Eramuslim http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Wed, 20 Aug 2014 06:30:47 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Resensi Buku : Inilah Ulama yang Patut Ditauladani , Pelajari Biografi 60 Ulama Ahlussunnah http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-ulama-yang-patut-ditauladani-pelajari-biografi-60-ulama-ahlussunnah.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-ulama-yang-patut-ditauladani-pelajari-biografi-60-ulama-ahlussunnah.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 06:30:47 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=55915 biografi 60Membaca biografi ulama ulama besar Ahlus Sunnah wal jamaah adalah di antara sumber inspirasi paling penting untuk menjadi pribadi lebih baik, kuat, unggul, mengobarkan semangat, menumbuhkan harapan dan terus berkarya. Dan buku yang kami tawarkan ini, memaparkan secara rinci dan apik biografi 60 ulama dari mereka yang palin fenomenal dan paling otoritatif dalam sejarah Islam.

Mereka sebagiannya adalah : Said bin Jubair, al Hasan al Bashri, Abu Hanifah, Sufyan ats tsauri, Abdullah bin Al Mubarak, Al Fudhail bin Iyadh, Asy Syafi’I, Ahmad bin Hambal, Al Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ar Razi, At Tirmidzi, An Nasai, At Thabari, Al Hakim, Al Baihaqi, Ibnul Jauzi, An Nawawi, Ibnu Taimiyyah, Ibnu Qayyim al jauziah, …dan nama nama besar ulama lainnya…

Mereka semua adalah teladan dalam iman dan Islam serta figure sejati dalam ilmu dan ibadah. Mereka telah menorehkan nama besar mereka dalam sejarah dengan tinta emas; dan kita tinggal mengambil hal hal baik dari catatan hidup dan pengabdian mereka. Buku ini layak dibaca semua kalangan; terlebih mereka yang mencari figure figure sejati.

Judul : Biografi 60 Ulama ahlul Sunnah

Penulis : Syaikh Ahmad Farid

Jumlah Halaman : 956 halaman

Penerbit : darul Haq

Harga  : Rp 130,000/eksemplar (di Luar ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-ulama-yang-patut-ditauladani-pelajari-biografi-60-ulama-ahlussunnah.htm/feed 0
Hedley Churchward, Orang Inggris Pertama yang Naik Haji http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/hedley-churchward-orang-inggris-pertama-yang-naik-haji.htm http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/hedley-churchward-orang-inggris-pertama-yang-naik-haji.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 06:15:00 +0000 http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/hedley-churchward-orang-inggris-pertama-yang-naik-haji.htm Tahukah anda? Pada tahun 1910 telah ada Muslim asli Inggris yang telah menunaikan ibadah haji, yaitu Hedley Churchward yang sejak masuk Islam berganti nama menjadi Mahmoud Mobarek, telah menjadi orang Inggris pertama yang tercatat dalam sejarah yang menunaikan rukun Islam yang kelima yaitu naik Haji.

Abdulhakim Murad, seorang dosen dari Universitas Cambridge departemen Studi Islam, menceritakan kisah menarik peristiwa masuk Islamnya Hedley Churchward yang tercatat sebagai muslim pertama kelahiran Inggris yang melakukan ibadah haji dengan menempuh perjalanan selama lima bulan ke Ka’bah.

Hedley Churchward (Mahmoud Mobarek) lahir menjadi salah satu dari keluarga yang paling terkenal di Inggris, keluarganya memiliki rumah paling tua kedua (berusia lebih dari 700 tahun) di Inggris. Hedley Churchward juga memiliki bakat seni yang diakui orang sejak dirinya berusia dini. Bidang spesialisasi nya adalah melukis pemandangan untuk pentas teater dan di tahun 1880-an, ia menjadi terkenal dengan lukisannya.

Pada perjalanannya yang penuh inspirasi dengan melewati Spanyol, Churchward sangat terkagum-kagum untuk pertama kalinya melihat keindahan arsitektur Islam sisa-sisa peninggalan kebesaran Islam Andalusia dan dari Spanyol ia kemudian melanjutkan perjalanan menyeberang ke Maroko di mana disana ia terkesan dengan kemurnian dan kelembutan gaya hidup Islam masyarakat Maroko. Setelah beberapa saat perjalanannya di Maroko, Hedley Churchward membuat kepetusan yang sangat mengejutkan bagi keluarganya: Ia memutuskan untuk bersyahadat dan menyatakan diri masuk Islam.

Bagi seorang mualaf – Churchward memiliki prestasi besar dalam bidang studi Islam. Dirinya belajar di universitas Al-Azhar selama bertahun-tahun dan menjadi seorang pendakwah dan dosen terkemuka dalam mata kuliah Sirah di Qadi Akademi.

Sewaktu di Kairo, Mahmoud Churchward yang mempunyai bakat seni melukis – ditugaskan untuk menghiasi salah satu masjid di kota itu. Atas banyak jasanya, Presiden Afrika Selatan pada waktu itu – Paul Kruger – sebagai tanda terima kasih kepada Churchward – dirinya memberikan izin untuk pembangunan masjid pertama di Witwatersrand, Afrika Selatan. Churchward menikah dengan seorang wanita Mesir, yang merupakan putri dari salah satu ahli hukum Syariah terkemuka Al-Azhar.

Sejak dirinya masuk Islam, ia telah berpikir dan merasa bahwa ia belum sepenuhnya terintegrasi dengan Islam. Hingga akhirnya Churchward memutuskan untuk pergi ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah Haji dalam upaya untuk melengkapi Rukun Islam.

Abdulhakim Murad menceritakan pikiran dan perasaan yang mendalam Churhward atas perjalanannya ke Mekkah melalui pernyataan Churchward sendiri:
“Suatu malam, ketika aku berjalan di sepanjang Piramida yang menjulang di waktu matahari terbenam,dan melihat kaki langit di belakang kota Kairo yang menerawangi senja wilayah Afrika, aku memutuskan untuk melaksanakan niatku yang seharusnya aku lakukan sejak aku menjadi seorang Muslim – aku akan pergi ke Ka’bah di Mekah. ”

Pada tahun 1910 dalam situasi sosial politik yang kurang menguntungkan, niat tulusnya untuk melaksanakan ibadah haji harus melalui pembuktikan, karena secara syariah non-muslim dilarang untuk masuk ke perbatasan Mekkah. Churchward harus menjalani ujian soal pengetahuan Islam selama tiga jam yang dilakukan oleh seorang Qadhi Mesir untuk mengetahui pemahaman keIslamannya. Setelah berhasil ujian, ia mendapatkan ‘paspor keagamaan’ yang didukung oleh Qadhi seorang pimpinan ulama dari kekhalifahan Utsmaniyah waktu itu dan banyak ulama terkemuka dan para imam yang membantu dirinya untuk mengatasi kemungkinan hambatan birokrasi selama perjalanannya menuju Baitullah.

Churchward berangkat dari Afrika Selatan (Johannesburg) menuju Mekkah pada tahun 1910. Dia menjalani perjalanan yang sangat melelahkan dengan menaiki kapal uap melalui Bombay.

Di pelabuhan Sudan Suakin, ia berkunjung ke kedutaan Inggris dan diberitahu bahwa ia tidak akan diizinkan untuk turun di Jeddah. Namun, ia mampu menyelesaikan persoalan itu, di mana ia menghubungi pejabat Utsmani dan tidak mengalami masalah sedikitpun. Di sana ia juga berkomunikasi dengan biro panduan haji dan mereka berangkat ke Kota Suci dengan dua keledai di malam berikutnya.

Abdulhakim Murad juga menceritakan banyak rintangan yang dilalui oleh Churchward dalam melakukan perjalanan menuju Mekkah. Dalam perjalanannya melintasi gurun pasir, ia sempat diserang oleh sekelompok Arab baduy yang ingin merampok kafilahnya, namun Churcward mampu melewati situasi yang berbahaya tersebut di tengah panas terik gurun pasir dan perjalanan yang melelahkan dengan sukses.

Meyakini bahwa Allah akan mengatur segalanya  yang terbaik untuknya, akhirnya ia dan rombongannya tiba di Tanah Suci. Perjalanan selama lima bulan Churchward menuju ke Tanah Suci selesai sewaktui Churchward dan rombongannya menginjakkan kaki di Ka’bah, Rumah Allah.

Dan Mahmoud (Churchward) Mobarek adalah Muslim Inggris pertama yang naik haji dan melihat Ka’bah pada tahun 1910 dan sangat dihormati karena menjadi orang Inggris pertama yang menjadi tamu Allah.(fq/berbagai sumber)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/hedley-churchward-orang-inggris-pertama-yang-naik-haji.htm/feed 0
Perbedaan Mu’min dengan Kafir http://www.eramuslim.com/suara-langit/kehidupan-sejati/perbedaan-mu-min-dengan-kafir.htm http://www.eramuslim.com/suara-langit/kehidupan-sejati/perbedaan-mu-min-dengan-kafir.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 06:05:13 +0000 http://www.eramuslim.com/suara-langit/kehidupan-sejati/perbedaan-mu-min-dengan-kafir.htm petunjuk jalan buku

Saudaraku, sungguh berbeda sikap, perasaan dan perilaku seorang mu’min dibandingkan seorang kafir. Bila seorang beriman melakukan suatu kegiatan maka di dalam hatinya hadir harapan untuk meraih hasil kegiatannya di dunia sekaligus di akhirat. Dan Nabi menjamin bahwa kedua kebaikan ini pasti didapat oleh seorang mu’min sebagai balasan atas kegiatannya itu. Adapun seorang kafir boleh jadi mendapat balasan perbuatannya di dunia, namun di akhirat ia tidak akan memperoleh balasan apapun selain siksaan dan penderitaan berkepanjangan. Semua itu dialaminya sebagai akibat dari kekafirannya kepada Allah dan agama Allah. Perhatikanlah sabda-sabda Nabi di bawah ini:

إِنَّ الْكَافِرَ إِذَا عَمِلَ حَسَنَةً أُطْعِمَ بِهَا طُعْمَةً مِنْ الدُّنْيَا وَأَمَّا الْمُؤْمِنُ

فَإِنَّ اللَّهَ يَدَّخِرُ لَهُ حَسَنَاتِهِ فِي الْآخِرَةِ وَيُعْقِبُهُ رِزْقًا فِي الدُّنْيَا عَلَى طَاعَتِهِ

”Seorang kafir jika berbuat kebaikan di dunia, maka segera diberi balasannya di dunia.Adapun orang mu’min jika berbuat kebajikan, maka tersimpan pahalanya diakhirat di samping rizqi yang diterimanya di dunia atas keta’atannya.” (Muslim 5023)

إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مُؤْمِنًا حَسَنَةً يُعْطَى بِهَا فِي الدُّنْيَا وَيُجْزَى بِهَا

فِي الْآخِرَةِ وَأَمَّا الْكَافِرُ فَيُطْعَمُ بِحَسَنَاتِ مَا عَمِلَ بِهَا لِلَّهِ فِي الدُّنْيَا

حَتَّى إِذَا أَفْضَى إِلَى الْآخِرَةِ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَةٌ يُجْزَى بِهَا

”Sesungguhnya Allah tidak menganiaya (mengurangi) seorang mu’min hasanatnya, diberinya di dunia dan dibalas di akhirat. Adapun orang kafir, maka diberi itu sebagai ganti dari kebaikan yang dilakukannya di dunia, sehingga jika kembali kepada Allah, tidak ada baginya suatu hasanat untuk mendapatkan balasannya.” (Muslim 5022)

Sedangkan ayat berikut ini dengan jelas menggambarkan bahwa orang kafir tidak akan memperoleh balasan kebaikan apapun di akhirat kecuali siksa neraka. Kendati demikian, Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang tetap berlaku adil dengan menjanjikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan dirugikan.

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ

فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ

فِي الْآَخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan” (QS Hud15-16)

Tetapi apalah artinya balasan di dunia jika harus menderita di akhirat selamanya. Persis seperti kelakuan pasukan Israel yang mengira bahwa mereka memperoleh kemenangan dengan membantai rakyat Palestina menggunakan mesin perang modern buatan AS. Mereka berbuat sekehendaknya dan merasa penuh kuasa tanpa rasa bersalah sedikitpun menghabisi anak-anak dan kaum wanita Palestina. Mereka berbuat demikian karena hanya memahami kehidupan sebatas dunia fana ini. Mereka samasekali tidak peduli dan tidak percaya akan adanya kehidupan akhirat. Andai mereka benar-benar percaya akan keberadaan kehidupan akhirat, niscaya mereka tidak akan bertindak sebrutal yang mereka pertunjukkan. Kalaupun mereka dianggap menang sesungguhnya kemenangannya sebatas di dunia belaka. Sedangkan di akhirat nanti mereka ditunggu oleh siksa api neraka.

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَنْ

نُرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلَاهَا مَذْمُومًا مَدْحُورًا

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.”(QS Al-Israa ayat 18)

]]>
http://www.eramuslim.com/suara-langit/kehidupan-sejati/perbedaan-mu-min-dengan-kafir.htm/feed 0
Kaum Kafir Alami Kekekalan Siksaan Neraka http://www.eramuslim.com/hadits/kekekalan-siksaan-bagi-penghuni-neraka-dari-kaum-kafir.htm http://www.eramuslim.com/hadits/kekekalan-siksaan-bagi-penghuni-neraka-dari-kaum-kafir.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 03:54:18 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=59124 shirathNeraka mempunyai tingkatan-tingkatan, sebagian  berada di bawah sebagian yang lain. Al-Qur’an dan hadis telah menjelaskan hal ini.

Dari Samurah bin Jundab ra bahwa Nabi SAW bersabda,”Di antara mereka yang diambil oleh neraka hingga kedua mata kakinya, di antara mereka yang diambil oleh neraka hingga kedua lututnya, di antara mereka yang diambil oleh neraka hingga tengah tubuhnya, dan di antara mereka yang diambil oleh neraka hingga tulang selangkangannya.” (HR Muslim)

Dari Abu Said ra bahwa Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya siksa penghuni neraka yang paling ringan adalah seseorang yang memakai dua sandal dari api yang otaknya mendidih karena dua sandal ini walaupun siksa neraka cukup dengan ini. Di antara mereka ada yang sampai kedua lututnya walaupun siksa neraka cukup dengan ini, di antara mereka ada yang sampai ujung hidungnya walaupun siksa neraka cukup dengan ini, Di antara mereka ada yang sampai dadanya walaupun siksa neraka cukup dengan ini, dan dia antara mereka ada yang seluruh tubuhnya disiksa dengan api.” (HR Imam Ahmad dan Musnad)

7:40
7:41

“Sesungguhnya orang orang yang mendustakan ayat ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, tidak akan dibukakan pintu pintu langit bagi mereka dan mereka tidak akan masuk surga, sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang orang yang berbuat jahat. Bagi mereka tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang orang yang zalim (QS Al A’raf 40-41)

- Mahir Ash Shufiy-

                  

]]>
http://www.eramuslim.com/hadits/kekekalan-siksaan-bagi-penghuni-neraka-dari-kaum-kafir.htm/feed 0
Resensi Buku : Karya Fenomenal Imam Ibnu Qayyim Al jauziah Jawabul Kafi, Tentang Hati dan Cinta http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-karya-fenomenal-imam-ibnu-qayyim-al-jauziah-tentang-cinta.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-karya-fenomenal-imam-ibnu-qayyim-al-jauziah-tentang-cinta.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 03:00:35 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=62905 hati al jauzySuatu hari dihadapkanlah kepada Ibnu Abbas seorang pemuda kurus kering hingga tampak  seperti tulang berbalut kulit, beliau pun bertanya,”Ada apa gerangan dengan pemuda ini? Orang orang menjawab ,” Ia sedang dilanda mabuk cinta,” Lantas Ibnu Abbas segera memohon perlindungan pada Allah dari “Mabuk Cinta” sepanjang umurnya.

Ishaq bin Ibrahim berkata :

“Ruh orang orang yang mencintai itu wangi nan lembut. Badan mereka tipis dan ringan . Hiburan mereka adalah persahabatan . Kata kata mereka menghidupkan hati dan menambah kecerdasan akal . Kalau saja bukan  karena cinta , tentu kenikmatan dunia ini tidak ada lagi.”

Cinta, sesuatu yang bermula dari hati, apabila ia dikelola dengan cara yang benar , tentunya akan mengantarkan pemiliknya menuju kebahagiaan . Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya, tentu ia akan menyeret pemiliknya menuju kehancuran.

Al Jawabul Kafi : Solusi  menhatasi masalah hati, sebuah kitab fenomenal karya Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah, seorang ulama, pakar masalah hati, ahli tafsir, ahli hadits, dan sederet  ilmu syar’I lainnya yang tidak dapat diragukan lagi kedalaman dan keluasan ilmunya. Seperti judulnya, buku ini akan memandu pembaca mengelola  hati dengan lebih baik. Dilengkapi contoh contoh berbagai permasalahan  hati dan tentunya tak lupa solusi untuk mengobatinya.

Ingin membaca lebih lanjut…silahkan memesan dan memiliki buku tersebut…
Judul buku : Al Jawabul Kafi
Penulis  : Imam Ibnu Qayyim al Jauziyah
Penerbit : Al Qowam
Harga  : Rp. 110.000 (di luar ongkir)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-karya-fenomenal-imam-ibnu-qayyim-al-jauziah-tentang-cinta.htm/feed 0
Jadikan Nilai Diri Anda Senilai Surga http://www.eramuslim.com/oase-iman/jadikan-nilai-diri-anda-senilai-surga.htm http://www.eramuslim.com/oase-iman/jadikan-nilai-diri-anda-senilai-surga.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 03:00:31 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=50279 Seorang penyair berkata,

Jiwaku yang punya sesuatu akan pergi, mengapa aku harus menangisi sesuatu yang harus pergi.

Dunia dengan emas dan peraknya, dengan jabatan dan rumah megahnya, maupun dengan istananya, tidak berhak mengalirkan setetes pun air mata kita. Diriwayatkan oleh At Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dunia ini terkutuk, semua yang ada di dalamnya terkutuk, kecuali dzikir kepada Allah, hal hal yang bersangkutan dengan dzikir kepada Allah, hal hal yang bersangkutan dengan dzikir, seorang’alim dan seorang pelajar.’

Dunia dan kekayaan itu sebenarnya tak lebih dari barang titipan, demikian yang dikatakan oleh Labib,

“Harta dan keluarga tak lain adalah barang titipan, dan suatu saat barang titipan itu akan dikembalikan.”

Uang milyaran, rumah rumah megah, dan mobil mobil mewah tidak akan menangguhkan kematian seorang hamba. Demikian dikatakan oleh Hatim Ath Thai,

“Demi hidupmu, kekayaan tak akan memberi manfaat kepada seorangpun ketika dada sudah tersengal dan sesak.”

Oleh sebab itulah kalangan bijak Bestari mengatakan,”Tetapkan harga sesuatu itu secara rasional, sebab dunia dan seisinya tidak lebih murah dari jiwa seorang mukmin.”

“Dan, tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main main.” (QS Al Ankabut 64)

Hasan Al Bashri mengatakan, “ Jangan tetapkan harga dirimu kecuali dengan surga. Jiwa orang yang beriman itu mahal, tapi sebagian mereka justru menjualnya dengan harga yang murah.”

Orang orang yang menangis meraung raung karena kehilangan harta mereka, karena rumah mereka yang hancur, dank arena mobil mobil mereka yang terbakar, yang tidak menyesali dan bersedih atas merosotnya nilai keimanan mereka, atas dosa dosa mereka, dan atas sikap sikap mereka yang memandang sebelah mata terhadap nilai ketaatan kepada Rabb mereka, niscaya akan menyadari bahwa mereka tidak ada nilainya jika diukur dengan apa yang mereka tangisi, dan akan menyesali apa yang mereka lakukan. Letak permasalahannya, adalah permasalahan nilai, idealisme,  sikap dan misi hidup.

“Sesungguhnya mereka orang kafir menyukai kehidupan dunia dan mereka tidak memperdulikan kesudahan mereka, pada hari yang berat (hari kiamat) (QS Al Insan 27) – Al Qarni -

]]>
http://www.eramuslim.com/oase-iman/jadikan-nilai-diri-anda-senilai-surga.htm/feed 0
Manfaat Shalat Dhuha http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/apa-manfaat-sholat-dhuha.htm http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/apa-manfaat-sholat-dhuha.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 01:57:38 +0000 http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/apa-manfaat-sholat-dhuha.htm sigitAss Ustad,,,,

saya mau bertanya apa manfaat sholat dhuha & apa saja makna dari sholat dhuha tersebut???

oya satu lagi ustad,,,apakah di perbolehkan jika kita jarang untuk sholat subuh tapi untuk sholat dhuha kita sering melakukannya….(hampir tiap hari sholat dhuha )

sekian dulu pertanyaan dari saya ustad,,,

Ass…

Hamba Allah

Waalaikumussalam Wr Wb

Ada yang mengatakan bahwa shalat dhuha juga disebut shalat awwabin. Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa keduanya berbeda karena shalat awwabin waktunya adalah antara maghrib dan isya.

Waktu shalat dhuha dimulai dari matahari yang mulai terangkat naik kira-kira sepenggelah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu zhuhur meskipun disunnahkan agar dilakukan ketika matahari agak tinggi dan panas agak terik.

Adapun diantara keutamaan atau manfaat shalat dhuha ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,”Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

Juga apa yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud dari Buraidah bahwa Rasulullah saw bersabda,”Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk tiap ruas tulang tersebut.” Para sahabat bertanya,”Siapakah yang mampu melaksanakan seperti itu, wahai Rasulullah saw?” Beliau saw menjawab,”Dahak yang ada di masjid, lalu pendam ke tanah dan membuang sesuatu gangguan dari tengah jalan, maka itu berarti sebuah sedekah. Akan tetapi jika tidak mampu melakukan itu semua, cukuplah engkau mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

Didalam riwayat lain oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh berkata,”Nabi saw kekasihku telah memberikan tiga wasiat kepadaku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, mengerjakan dua rakaat dhuha dan mengerjakan shalat witir terlebih dahulu sebelum tidur.”

Jumhur ulama mengatakan bahwa shalat dhuha adalah sunnah bahkan para ulama Maliki dan Syafi’i menyatakan bahwa ia adalah sunnah muakkadah berdasarkan hadits-hadits diatas. Dan dibolehkan bagi seseorang untuk tidak mengerjakannya.

Berbeda dengan shalat shubuh maka tidak ada perbedaan dikalangan ulama bahwa ia adalah wajib bagi setiap muslim untuk melaksanakannya dan berdosa jika ditinggalkan. (baca : Cara Mengganti Shalat Yang Ditinggalkan).

Dengan demikian tidak dibenarkan bagi seorang yang hanya mengerjakan shalat dhuha yang kedudukannya sunnah sementara dirinya meninggalkan shalat shubuh yang kedudukannya lebih tinggi darinya yaitu wajib.

Wallahu A’lam

-Ustadz Sigit Pranowo Lc-

Bila ingin memiliki  karya beliau dari  kumpulan jawaban jawaban dari Ustadz Sigit Pranowo LC di Rubrik Ustadz Menjawab , silahkan kunjungi link ini :

Resensi Buku : Fiqh Kontemporer yang membahas 100 Solusi Masalah Kehidupan…

]]>
http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/apa-manfaat-sholat-dhuha.htm/feed 0
Resensi Buku : Dalam 60 Hari BISA Terjemahkan Al Quran Sendiri http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-dalam-60-hari-bisa-terjemahkan-al-quran-sendiri.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-dalam-60-hari-bisa-terjemahkan-al-quran-sendiri.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 01:15:49 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=74292

60Selain telah teruji selama lebih dari 10 tahun oleh penulisnya sendiri, “Metode al-Huda” ini juga sudah terbukti memudahkan banyak orang awam yang mulanya tidak bisa menerjemahkan Al-Qur’an sama sekali, menjadi lebih paham dengan baik, tanpa membaca terjemahan.

Memudahkan Anda yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan cepat. Perpaduan antara teori dan praktiknya yang seimbang. Teorinya sistematis, mendasar dan mudah dipahami, ditambah dengan praktiknya yang banyak dan terus menerus, dengan satu per satu menerjemahkan penggalan ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah dipilih

Ingin mencoba, silahkan miliki bukunya…

Judul Buku  : 60 Hari bisa menerjemahkan Al Quran sendiri

Karya          : Ustadz Ahmad Huseno. SS

Harga         : Rp 75,000,- (Belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

 

 

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-dalam-60-hari-bisa-terjemahkan-al-quran-sendiri.htm/feed 0
Militer Syiah Irak Lancarkan Serangan untuk Tekan Posisi IS di Tikrit http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/militer-syiah-irak-lancarkan-serangan-untuk-tekan-posisi-is-di-tikrit.htm http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/militer-syiah-irak-lancarkan-serangan-untuk-tekan-posisi-is-di-tikrit.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 01:11:14 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=82048 iraq forcesPasukan Syiah Irak melancarkan operasi militer pada hari Selasa 19 Agustus untuk mendorong balik pejuang Islamic State  dari kota  Tikrit, kampung halaman mantan diktator  Saddam Hussein, menurut kantor berita Reuters.

Pasukan Syiah Irak bergerak maju dari arah selatan tapi diperlambat oleh ranjau darat IS ,  dan penembak jitu di arah barat, seorang mayor angkatan darat Syiah Irak  mengatakan.

Pasukan Irak dan Kurdi telah lancarkan operasi militer setelah dibantu oleh  serangan udara AS  - yang diluncurkan terhadap gerilyawan Islamic State di Irak Utara .

Sementara itu, badan pengungsi PBB mengatakan pihaknya melancarkan operasi bantuan besar besaran  untuk memasok ke lebih dari setengah juta orang yang terdiri dari warga Syiah, Yazidi dan warga Kristen Irak yang mengungsi karena tidak menyetujui membayar Jizyah kepada pihak IS.(Arby/Dz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/militer-syiah-irak-lancarkan-serangan-untuk-tekan-posisi-is-di-tikrit.htm/feed 0
AS Masukan Mujahidin Gaza yang Berafialiasi dengan IS Dalam Daftar Teroris Dunia http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/as-masukan-mujahidin-gaza-yang-berafialiasi-dengan-is-dalam-daftar-teroris-dunia.htm http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/as-masukan-mujahidin-gaza-yang-berafialiasi-dengan-is-dalam-daftar-teroris-dunia.htm#comments Wed, 20 Aug 2014 01:02:15 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=82045 gazaSebuah kelompok Islam Palestina yang berbasis di Gaza telah ditempatkan dalam daftar hitam teroris AS, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan Selasa 19 Agustus 2014.

Sejak didirikan pada tahun 2012, “Mujahidin Shura Council di Environs Yerusalem” telah mengaku bertanggung jawab atas sejumlah serangan roket terhadap Israel dan serangan lintas-perbatasan dengan bahan peledak yang menewaskan seorang warga sipil di sebuah lokasi Israel.

Dikatakan kelompok Mujahidin  itu terdiri dari beberapa sub-kelompok, dan telah menyatakan dukungannya terhadap Islamic State ,  yang telah menyatakan kekhalifahan di daerah Irak dan Suriah.

Tindakan pelarangan AS itu termasuk melarang  melakukan transaksi apapun dengan kelompok tersebut dan memerintahkan pembekuan aset apapun yang bisa dilakukan . (Arby/Dz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/as-masukan-mujahidin-gaza-yang-berafialiasi-dengan-is-dalam-daftar-teroris-dunia.htm/feed 0