Eramuslim http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Sun, 21 Dec 2014 04:53:52 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Natal, Sejarah Yang Tersembunyi (1) http://www.eramuslim.com/berita/laporan-khusus/natal-sejarah-yang-tersembunyi-1.htm http://www.eramuslim.com/berita/laporan-khusus/natal-sejarah-yang-tersembunyi-1.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 04:53:52 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91328 natal

Setiap menjelang akhir tahun, seluruh dunia tersihir oleh gempita menyambut Natal dan Tahun Baru. Banyak umat Islam yang ikut-ikutan tanpa mengetahui sejarah sesungguhnya dari perayaan ini. Bahkan banyak pula kalangan Non-Muslim yang juga tidak mengetahuinya. Apa yang sebenarnya terjadi sehingga 25 Desember dirayakan sebagai Hari Natal lengkap dengan berbagai aksesorisnya?

*

Secara etimologis, istilah “Natal” berarti “Kelahiran”. Ini diambil dari bahasa Portugis. Dalam bahasa Inggris, disebut “Christmas” yang berasal dari istilah “Mass of Christ”, atau “Hari Perayaan Kelahiran Yesus”. Istilah ini berasal dari ajaran Gereja Katolik Roma pada abad ke-4 M. Banyak yang tidak mengetahui jika perayaan ini sama sekali tidak ada dalilnya di dalam Alkitab.

“Pemeluk Kristen abad pertama sampai keempat pun tidak pernah merayakan Natal, baru pada abad kelima Natal dirayakan, “ demikian Herbert W. Amstrong, Pastur Worldwide Church of God (AS), di dalam bukunya “The Plan Truth About Christmas” (Worldwide Church of God, California, 1984).

“Para pemeluk Kristen sampai sekarang masih beselisih pendapat apakah Yesus dilahirkan pada 25 Desember, 6 Januari, atau 25 Maret,” ujar Amstrong lagi.

Asal-Usul Natal

Catholic Encyclopedia edisi 1911, dalam artikel berjudul “Natal Day”, mengatakan, “Di dalam Kitab Suci, tidak seorangpun yang mengadakan upacara atau menyelenggarakan perayaan untuk merayakan hari lahirnya Yesus. Hanya orang-orang kafir saja—seperti Firaun dan Herodes—yang biasa berpesta pora merayakan hari kelahirannya ke dunia ini.

Menurut Encyclopedia Americana (1944), “Pada abad-abad permulaan, Natal tidak pernah dirayakan oleh umat Kristen. Umat Kristen hanya merayakan hari kematian orang-orang terkemuka saja, dan tidak pernah merayakan hari kelahiran orang tersebut… Perayaan Natal yang dianggap sebagai hari kelahiran Yesus, mulai diresmikan pada abad ke empat Masehi. Pada abad kelima, Gereja Barat memerintahkan kepada umat Kristen untuk merayakan hari kelahiran Yesus, yang diambil dari hari pesta bangsa Roma yang merayakan hari “Kelahiran Dewa Matahari”. Sebab tidak seorangpun yang mengetahui hari kelahiran Yesus.”

Perayaan Natal memiliki akar keyakinan paganisme bangsa Roma Kuno. Natal berasal dari kepercayaan penyembahan berhala masyarakat Babilonia kuno di bawah Raja Nimrod (cucunya Ham, anak nabi Nuh). Nimrod, sang pendiri Menara Babel, membangun kota Babilonia, Niniweah, dan sebagainya, dan membangun sistem kehidupan, ekonomi dan dasar-dasar pemerintahan, yang seluruhnya didedikasikan sebagai pembangkangan terhadap Tuhan. Nimrod ini penguasa yang lalim dan mengawini ibu kandung­nya sendiri, Semiramis.

Setelah Raja Nimrod meninggal, Semiramis menyebarkan ajaran Nimrod jika roh Nimrod tetap hidup abadi walau jasadnya telah mati. Semiramis menunjuk pohon Evergreen yang tumbuh diatas sebatang pohon kavu yang telah mati, yang ditafsirkan oleh Semiramis sebagai bukti kehidupan baru bagi Nimrod.

Semiramis akhirnya membuat satu perayaan untuk mengenang hari kelahiran Nimrod tiap tanggal 25 Desember. Pada hari itu, Semiramis menghias pohon evergreen dan menggantungkan aneka bingkisan pada ranting-ranting pohon itu sebagai peringatan hari kelahiran Nimrod. Inilah asal usul Pohon Natal. Melalui pemujaan kepada Nimrod, akhirnya Nimrod dianggap sebagai “Anak Suci dari Surga’.

Dari perjalanan sejarah, pergantian generasi ke generasi, dari masa­kemasa, dan dari satu bangsa ke bangsa lainnya, perayaan ini diadopsi bangsa pagan Roma sebagai hari penyembahan terhadap Dewa Baal, anak Dewa Matahari, atau God of Sun. Hari sucinya hari Minggu yang disebut sebagai Sunday. Di hari Minggu inilah kaum pagan Roma melaksanakan ibadah.

Kepercayaan Babilonia yang menyembah “Ibu dan anak” (Semiramis dan Nimrod yang dibangkitkan kembali), menyebar luas dari Babilonia ke berbagai bangsa di dunia dengan cara dan bentuk berbeda-beda, sesuai dengan bahasa di negara-negara tersebut. Di Mesir dewa-dewi tersebut bernama Isis dan Osiris, di Asia bernama Cybele dan Deoius, di Roma bernama Fortuna dan Yupiter, juga di negara-negara lain seperti di China, Jepang, Tibet bisa ditemukan adat pemujaan terhadap dewi Madona. Ini terjadi jauh sebelum Yesus dilahirkan.

Akhirnya, pada abad ke-4 dan ke 5 Masehi, agama baru bernama “Kristen” lahir dan berkembang di Kekaisaran Romawi. Padahal Romawi telah memiliki sistem kepercayaan yang sangat kuat pada dewa dan dewi. Setiap tanggal 25 Desember, kaum pagan Romawi berpesta merayakan hari kelahiran anak Dewi Isis bernama Osiris (nama lain dari Semiramis dan Nimrod). Perayaan ini asing bagi Yesus dan orang-orang Kristen abad pertama, sebab itu dalam Alkitab kita tidak akan menemukan satu ayat pun yang menyatakan Yesus memerintahkan untuk merayakan Natal, sebab perayaan setiap tanggal 25 Desember, adalah perayaan agama Paganis (penyembah berhala) yang dilestarikan oleh umat Kristiani hingga kini.

New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge dalam artikel berjudul “Christmas” menulis, “Sungguh banyak tanggal perayaan yang terkait pada kepercayaan pagan Brumalia (25 Desember) sebagai kelanjutan dari perayaan Saturnalia (17-24 Desember), dan menjelang perayaan akhir tahun, serta festival menyambut kelahiran matahari baru. Adat kepercayaan pagan Brumalia dan Saturnalia yang sudah mendarah daging di masyarakat Romawi ini diadopsi kekristenan dengan mengubah sedikit jiwa dan ritualnya. Sebab itu, para pendeta Kristen di Barat dan Timur Dekat menentang prosesi perayaan kelahiran Yesus yang meniru agama berhala ini. Di samping itu, Kristen Mesopotamia menuding jika Kristen Barat telah mengadopsi ritual penyembahan terhadap Dewa Matahari.

Yang perlu diingat, menjelang abad pertama sampai abad keempat Masehi, dunia dikuasai Imperium Romawi yang paganis politeisme. Agama Kristen sendiri saat masih kecil dan berkembang, pemeluknya selalu dikejar-kejar penguasa Romawi. Namun setelah Konstantin naik tahta menjadi Kaisar, dan dia memeluk Kristen di abad ke-4 M, dia menempatkan Kristen sejajar dengan agama pagan. Namun karena rakyatnya sudah terbiasa merayakan hari kelahiran dewa-dewinya pada 25 Desember dengan pesta pora yang sangat disukai mereka, maka perayaan itu pun dilestarikan dengan memberi nama baru sebagai Hari Perayaan Kelahiran Yesus. Padahal tidak ada satu pun ayat dalam Alkitab yang menyatakan kapan tepatnya hari lahirnya Yesus. [bersambung/Ridyasmara]

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/laporan-khusus/natal-sejarah-yang-tersembunyi-1.htm/feed 0
Video : Parade Senjata Suku-Suku Yaman Untuk Hadapi Milisi Syiah Houthi http://www.eramuslim.com/berita/video-parade-senjata-suku-suku-yaman-untuk-hadapi-milisi-syiah-houthi.htm http://www.eramuslim.com/berita/video-parade-senjata-suku-suku-yaman-untuk-hadapi-milisi-syiah-houthi.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 03:36:12 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91320 suku-suku yamanSemakin menggilanya serangan milisi Syiah Houthi untuk menguasai sejumlah provinsi penting di Yaman, memaksa suku-suku Badui di provinsi Marib Yaman bersatu untuk melindungi wilayahnya provinsi dari serangan milisi Syiah Houthi.

Dalam parade militer pada hari Jum’at (19/12) kemarin, suku-suku Marib berjanji akan melindungi provinsi dari militan Houthi yang menguasai sebagian besar Yaman, termasuk ibukota Sana’a.

Menurut suku-suku badui Marib, “mereka telah melanggar perjanjian yang ditandatangani oleh pemimpin kelompok Syiah Houthi, Abdul Malik, pada bulan September lalu yang menyatakan akan mengakhiri unjuk rasa bersenjata.”

Perlu diketahui bahwa provinsi Marib adalah sebuah provinsi kaya minyak yang kini masih berada di tangan kekuasaan suku-suku Sunni Yaman. (Alarabiya/Ram)

Berikut cuplikan video tersebut :

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/video-parade-senjata-suku-suku-yaman-untuk-hadapi-milisi-syiah-houthi.htm/feed 0
Resensi Buku : Tafsir Al Azhar, Karya Besar Buya HAMKA http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-tafsir-al-azhar-karya-besar-buya-hamka.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-tafsir-al-azhar-karya-besar-buya-hamka.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 03:05:12 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91111 hamka11111Buya Hamka, sosok ulama Indonesia yang tak dipungkiri sepakterjangnya . Tafsir Al Quran 30 Juz yang  dinamakan Tafsir Al Azhar ia rampungkan, ditemani dinginnya jeruji besi, di masa kepemimpinan Soekarno.

Inilah kitab tafsir lengkap pertama (30 juz) yang ditulis oleh putera Indonesia. Sebuah karya besar yang sangat memukau, buah tangan Prof. Dr. HAMKA (Buya Hamka), ulama besar Nusantara. Almarhum HAMKA menjadikan karya teragungnya ini sebagai suatu ensiklopedia agama yang menandingi karya-karya tafsir yang lain.

HAMKA, adalah salah satu ulama besar dan sastrawan Indonesia. Ia pernah pula terjun ke dalam dunia politik.

HAMKA lahir di Maninjau, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908 dan meninggal di Jakarta, 24 Juli 1981 (73 tahun). Ayahnya juga seorang ulama, bernama Syekh Abdul Karim bin Amrullah (Haji Rasul), pelopor gerakan tajdid (reformasi Islam) di bumi Minangkabau.

Sebagai ulama, HAMKA pernah menjabat ketua Majelis Ulama Indonesia (1977-1981), tapi kemudian mengundurkan diri karena berselisih pandangan dengan pemerintah soal fatwa MUI tentang HARAM nya mengucapkan SELAMAT NATAL .

Sebuah tafsir yang seharusnya dipelajari oleh umat Islam Indonesia, karena kajian dalam tafsir tersebut berkesesuaian terhadap kondisi umat Islam di Indonesia. Selamat memiliki…

Judul Buku    : Tafsir Al Azhar, 30 Juz, 9 jilid tebal. Hard cover.

Karya              : Buya HAMKA

Penerbit          : Panjimas

Harga             : Rp 1.950.000 (Belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-tafsir-al-azhar-karya-besar-buya-hamka.htm/feed 0
Video : Oknum Polisi Iran Siksa Pengungsi Afghanistan http://www.eramuslim.com/berita/video-oknum-polisi-iran-siksa-pengungsi-afghanistan.htm http://www.eramuslim.com/berita/video-oknum-polisi-iran-siksa-pengungsi-afghanistan.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 02:50:23 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91316 penyiksaan pengungsi afghanSebuah video penyiksaan para pengungsi Afghanistan oleh seorang oknum petugas kepolisian Iran berpangkat tinggi menjadi perbincangan hangat di antara aktivis kemanusiaan dunia.

Dalam rekaman video berdurasi sekitar 3 menit tersebut, nampak seorang oknum polisi memaksa para pengungsi asal Afghanistan ini untuk melakukan penghormatan, latihan militer dan memaksa mereka untuk mengucapkan “Kami mencintaimu petugas Hazrat.”

Menurut data yang dikeluarkan PBB terdapat sekitar ada satu juta pengungsi Afghanistan yang kini terdapat di Iran, kebanyakan mereka adalah para pengungsi yang pergi pada tahun 2001 untuk menghindari invasi Amerika Serikat menggulingkan Taliban. (Skynewsarabia/Ram)

Berikut cuplikan video tersebut:

https://www.youtube.com/watch?v=vbjKM_B02d0

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/video-oknum-polisi-iran-siksa-pengungsi-afghanistan.htm/feed 0
Kesempatan Wakaf Al Quran Eramuslim Sesi #4 1436H http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 02:00:33 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=78437 quranwakafBerdasarkan banyak permintaan untuk melanjutkan program wakaf Al Quran yang biasa dilakukan setiap tahunnya, dan mengingat masih banyaknya  kebutuhan Al Quran bagi Masyarakat Muslim yang terus meningkat, apalagi untuk Muslim di daerah daerah dan Indonesia Bagian Timur.

Karena itu , kami mengajak para netter  kembali  berpartisipasi dan juga mendoakan bagi mereka yang telah ikut serta dalam gerakan wakaf ini, serta orang orang yang telah membantu mensukseskannya.

Gerakan Wakaf Al Quran ini terbuka bagi seluruh kaum muslimin, selanjutnya eramuslim akan menindaklanjuti sekaligus mewakili dalam menyalurkan setiap hak wakaf kepada kaum muslimin atau lembaga Islam yang membutuhkannya. Kami berharap gerakan wakaf ini terus berlanjut hingga tumbuh generasi Qur’an sejati.

Dengan hanya  Rp 130,000,- , Saudara seiman sudah mendapatkan 2 eksemplar Mushaf dengan ketentuan sebagai berikut :

2 Mushaf Al Quran Tajwid dan Terjemah  Ukuran (21 x 14.8 Cm), Hardcover Lux640 Halaman full color, Kertas khusus Al Quran, Khat Rasm Utsmani Madinah, Tajwid warna

Dalam Al Quran ada pelengkap penjelasan dalam  7 materi utama , yaitu Ibadah, Muamalah, Aqidah, Kisah para Nabi dan Rasul, sirah Nabi Muhammad SAW, Asmaul Husna, dan terapi Qurani yang dilengkap hadits hadits shahih.

Terdiri dari : 1 Mushaf standar Hak Pewakaf , 1 Mushaf untuk hak wakaf

Catatan Opsi Pengiriman : 

A.  Mushaf  hak Pewakaf dan hak wakaf dapat dikirimkan kepada alamat pewakaf bila pewakaf ingin menyalurkan sendiri , tentunya semua Mushaf tersebut di tambah ongkos kirimnya. atau

B.  Mushaf hak pewakaf dan hak wakaf, dapat semua diamanatkan kepada Eramuslim untuk mendistribusikan kepada yang berhak tanpa ongkos kirim. atau

C. Mushaf hak Pewakaf dikirimkan kepada pewakaf dengan tambahan ongkos kirim, dan Mushaf hak wakaf dapat diamanatkan langsung kepada eramuslim untuk mendistribusikan tanpa ongkos kirim.

Bagi yang  berminat mewakafkan Mushaf ini , silahkan mengirimkan sms ke 085811922988 , lengkap dengan :

Nama, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan sebutkan jumlah paket wakaf yang diinginkan dengan opsi pengirimannya (Opsi A, atau B, atau C).

Info rekening :

Bank syariah Mandiri, cabang Pondok Indah

Rek: 0040139003

Atas nama: eramuslim global media

]]>
http://www.eramuslim.com/wakaf/menyambut-ramadhan-semarakan-kembali-program-wakaf-al-quran-eramuslim-sesi-3.htm/feed 0
Delegasi Amerika : Dengan Gas Alam, Israel Akan Dekati Negara-Negara Arab http://www.eramuslim.com/berita/delegasi-amerika-dengan-gas-alam-israel-akan-dekati-negara-negara-arab.htm http://www.eramuslim.com/berita/delegasi-amerika-dengan-gas-alam-israel-akan-dekati-negara-negara-arab.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 01:50:44 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91308 tri kuartetUtusan Amerika Serikat untuk untuk urusan Energi di Timur Tengah, Amos Hostein, mengungkapkan bahwa pemerintah Tel Aviv akan menjadikan gas alam sebagai senjata untuk mendekatkan diri kepada negara-negara Arab yang bermusuhan dengan Israel.

Seperti dikutip surat kabar Yediot Ahronot dari Amos Hostein mengatakan bahwa Israel memiliki kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan sejumlah negara-negara Arab, melalui ekspor gas alam ke sejumlah negara kekuranagn energi seperti Mesir dan Jordan.”

Amos Hostein menegaskan bahwa ini adalah salah satu cara Israel untuk dapat mengakhiri perbedaan dengan negara-negara Arab, ditengah kebutuhan mereka terhadap energi.

Menurutnya memang cara ini tidak akan menjadi elemen penting dalam memperbaiki dan menrenggangkan tekanan yang diajukan oleh negara-negara di kawasan. Akan tetapi ini akan menjadi alat untuk mendorong hubungan yang lebih maju antara negara-negara Arab dengan Israel. (Dostor/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/delegasi-amerika-dengan-gas-alam-israel-akan-dekati-negara-negara-arab.htm/feed 0
Pengadilan Turki Rilis Surat Penangkapan Fathullah Gulen http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/pengadilan-turki-rilis-surat-penangkapan-fathullah-gulen.htm http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/pengadilan-turki-rilis-surat-penangkapan-fathullah-gulen.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 01:38:45 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91317 erdogan gulenPengadilan Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi tokoh Turki Fethullah Gulen, atas tuduhan dugaan konspirasi kudeta

“Saya tidak yakin  bahwa jaksa Turki dapat memiliki harapan  mendapatkan Gulen di Turki,” ujar Howard Eissenstat, seorang profesor sejarah di St. Lawrence University yang telah banyak menulis tentang Turki, mengatakan kepada New York Times, Sabtu 20 Desember.

Sebagian besar  media Turki melaporkan , pada hari Jumat, bahwa pengadilan Turki mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Gulen atas permintaan dari jaksa penuntut umum,  Hasan Yilmaz yang menuduh Fathullah Gulen memimpin sebuah organisasi kriminal.

Ancaman hukumannya disamakan dengan hukuman terhadap  operasi kelompok teroris bersenjata, yang diancam hukuman hingga 15 tahun penjara.

Hasan Yilmaz mengatakan bahwa “bukti nyata yang terbilang cukup yang menunjukkan bahwa Gulen melakukan kejahatan, data data tersebut dikumpulkan selama penyelidikan,” Guardian melaporkan.

Media resmi Anadolu News Agency melaporkan  bahwa jaksa mengatakan kepada pengadilan mereka bahwa mereka memiliki bukti yang  menunjukkan bahwa Gulen “telah melakukan kejahatan” tetapi ia tidak bisa dibawa paksa ke pengadilan  karena Gulen menetap di luar negeri.”

Surat perintah ini akan menjadi  dasar permintaan untuk melakukan ekstradisi kepada  Amerika Serikat.

Ditanya tentang surat perintah ekstradisi ini pada hari Jumat, Jen Psaki, juru bicara Departemen Luar Negeri, mengatakan, “Sebagai suatu kebijakan yang sudah berjalan lama (terhadap Gulen), Departemen Luar Negeri tidak mengomentari  permintaan ekstradisi atau mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa permintaan ekstradisi dapat dilakukan.”

Keputusan pengadilan Turki ini telah banyak dikritik dari kalangan sekuler Turki serta kelompok hak asasi Manusia.

Aliansi untuk Shared Values, sebuah kelompok nirlaba yang berfungsi sebagai wadah  organisasi yang berafiliasi dengan gerakan Hizmet, yang dipimpin oleh Fathullah Gulen di AS, telah mengeluarkan pernyataan yang mengkritik keputusan tersebut.

“Keputusan tidak terduga, itu sangat mengecewakan , melihat pemerintah secara terbuka menyalahgunakan kekuasaannya untuk memastikan  kontrol mutlak atas warganya,” pernyataan itu dikutip oleh surat kabar Zaman hari ini.

“Alih-alih mengakui Fathullah Gulen selama puluhan tahun tentang jasanya  tanpa pamrih dalam  mempromosikan demokrasi, pendidikan dan dialog, ternyata  Pemerintah Erdogan menggunakan tuduhan palsu untuk menindas dan melecehkan rakyatnya sendiri,” tambahnya.

Pada hari Jumat, pengadilan Turki juga menahan eksekutif media dan tiga orang lainnya, ditahan dalam penggerebekan pada hari Minggu karena media tersebut  memiliki hubungan dengan Gulen, dalam tahanan mereka semuanya dituduh sebagai anggota kelompok teroris.

Fathullah Gulen, 73 tahun , kini menetap  di Pennsylvania sejak tahun 1999, ia  melarikan diri dari Turki pada tahun 1990-an setelah dituduh merencanakan untuk menggulingkan pemerintah sekuler Turki.

Dakwaan terhadap dirinya dibatalkan pada tahun 2006, setelah pemilihan umum yang memunculkan PM terpilih  Recep Tayyip Erdogan dan kemenangan partai  Keadilan dan Pembangunan (AKP).

Hubungan Erdogan dan Gulen  meningkat dalam menangani kekuasaan di Turki sejak tahun 2002, meski mereka keduanya  beroperasi secara independen pada 1980-an dan 1990-an.

Kehadiran keduanya menghasilkan  harmoni  yang menciptakan “New Turki,” yang kehadirannya terasa di seluruh dunia, dari pendidikan hingga kebijakan luar negeri.

Namun demikian, ketegangan antara keduanya  menjadi perseteruan tahun lalu ketika Erdogan menuduh Gulen menghasut adanya penyelidikan korupsi yang melibatkan pejabat birokrasi  ,  penegak hukum, peradilan dan pengusaha kalangan elit.(OI/KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/pengadilan-turki-rilis-surat-penangkapan-fathullah-gulen.htm/feed 0
Resensi Buku : Inilah Tafsir Al Quran Karya Syeikh Aidh Al Qarni, Karyanya Laris di Pasaran http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-tafsir-al-quran-karya-syeikh-aidh-al-qarni.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-tafsir-al-quran-karya-syeikh-aidh-al-qarni.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 01:22:31 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73200

tafsirMelalui tafsir yang disajikan secara ringkas dan sederhana ini, Dr. `Aidh al-Qarni berharap semakin banyak orang yang dapat memahami kandungan al-Qur`an. Dalam kesederhanaannya, tafsir ini memberikan banyak kemudahan bagi pembaca untuk memahami makna dan kandungan setiap ayat, hubungan antar ayat, hukum-hukum syariat yang tersurat maupun yang tersirat dari setiap ayat, dan juga isyarat serta hikmah dari turunnya sebuah ayat atau sebuah surah.

Banyak hal rumit yang ditemui dalam kitab-kitab tafsir lain sengaja dihindari oleh penulis. Misalnya, penulis tidak menguraikan sebuah ayat dari aspek bahasanya—pilihan kata dan masalah tatabahasa (nahwu-sharaf)nya—hal ihwal satranya, maupun persoalan makna ayat-ayat mutasyâbih yang acap menjadi bahan perbedaan pendapat di kalangan ulama tafsir. Penulis juga menghindari cerita-cerita isra`iliyat, riwayat-riwayat yang lemah, dan berbagai riwayat yang masih diperselisihkan ke-otentikan-nya. Singkatnya, penulis langsung menuju kepada pokok persoalan dan mencoba memberikan kesimpulan secara jelas.

Kelebihan itulah yang akhirnya membuat tafsir ini terus cetak ulang, laris di pasaran, dan mulai diterjemahkan ke berbagai bahasa. Tercatat, edisi bahasa Arabnya sampai saat ini sudah terjual lebih dari 500.000 eksemplar.

Dr. `Aidh al-Qarni Lahir pada tahun 1379 H. Dikenal sebagai ulama yang tidak hanya aktif berdakwah, tetapi juga produktif menulis. Salah satu bukunya yang fenomenal dan menjadi buku yang sangat berpengaruh pada abad ini adalah buku Lâ Tahzan, Jangan Bersedih!

Selain hafal al-Qur`an kitab hadis Bulûgh al-Maram, 5000 hadis lain, dan lebih dari 10.000 bait syair Arab kuno hingga modern, beliau juga mendalami kitab-kitab tafsir klasik maupun kontemporer seperti tafsir Ibnu Katsir, ath-Thabari, al-Qurthubi, Zâdu al-Masîr, al-Kasysyaf karya az-Zamakhsyari, dan juga tafsir Fî Zhilâl al-Qur`ân karya Sayyid Quthb.

Kini, ulama yang telah menjalani dakwah Islam lebih dari seperempat abad ini masih mengajar pengajian hadis Mukhtashar al-Bukhari, Mukhtashar Muslim, al-Muntakhab, al-Lu`lu` wa al-Marjan dan juga mengajarkan ilmu akidah, sirah, fikih dalam pengajian-pengajiannya di berbagai tempat.

Judul Buku : Tafsir Muyassar (4 Jilid)
Penulis : Dr. `Aidh al-Qarni
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Harga : Rp. 400,000/set (Belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

 

***

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-tafsir-al-quran-karya-syeikh-aidh-al-qarni.htm/feed 0
Menlu Turki : Pelatihan Pejuang Moderat Turki Dimulai Maret 2015 Mendatang http://www.eramuslim.com/berita/menlu-turki-pelatihan-pejuang-moderat-turki-dimulai-maret-2015-mendatang.htm http://www.eramuslim.com/berita/menlu-turki-pelatihan-pejuang-moderat-turki-dimulai-maret-2015-mendatang.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 01:12:07 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91307 TURKEY-EUMenteri luar negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, menyatakan bahwa pelatihan pasukan revolusioner moderat Suriah akan dimulai sebelum bulan Maret tahun 2015 mendatang.

Dalam pernyataannya pada hari Jum’at (19/12) kemarin, Mevlut Cavusoglu mengatakan “Turki akan mulai melatih dan mempersenjatai pejuang moderat Suriah sebelum bulan Maret mendatang.”

Pelatihan ini merupakan kesepakatan antara pemerintah Ankara dengan Washington, dalam mendukung pejuang moderat Suriah menghadapi pasukan pemerintah Suriah.

Dalam kesepakatan yang berlangsung pada bulan Oktober lalu pemerintah AS berjanji akan mendukung para pejuang moderat Suriah, guna menjadikan kekuatan penyeimbang antara pasukan pemerintah dan milisi Negara Islam.

Selain di Turki, Arab Saudi menjadi negara pertama yang ditunjuk AS untuk melatih para pejuang moderat Suriah. (Skynewsarabia/Ram)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/menlu-turki-pelatihan-pejuang-moderat-turki-dimulai-maret-2015-mendatang.htm/feed 0
NWO, Untold History (1) http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/nwo-untold-history-1.htm http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/nwo-untold-history-1.htm#comments Sun, 21 Dec 2014 01:09:00 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=91305 nwoNWO adalah New World Order. Tatanan Dunia Baru. Dalam bahasa latin yang tercetak di mata uang US Dollar dinamakan “Novus Ordo Seclorum”. Bahasa Inggrisnya: New Order of the Ages. Dan banyak pula yang menyebutnya dengan “Novus Ordo Mundi”.

Di sini kita tidak bermain di tataran etimologis. Kita akan menyebutnya dengan satu frasa singkat yang sudah populer di dunia yaitu “NWO”, yang memiliki arti sebagai: “Satu Tatanan Dunia Baru yang dipimpin oleh satu kekuatan super power yang berada di atas negara-negara lainnya.” Dan para futurolog lebih menyukai istilah: Globalisasi. Dunia kita sekarang, kondisinya nyaris sudah seperti ini.

Terciptanya NWO tidak serta merta terjadi. Ada proses konspiratif yang panjang yang melibatkan kekuatan-kekuatan di balik layar yang memiliki banyak nama namun punya satu tujuan. Secara populer kita mengenal istilah Freemasonry, Illuminati, Kabbalah, Zionisme, Bilderberger, Rockefeller Citizen, Trilateral Comission, Club of Rome, Bohemian Grove, dan lain sebagainya.

Nah, masalahnya banyak di antara kita yang kurang memahami istilah-istilah ini dengan baik. Bahkan banyak orang yang mengaku sebagai sejarawan, dan juga penulis, yang secara ngawur menuding bahwa sesuatu itu adalah Illuminati atau sesuatu yang lain adalah Freemasonry. Terlebih jika sudah berbicara mengenai bahasa simbol.

Agar kita semua memiliki wawasan yang benar tentang NWO, dan juga kaitannya dengan sejarah Freemasonry dan Illuminaty serta yang lainnya, ada baiknya kita menelusuri sejarahnya yang memang tidak akan pernah diberikan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal, namun diberikan oleh kitab-kitab suci seluruh agama langit.

Eramuslim akan menuliskan serial terbarunya ini untuk Anda semua. Salah satu buku yang nantinya banyak dikutip adalah”Knights Templar Knights of Christ” (Rizki Ridyasmara, 2006) yang sekarang sudah tidak lagi dipasaran. Semoga dengan mengetahui sejarah panjang tentang konspirasi penguasaan dunia ini, kita bisa lebih cermat dan cerdas dalam menyikapi dunia dengan segala isinya. Tugas manusia hanya satu yakni tetap berada dalam ketauhidan selama jantung masih berdetak. Dan tugas iblis juga cuma satu yaitu mengeluarkan manusia dari jalan ketauhidan. Selamat menyimak.

*

Kisah Bermula

Semua agama langit di dalam kitab-kitab sucinya selalu memuat fragmen Adam dan Hawa (atau Eva) yang terusir dari Surga (Eden) sebagai awal muasal keberadaan manusia di bumi. Di dalam kitab suci Al-Qur’an surah Al-Baqarah dan beberapa surah lainnya, kisah tentang Adam dan Siti Hawa ini dimuat. Bahkan Ibnu Abbas meriwayatkan jika terusirnya Adam dan Hawa dari Surga diikuti oleh Iblis dan Ular.

Literatur Barat yang berpegangan pada Injil kitab Genesis (Kejadian), menyebutkan jika Adam dan Hawa memakan buah Apel atas bujukan iblis sehingga diusir dari Eden. Kelak di kemudian hari, simbol buah Apel yang tergigit akan menjadi salah satu simbol terpopuler di dunia. Salah satunya dipopulerkan oleh Macintosh, di mana komputer keluaran pertamanya dihargai sejumlah 666 dollar! Tentang sejarah simbol Apel dan kisah Apple-Macintosh dengan harga 666 dollarnya akan dibahas kemudian dalam rubrik baru eramuslim tentang Simbologi.

Di bumi, Adam dan Hawa beranak pinak, dan seiring jalannya waktu, akhirnya anak cucunya menyebar ke berbagai permukaan bumi. Sebagai manusia beriman, Adam dan Hawa berupaya agar anak cucunya menjalani hidup dengan lurus, mengikuti jalan ketauhidan, dan hanya menyembah kepada Allah Swt. Namun di sisi lain, iblis juga tidak tinggal diam. Sepanjang waktu iblis selalu mencari celah agar anak-cucu Adam bisa menjauhi ketauhidan dan menjadi bagian dari kelompok pengikutnya.

Waktu terus bergulir, bumi terus berputar dan siang serta malam silih berganti. Dari bulan, tahun, hingga bilangan abad. Akhirnya anak cucu Adam telah menyebar ke berbagai belahan bumi. Dan selaras dengan sunnatullah, ada yang tetap dalam keimanannya dan ada pula yang ingkar. Ada segolongan manusia yang tetap memelihara ketauhidan di dalam hatinya, dan ada pula yang mencari tuhan-tuhan lain selain Allah azza wa jalla. Yang terakhir ini adalah mereka yang tertipu oleh bujuk rayu iblis sebagaimana Adam dan Hawa pernah tertipu di Surga.

Entah pada tahun keberapa sebelum masehi, dari berbagai peninggalan purba yang diketemukan oleh para arkeolog di masa sekarang, diketemukan fakta jika pada suatu massa manusia-manusia di bumi ini telah memiliki sistem kepercayaan yang nyaris serupa yaitu melakukan penyembahan terhadap Ular dan Matahari. Ritual penyembahan terhadap Ular bisa ditemui di Mesir Kuno seperti yang terdapat di bagian depan mahkota para Firaun dan juga kisah di dalam Al-Quran tatkala Musa a.s. ketika melawan pasukan penyihir Firaun.

Selain di Mesir Kuno, ritual penyembahan Ular juga ditemukan di Pompeii Italia, Suku Aztec di Amerika tengah, di Yunani, dan juga Persia. Coba bayangkan, di zaman purba ketika bumi masih gelap gulita, listrik belum diketemukan, alat transportasi massal belum ada dan alat komunikasi yang bisa menghubungkan antar benua juga belum ada, manusia-manusia di berbagai belahan dunia yang letak geografisnya saling berjauhan bisa memiliki sistem kepercayaan yang sama terhadap Ular. Mereka menuhankan Ular, binatang yang sampai sekarang dianggap sebagai personifikasi Iblis atau Setan.

High Priestess Maxine Dietrich di dalam artikel berjudul “Teaching of Ancient Egypt: The Brotherhood of the Snake” (2002) menulis, “Setan membentuk kelompok persaudaraan ular bagi para manusia pengikutnya agar mereka bisa merasakan kondisi kejiwaan dan spiritual tingkat tertinggi”.

Oleh para ahli, Persaudaraan Ular atau Brotherhood of Snake ini diyakini berada di balik rezim-rezim thagut seperti Para Pendeta Amon yang berada di belakang Firaun, yang membunuhi para Nabi Allah Swt, yang menghasut King Harodes agar memburu Isa a.s., dan di dalam sejarah modern mereka pula yang diyakini menghasut Paus Urbanus II agar mengibarkan bendera Salib untuk merebut Yerusalem.

Selain penuhanan terhadap Ular, Iblis juga menciptakan sistem penuhanan terhadap Matahari. Sistem kepercayaan ini juga didapati di berbagai belahan dunia pada zaman purba. Antara lain di Irak, Persia, Yunani Kuno, Roma Pagan, Mesir Kuno, Amerika Selatan, Jepang, dan Syiria. (bersambung/Rizki Ridyasmara)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/nwo-untold-history-1.htm/feed 0