah-serangan-teroris-dunia-di-tahun-2014.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 06:50:35 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106830 Iranian Army soldiers march during the Army Day parade in Tehran on April 18, 2015. Amid rising tension between Iran and Saudi Arabia, Iranian President Hassan Rouhani said that Iran's military is purely for defence and should not be seen as an aggressive threat in the Middle East. AFP PHOTO/BEHROUZ MEHRI        (Photo credit should read BEHROUZ MEHRI/AFP/Getty Images)

Iranian Army soldiers march during the Army Day parade in Tehran on April 18, 2015. Amid rising tension between Iran and Saudi Arabia, Iranian President Hassan Rouhani said that Iran’s military is purely for defence and should not be seen as an aggressive threat in the Middle East. AFP PHOTO/BEHROUZ MEHRI (Photo credit should read BEHROUZ MEHRI/AFP/Getty Images)

Eramuslim – Depertemen Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan bahwa Iran bertanggung jawab atas sejumlah serangan teroris di tahun 2014, dan menjadi sponsor utama bantuan senjata kepada rezim Bashar Al Assad di Suriah.

Dalam laporan tahunan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri pada hari Jum’at (19/06) kemarin, AS menuding Iran telah menjadi sponsor utama dalam serangan teroris yang dilakukan milisi Syiah Hizbullah Lebanon dipenjuru dunia.

Selain itu laporan terbaru Deplu AS tersebut juga menyoroti kinerja milisi Syiah bentukan Iran yang berhasil dalam melawan pejuang Negara Islam di Irak, dan meminimalkan pentingnya serangan udara koalisi internasional yang dipimpin oleh AS.

Perlu dicatat bahwa Iran juga adalah sekutu utama Presiden Bashar al-Assad, dengan mengirim ribuan pasukannya dan pasukan Garda Revolusi untuk terlibat dalam perang melawan pejuang revolusi Suriah. (Skynewsarab/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/deplu-as-tuding-iran-terlibat-dalam-sejumlah-serangan-teroris-dunia-di-tahun-2014.htm/feed 0
Resensi Buku: Thaifah Manshurah yang Dijanjikan http://www.eramuslim.com/resensi-buku/99021.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/99021.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 06:30:08 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=99021 IMG_20150316_104339Akan senantiasa ada sekelompok orang di antara umatku yang berperang di atas perintah Allah. Mereka akan memukul mundur musuh dan tidak akan membahayakan mereka orang yang menyelisihi hingga datang kepada mereka hari kiamat, sedangkan mereka tetap dalam keadaan demikian.” (HR. Muslim)

Buku ini merupakan gabungan dari empat karya besar penulis yang terhimpun dalam Silsilah Al-Ghuraba’, yaitu:

(1) Al-Ghuraba’ Al-Awwalun, yang membahas keterasingan Islam dan pemeluknya pada generasi pertama menurut kajian Sirah Nabawiyah.

(2) Shifatul Ghuraba’ yang membahas sifat-sifat dan kekhususan Thaifah Manshurah (kelompok yang menang), Firqah Najiyah (Golongan yang Selamat), persamaan dan perbedaan antara keduanya, serta hubungannya dengan Ghuraba.

(3). Min Wasa’ili Daf’il Ghurbah, yang membahas sarana-sarana dalam mengenyahkan keterasingan Islam; dimulai dari dakwah dengan ilmu yang benar, amar makruf nahi mungkar, hingga puncaknya adalah Al-jihad fi Sabilillah.

(4) Al ‘Uzlah wa Al-Khulthah, yang membahs pilihan antara “isolasi diri” dan “berinteraksi dengan masyarakat” sebagai jalan terakhir dalam rangka merealisasikan sabar dan tsabat (keteguhan) di atas kebenaran.

Dengan kelengkapan uraian, sumber, literasi serta kedalam riset, buku ini layak dijuluki sebagai masterpiece bagi pecinta ilmu dan dunia aktivis Islam. Bahkan, untuk keempat buku ini -yang membahas tentang ‘uzlah dan khulthah- sampai-sampai Ketua Lembaga Riset Ilmiah, Fatwa, Dakwah, dan Bimbingan Islam Arab Saudi, menyempatkan diri meluangkan waktu khusus selama tiga bulan untuk menelaahnya.

Judul buku: Thaifah Manshurah

Karya: Syeikh Salman Al Audah

Harga: Rp 120,000 (belum termasuk ongkos kirim)

Bila ingin memesannya silahkan sms ke 085811922988 atau email ke marketing@eramuslim.com dengan menuliskan judul buku yang dipesan,  disertai nama pemesan dan alamat kirimnya.

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/99021.htm/feed 0
200 Ribu Orang Sesaki Masjid Al Aqsha Di Jum’at Pertama Ramadhan http://www.eramuslim.com/berita/200-ribu-orang-sesaki-masjid-al-aqsha-di-jumat-pertama-ramadhan.htm http://www.eramuslim.com/berita/200-ribu-orang-sesaki-masjid-al-aqsha-di-jumat-pertama-ramadhan.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 06:00:16 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106827 masjid al aqshaEramuslim – Sebanyak lebih dari 200 ribu umat Islam datang untuk menunaikan ibadah shalat Jum’at pertama di Masjid Al Aqsha, Palestina, termasuk lima ratus umat Muslim asal Jalur Gaza.

Seperti dilansir kantor berita AFP dari direktur lembaga Wakaf Al Quds, Sheikh Azzam al-Khatib, mengatakan, “Kami senang hari ini lebih dari 200 ribu umat Islam memenuhi Masjid suci ketiga setelah Al Haramain. Ini adalah bukti kepedulian mereka terhadap kiblat pertama umat Islam.”

Sheikh Azzam al-Khatib, “Yaa untuk pertama kalinya Zionis Israel mempermudah umat Islam untuk melakukan ibadah di Masjid Al Aqsha, akan tetapi ini saja tidak cukup. Kami ingin agar setiap umat Islam datang dengan mudah menunaikan ibadah di Masjid Al Aqsha tanpa adanya batasan usia ataupun peraturan lainnya,” mengacu pada pembebasan Palestina dari Zionis Israel.

Tercata ada sekitar 120 ribu jamaa’ah asal wilayah Tepi Barat Palestina yang datang untuk menunaikan shalat Jum’at pertama di Masjid.

Sementara itu di kota Mekkah Al Mukaromah, jutaan umat Muslim dikabarkan telah memenuhi Masjid sejak Jum’at (19/06) pagi untuk dapat menunaikan ibadah shalat Jum’at pertama mereka di Masjidil Haram. (Alarabiya/Ram)

Berikut foto-foto shalat Jum’at di Masjidil Aqsha dan Masjidil Haram;

Masjidil haram - suasana di dalam

Masjidil haram - suasana di luar

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/200-ribu-orang-sesaki-masjid-al-aqsha-di-jumat-pertama-ramadhan.htm/feed 0
Izzuddin Al Qassam Bunuh 2 Zionis Israel Di Wilayah Tepi Barat http://www.eramuslim.com/berita/palestina/izzuddin-al-qassam-umumkan-bertanggung-jawab-atas-pembunuhan-2-warga-zionis-israel-di-wilayah-tepi-barat.htm http://www.eramuslim.com/berita/palestina/izzuddin-al-qassam-umumkan-bertanggung-jawab-atas-pembunuhan-2-warga-zionis-israel-di-wilayah-tepi-barat.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 05:10:55 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106825 izzuddin al qassam 1Eramuslim – Sabtu 20 Juni 2015, Brigade Izzuddin Al Qassam mengumumkan bertanggung jawab atas serangan berdarah terhadap 2 warga Zionis Israel di sebelah barat Ramallah pada hari Jum’at (19/06) pagi waktu setempat.

Seperti dilansir kantor berita Aljazeera dari pengumuman resmi cabang Brigade Izzuddin Al Qassam di wilayah Tepi Barat menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas aksi serangan di dekat pemukiman Doph Israel, yang menewaskan seorang warga Zionis Israel dan melukai seorang lainnya.

Al Qassam menjelaskan bahwa serangan tersebut ditujukan untuk menanggapi operasi penangkapan dan pembunuhan warga Palestina yang dilakukan oleh militer Zionis Israel dalam waktu satu bulan terakhir.

Tercatat Izzuddin bin Gaza dari kota Jenin dan Abdullah Ghonimat adalah 2 warga Palestina terakhir yang syahid dibunuh tentara Zionis Israel menjelang bulan Ramadhan 1436 Hijriyah tiba. (Rassd/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/palestina/izzuddin-al-qassam-umumkan-bertanggung-jawab-atas-pembunuhan-2-warga-zionis-israel-di-wilayah-tepi-barat.htm/feed 0
Apa Hukumnya Berhijab Hanya Di Bulan Ramadhan Saja ??? http://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/apa-hukumnya-berhijab-hanya-di-bulan-ramadhan-saja.htm http://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/apa-hukumnya-berhijab-hanya-di-bulan-ramadhan-saja.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 04:20:57 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=106822 Muslims Mark World Hijab DayEramuslim – Pertanyaan hukum memakai jilbab di bulan Ramadhan saja? Banyak menjadi selanjutnya yang diajukan kepada lembaga fatwa Mesir “Darrul Ifta”.

Jawaban: Seorang wanita Muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala harus mematuhi perintah berhijab sesuai dengan Syar’ibaik di bulan Ramadhan ataupun bulan-bulan lainnya.

Bulan Ramadhan adalah bulan pendidikan dan pertobatan bagi setiap Muslim dan Muslimat, dimana hasil pendidikan di madrasah bernama Ramadhan selama 1 bulan penuh akan dapat kita liat hasilnya pada 11 bulan berikutnya.

Oleh karena itu hendaknya seorang Muslimah yang taat dan komitmen untuk terus berbuat kebajikan dalam bulan Ramadhan, maka wajib pula melaksanakan kebaikan dan kebajikan tersebut diluar bulan Ramadhan.

Dan dengan berusaha untuk selalu komitmen dalam ketaqwaan, semoga Allah menjadikan akhir hidup kita dengan husnul Khotimah. (Almasryalyoum/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/apa-hukumnya-berhijab-hanya-di-bulan-ramadhan-saja.htm/feed 0
Resensi Buku : Buku Penting, Ensiklopedi Aliran dan Madzhab Di Dunia Islam http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-buku-penting-ensiklopedi-aliran-dan-madzhab-di-dunia-islam.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-buku-penting-ensiklopedi-aliran-dan-madzhab-di-dunia-islam.htm#comments Sun, 21 Jun 2015 03:45:37 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=97485 DSC_0476Sebagai agama yang besar, sejarah Islam diwarnai dengan munculnya berbagai aliran dan madzhab yang tumbuh di negeri-negeri Muslim. Dengan berbagai corak pemikiran, tokoh, dan doktrin-doktrinnya, keberadaan aliran-aliran dan madzhab tersebut saling berebut pengaruh. Masing-masing berusaha menjaga eksistensi dengan terus menyebarkan paham-pahamnya.

Ada aliran-aliran yang menyimpang dan menjadi ‘duri dalam daging’ kaum muslimin, ada juga yang berusaha untuk menjaga agar umat ini tidak keluar dari koridor yang sudah digariskan oleh Allah dan Rasul-Nya. Semua ini perlu diketahui oleh umat Islam, agar bisa membedakan mana kelompok yang menyimpang dan mana yang berada di jalan yang lurus.

Ensiklopedi ini ditulis oleh para profesor dan doktor yang mumpuni di bidang akidah dan pemikiran, yang berusaha mengupas secara tuntas setiap aliran dan madzhab yang dibahas. Syiah, Khawarij, Mu’tazilah, Asy’ariyah, Maturudiyah, Wahabiyah, dan Azh-Zhahiriyah, adalah sebagian dari puluhan aliran dan madzhab yang dibahas dalam buku ini. sangat berharga jika Anda memilikinya!

Judul Buku : Ensiklopedi Aliran dan Madzhab Di Dunia Islam

Penulis: Tim Riset dan Studi Islam Mesir
Cover: Hard  Cover
Isi: 1164 halaman
Ukuran:15.5 x 24.5 cm
Berat:1400 gr
Harga:Rp 210.000,00 (Belum termasuk ongkos kirim)
Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan Judul Bukunya, nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-buku-penting-ensiklopedi-aliran-dan-madzhab-di-dunia-islam.htm/feed 0