Eramuslim http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Thu, 02 Apr 2015 02:15:37 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Andalusia Riwayatmu Kini (1) http://www.eramuslim.com/berita/silaturrahim/study-komparatif-andalusia-riwayatmu-kini-1.htm http://www.eramuslim.com/berita/silaturrahim/study-komparatif-andalusia-riwayatmu-kini-1.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 02:15:37 +0000 http://www.eramuslim.com/berita/silaturrahim/study-komparatif-andalusia-riwayatmu-kini-1.htm andalusiaOleh Guntara Nugraha Adiana Poetra, Lc *

Menelusuri warisan Andalusia di negri seribu benteng Maroko

(Maroko merupakan salah satu diantara negri pewaris sejarah dan kebudayaan Andalusia di Afrika Utara)

Sebenarnya ini cerita klasik yang sering terlupakan seiring dengan perkembangan zaman, Andalusia atau Spanyol saat ini lebih dikenal dengan kompetisi La Liganya, belum lagi dua klub raksasa dunia FC Barcelona dan FC Real Madrid yang banyak digilai pecinta bola, apalagi di tahun 2010 Spanyol berhasil menjadi Juara Dunia untuk kali pertama, spontan kisah Andalusia bisa lebih terkikis, alhasil dunia bola lebih sering di bincangkan oleh publik ketimbang keberhasilan Islam mewarnai Spanyol ratusan tahun silam.

Rasa penasaran menggiring hati ini untuk menyelami peradaban dan sejarah Islam lebih dalam, berawal dari perjalanan saya meninggalkan ibu pertiwi menuju negri di benua Afrika yaitu Maroko sambil mengikuti kilas balik sejarah. Walaupun selat menjadi pemisah diantara keduanya bukan menjadi penghalang untuk me-recover sejarah dan peradaban Islam di Andalusia yang kini menjadi warisan bersama umat Islam terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan afrika utara meliputi Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya dan Mauritania.

Jika kita bicara soal peradaban, jauh sebelum Andalusia sebenarnya sudah ada yang mengisi lembaran sejarah di muka bumi, berawal dari sejarah Peradaban Mesopotamia: 6000 SM – 1100 SM, Peradaban Mesir: 4000 SM – 343 M, Peradaban Yunani: 750 SM – 146 SM, Peradaban Romawi: 753 SM – 1453 M, kemudian Peradaban Islam: 622 M – 1924 M, itulah rangkaian singkat dari masa-masa peradaban. Sejarah tidak banyak mencatat perihal keakuratan fase-fase sebelum peradaban Islam, karena belum adanya sistem sanad seperti di peradaban Islam, salah satu metode menjaga keaslian sejarah agar manusia tidak berkata sesukanya, bahkan sebelum Peradaban Islam, di kenal dengan masa kegelapan (The Dark Age) yang berlangsung hingga ratusan tahun sampai akhirnya di utus suri tauladan untuk menyempurnakan Akhlaq dan menjadi revolusi besar akan peradaban manusia menuju masyarakat madani (Civil Society) di bawah komando Rasulullah SAW.

Setelah itu ajaran Islam sebagai ideologi yang lurus mulai berkembang ke berbagai penjuru, di antaranya : negara-negara arab, teluk, daratan Afrika utara, Andalusia, dan belahan dunia lainnya. Islam menyentuh dunia termasuk Andalusia dengan bahasa Perubahan yang bermakna yaitu memanusiakan manusia dengan risalahnya yang jelas berupa ajaran Tauhid dan nilai-nilai luhur budi pekerti. Di masa-masa inilah Islam pernah mengukir prestasi di daratan Eropa dengan Andalusianya terhitung dari tahun 711-1492 M.

Sambil mengkaji artikel singkat ini, sejenak kita bayangkan fakta sejarah 13 abad silam, dibaca secara perlahan, dan di akhir tulisan kita bisa sama-sama mengambil pelajaran untuk di bandingkan dengan fakta di abad ke-21, sambil merenungkan sejenak cerita dari pejuang Islam Thariq bin Ziyad yang dengan menggeloranya beliau membakar semangat pasukan Islam. Kurang lebih sebanyak 7.000 prajurit dipimpinnya, mereka berasal dari suku Barbar (suku asli penduduk Maroko/Afrika utara) dan Arab. Mereka telah selamat dan tiba di dataran Andalusia. Mereka telah mengarungi selat yang memisahkan tanah Maroko di Afrika Utara dengan Eropa itu. Tanpa ragu sedikit pun Thariq memerintahkan untuk membakar kapal-kapalnya. Pilihannya jelas: terus maju untuk kejayaan Islam atau mati terhormat.

hassan tower(Menara Hassan : bangunan bersejarah yang terletak di Rabat ibukota Maroko yang merupakan salah satu dari tiga masjid bersaudara (Koutabia di Marrakech-Maroko dan Giralda di Sevilla-Andalusia)

Peristiwa di tahun 711 Masehi itu mengawali masa-masa Islam di Andalusia. Pasukan Thariq sebenarnya bukan misi pertama dari kalangan Islam yang menginjakkan kaki disana. Sebelumnya, Gubernur Musa Ibnu Nushair telah mengirimkan pasukan yang dikomandani Tharif bin Malik dan Tharif sukses dalam mengemban amanatnya. Kesuksesan itu mendorong Musa mengirim Thariq. Saat itu, seluruh wilayah Islam masih menyatu di bawah kepemimpinan Khalifah Al-Walid dari Bani Umayah tanpa intervensi sedikitpun dari Bani Abbasiyah yang berpusat di Bhagdad ketika itu. Dan ini menjadi prestasi tersendiri bagi dinasti Umayah yang bisa menguasai Andalusia.

Thariq pun mencatat sukses seperti pendahulunya Tharif. Ia mengalahkan pasukan Raja Roderick di Bakkah dengan membawa risalah keIslaman tanpa paksaan untuk berpindah agama, karena sejatinya tujuan mereka berperang bukan untuk memaksakan penduduk Andalusia memeluk Islam, akan tetapi melawan ketidakadilan dan kesewenang-wenangan Imperium Barat, jika kita Komparatifkan sama halnya seperti perang antara pasukan Islam dengan pasukan Romawi yang menjadi adikuasa di zaman Rasulullah SAW.

Setelah itu Thariq maju untuk merebut kota-kota seperti Granada, Cordova dan Toledo yang saat itu menjadi ibukota kerajaan Gothik. Ketika merebut Toledo, Thariq diperkuat dengan 5.000 orang tentara tambahan yang dikirim Musa.

Akhrinya Thariq sukses. Bukit-bukit di pantai tempat pendaratannya lalu dinamai Jabal Thariq, yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Gibraltar hingga sekarang. Musa bahkan ikut menyebrang untuk memimpin sendiri pasukannya. Ia berhasil merebut wilayah Seville dan mengalahkan Penguasa Gothic, Theodomir. Musa dan Thariq lalu bahu-membahu menguasai seluruh wilayah Spanyol selatan itu.

Pada 755 Masehi, Abdurrahman -keturunan Keluarga Dinasti Umayah (661-750 Masehi) yang lolos dari kejaran penguasa Abbasiyah-tiba di Spanyol. Perebutan kekuasaan dan persaingan tidak sehat menjadi isu sensitif kala itu karena ulah para elit dalam memperebutkan kursi panas dan puncak jabatan serta pembagian kavling kekuasaan.

Abdurrahman Ad-Dakhil, demikian orang-orang menjulukinya. Ia membangun Masjid Cordova, dan menjadi penguasa tunggal di Andalusia dengan gelar Amir. Keturunannya melanjutkan kekuasaan itu sampai 912 Masehi. Kalangan Kristen sempat mengobarkan perlawanan “untuk mencari kematian” (martyrdom). Namun Dinasti Umayah di Andalusia ini mampu mengatasi tantangan itu.

Abdurrahman kemudian menjadikan Andalusia sebagai pusat ilmu terpenting di daratan Eropa. Pada 912, tersiar kabar bahwa khalifah Abbasiyah di Baghdad tewas dibunuh, Ia lalu menggunakan gelar khalifah dan mendirikan Universitas Cordova dengan perpustakaan berisi ratusan ribu buku. Dalam catatan ini jika kita komparatifkan antara dinasti Umayah dan Abbasiyah, dinasti yang berusia paling panjang dalam sejarah Islam adalah Abbasiyah (750-1258 Masehi).

Hal demikian dilanjutkan oleh Khalifah Hakam. Pusat-pusat studi dibanjiri ribuan pelajar, Islam maupun Kristen, dari berbagai wilayah. Ladang-ladang pertanian Andalusia tumbuh dengan subur mengadopsi kebun-kebun dari wilayah Islam lainnya. Sistem hidraulik untuk pengairan dikenalkan. Andalusia inilah yang mendorong era pencerahan atau renaissance yang berkembang di Italia dan Negara-negara di Eropa umumnya. Bahkan ilmu-ilmu modern pun bermunculan di era Andalusia ini seperti Matematika, Fisika, Astronomi, dan disiplin ilmu lainnya.

hassan mosq(Masjid Hassan II yang terletak di kota Casablanca-Maroko, dengan tinggi menara 210 m dan masuk dalam daftar bangunan tertinggi di dunia dengan karakteristiknya yang bercorak arsitektur Andalusia)

Islam dan Ilmu Pengetahuan pada hakekatnya adalah ibarat dua muka dari sebuah koin. Islam yang murni mesti berlandaskan pada dasar Ilmu Pengetahuan yang valid, dan Ilmu Pengetahuan yang sejati selalu mengantarkan kepada kebenaran Islam yang universal. bahkan tokoh barat Dr. Maurice Bucaille menambahkan perihal kitab suci Umat Islam di dalam (La Bible, le Coran et la Science (1976): Al Qur’an sangat konsisten dengan ilmu pengetahuan dan sains, namun bahwa Alkitab atau Bibel tidak konsisten dan penurunannya bisa diragukan.

Setelah Andalusia ada di puncak keemasan, munculah fase kemunduran dan Kekacauan. Diskursus para elit menjadi salah satu faktor utama dan terjadi setelah Hakam wafat, setelah itu kendali dipegang Manshur Billah seorang ambisius yang menghabisi teman maupun lawan-lawannya dengan menghalalkan segala cara. Kebencian masyarakat, baik Islam maupun Kristen mencuat. Situasi tak terkendalikan lagi setelah Manshur Billah wafat. Pada 1013, Dewan Menteri menghapuskan jabatan khalifah. Akhrinya Andalusia terpecah-pecah menjadi sekitar 30 negara kota.

Dua kekuatan dari Maghribi sempat menyatukan kembali seluruh wilayah itu. Pertama adalah Dinasti Murabithun (1086-1143) yang berpusat di Marrakech, Maroko. Pasukan Murabithun datang untuk membantu kalangan Islam melawan Kerajaan Castilla. Mereka memutuskan untuk menguasai Andalusia setelah melihat Islam terpecah-belah. Dinasti Muwahiddun, yang menggantikan kekuasaan Murabithun di Afrika Utara, kemudin juga melanjutkan kepemimpinan Islam di Andalusia (1146-1235). Di masa ini, hidup seorang pemikir besar yang banyak menafsirkan naskah Aristoteles yaitu ibn rusyd (filsafat). Ada juga ilmuan-ilmuan lainnya yang mempunyai pengaruh besar terhadap peradaban manusia seperti : al-Qurthubi, Qadhi Iyadl (Tafsir), Ibnu Abdil Barr (Hadits), Ibnu Khaldun (ilmu sosial), Ibnu Arabi (Tasawuf), Sahnun, Ibnu Hazm (Fiqh), as-Shathibi (Maqashid), as-Shathibi (Maqashid) dan lain-lain.

(Insya Allah bersambung ke episode akhir sejarah Islam di Andalusia)

ifrane(Di sebrang Andalusia, Ifrane-Maroko merupakan kota kecil yang bernuansa Eropa serta menyimpan banyak pesona di dalamnya)

* Alumni Univ Azhar Kairo 2008, program Master di Univ Sidi Mohammed bin abdellah Fes-Maroko (Studi Islam), kontributor ISCO (Islamic Studies Center Online), serta salah satu dari sekian banyak pecinta dan pengagum warisan Islam Andalusia.

Mail, fb, skype : a_poetra2@yahoo.com

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/silaturrahim/study-komparatif-andalusia-riwayatmu-kini-1.htm/feed 0
Dien Syamsudin: Situs Porno Dibiarkan, Situs Islam Malah Diblokir http://www.eramuslim.com/berita/nasional/dien-syamsudin-situs-porno-dibiarkan-situs-islam-malah-diblokir.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/dien-syamsudin-situs-porno-dibiarkan-situs-islam-malah-diblokir.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 02:00:49 +0000 http://www.eramuslim.co/?p=100394 din-syamsudin.Eramuslim.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyesalkan langkah yang diambil Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait pemblokiran situs Islam. Pemerintah memblokir 19 situs Islam yang dianggap bernuansa radikal.
“Penutupan situs Islam tentu mengundang reaksi umat Islam karena ini sangat sensitif. Langkah ini bisa menjadi pro-kontra meskipun berdalih memberantas terorisme,” ujar Din di Makassar, dikutip dari Antara, Rabu (1/4).
Menurut dia, seharusnya Kominfo membicarakan hal tersebut sebelum mengambil langkah tegas meskipun telah mendapat instruksi dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
“Saya sudah berkomunikasi dengan Menkominfo terkait hal ini. Dalam waktu dekat kami akan duduk bersama membahas soal ini. Saya sayangkan kenapa baru mau dibicarakan setelah sudah mengambil langkah itu,” sesalnya usai menghadiri Harsiarnas KPI di Anjungan Losari.
Ketua Umum Muhammadiyah ini berpendapat, pemblokiran situs Islam adalah langkah tidak tepat dan menyinggung perasaan umat Islam, meskipun tidak semua situs Islam ada membawa isu paham radikal yang mengarah ke terorisme.
“Kenapa situs yang berbau porno dan merusak akhlak itu dibiarkan dan tidak diblokir, malah terkesan dibiarkan, sementara situs Islam dianggap penyebar terorisme oleh pemerintah itu diblokir, padahal tidak semua situs kan,” ujar dia.
Din menambahkan, pemblokiran situs Islam tidak efektif karena rata-rata situs Islam membawa ideologi agama yang menyangkut akidah orang Islam kendati ada pula yang memanfaatkan Islam dengan membuat situs.
“Faktanya semuanya diblokir dan tidak memberikan ruang dan memeriksa secara seksama, meskipun kami akan melakukan pertemuan tetapi langkah ini menurut pendapat saya tidak efektif,” ulasnya.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/dien-syamsudin-situs-porno-dibiarkan-situs-islam-malah-diblokir.htm/feed 0
Resensi Buku : Ensiklopedi Islam Kaffah, Temukan Indahnya Islam di Buku Ini http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-ensiklopedi-islam-kaffah-temukan-indahnya-islam-di-buku-ini.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-ensiklopedi-islam-kaffah-temukan-indahnya-islam-di-buku-ini.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 01:31:05 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=54731 islam kaffahAnda ingin menjadi muslim yang total, menyeluruh dan tidak setengah setengah? Anda ingin bisa memahami Islam dengan mudah, dalam waktu singkat dan tidak perlu repot? Telah hadir di hadapan anda buku Ensiklopedia Islam Kaffah? Sebuah buku yang insyaAllah menjawab keinginan anda untuk menjadi muslim kaffah.

Kaffah artinya menyeluruh, total dan tidak setengan setengah. Dengan membacabuku ini, anda insyaAllah akan mendapatkan mutiara dan inti ajaran Islam secara menyeluruh. Wawasan anda  akan terbuka tentang betapa luasnya ajaran Islam. Selanjutnya, anda akan termotivasi untuk menjadi muslim Kaffah.

Buku ini salah satu karya fenomenal Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at Tuwaijiri, salah seorang ulama Saudi Arabia yang selama puluhan tahun menulis. Beliau banyak menulis tentang tema tema keislaman yang menjadi kebutuhan umat Islam dewasa ini. Ciri utama karya beliau adalah ketepatan tema yang beliau pilih dengan kondisi kekinian umat islam, sehingga ia benarbenar menjadi buku yang bermutu dan bergizi tinggi bagi para pembacanya. Kedua, rujukan dalilnya jelas dan shahih. Setipa tema selalu didasarkan pada ayat al Quran dan hadits yang derajatnya shahih atau hasan, sehingga meyakinkan hati pembacanya bahwa ia merupakan ajaran Islam yang shahih. Ketiga, sistematika pembahasannya yang runut, sehingga gampang dicerna. Keempat, bahasa dan susunan kalimatnya mudah dipahami, sehingga siapapun bisa menikmati saat membacanya. Berbagai keistimewaan tersebut betul betul akan anda rasakan saat membaca buku ini.

Buku ini menghimpun pokok pokok ajaran Islam mulai dari akidah yang mencakup tauhid dan keimanan; ibadah yang mencakup dari Thaharah (bersuci), sholat, zakat, puasa, haji ; serta muamalah yang membahas jual beli, hutang piutang, hibah , wakaf dan lain lain. Juga memuat tentang Faraid (ilmu waris), munakahat (pernikahan), hukum pidana, tata peradilan, tata kenegaraan dan perang. Tidak ketinggalan juga tentang akhlak, doa , dzikir dan dakwah.

Dengan menyelesaikan membaca buku ini, insyaAllah anda sudah menyelami dasar dasar ilmu Islam mulai dari hulu hingga hilirnya. Atau, jika anda ingin membicarakan tema tertentu dalam masalah agama, anda bisa dengan mudah menemukan jawabannya di dalam buku ini. Subhanallah ! sungguh menakjubkan, selamat membaca.

Bagi yang ingin memilikinya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini :

Judul Buku   : Ensiklopedi Islam Kaffah

Karya            :  Syeikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at Tuwaijiri

Harga           : Rp 190,000 (belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-ensiklopedi-islam-kaffah-temukan-indahnya-islam-di-buku-ini.htm/feed 0
Legion Hacker Anonymous Ancam Lumpuhkan Internet Zionis-Israel http://www.eramuslim.com/berita/legion-hacker-anonymous-ancam-lumpuhkan-internet-zionis-israel.htm http://www.eramuslim.com/berita/legion-hacker-anonymous-ancam-lumpuhkan-internet-zionis-israel.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 01:30:38 +0000 http://www.eramuslim.co/?p=100383 155048_2Eramuslim.com – Kelompok hacker Anonymous bersumpah untuk menggelar sebuah serangan ‘holocaust elektronik’ atau bencana elektronik untuk Israel pekan depan. Ini sebagai balasan bagi tindakan Israel yang menindas Palestina.
Dalam rekaman video yang disebut Anonymous “Pesan kepada Israel”, kelompok itu mengatakan akan menghapusnya (Israel) dari dunia maya pada tanggal 7 April untuk kejahatan di wilayah Palestina.
“Anda telah membunuh ribuan orang, seperti dalam perang terakhir melawan Gaza pada tahun 2014. Anda menunjukkan bahwa Anda tidak menghormati hukum internasional,” kata sosok bertopeng dalam video.
“Kami akan kembali untuk menghukum Anda lagi,” tambah gambar tersebut dilansir dari Al-Arabiya Kamis (2/4).
Dikatakan lebih lanjut bahwa mereka juga akan mencatat server, website pemerintah, website Israel militer, bank, dan lembaga-lembaga publik. “Kami akan menghapus Anda dari cyber space dan ini akan menjadi bencana elektronik serius,” tambahnya.
Rekaman, yang disampaikan dalam bahasa Inggris memiliki sub judul bahasa Arab. Juga digambarkan gambar perang musim panas tahun lalu di Gaza.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/legion-hacker-anonymous-ancam-lumpuhkan-internet-zionis-israel.htm/feed 0
Jabhah Nusra dan Faksi Mujahidin Lainnya Berlakukan Syariah Islam di Kota Idlib http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/jabhah-nusra-dan-faksi-mujahidin-lainnya-berlakukan-syariah-islam-di-kota-idlib.htm http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/jabhah-nusra-dan-faksi-mujahidin-lainnya-berlakukan-syariah-islam-di-kota-idlib.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 01:11:45 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=100388 Rebel fighters stand outside Idlib museum in Idlib city, after Islamist rebel fighters took control of the areaEramuslim – Jabhah Nusra menyatakan pada hari Rabu bahwa wilayah  Suriah yang mereka kuasai  dalam beberapa hari terakhir akan menerapkan  hukum syariah Islam .

Pemimpin Al Nusra Front, Abu Mohamad al-Julani, juga mengatakan bahwa penduduk kota di barat laut Idlib akan diperlakukan dengan baik oleh para pejuang dan mereka berkoordinasi dengan faksi-faksi Islam lainnya.

“Kami salut dengan masyarakat  dari Idlib dan berdiri bersama anak-anak mereka, dan para Mujahidin, … dan Insya Allah mereka akan menikmati keadilan syariah, yang akan menjaga agama mereka dan darah mereka,” kata Julaini dalam rekaman audio yang diposting oleh media online Al  Nusra.

Penguasaan kota Idlib menandai  bahwa rezim Assad  telah kehilangan kendali kedua kalinya dari sebagian wilayahnya . Yang pertama adalah Kota Raqqa, yang telah dikuasai oleh Daulah Islam dan dijadikan Ibukotanya.

Al Nusra , bersama mujahidin Daulah Islam  dan kelompok-kelompok lainnya termasuk mujahidin Ahrar al-Sham menguasai Idlib, 30 km dari perbatasan Turki, setelah empat hari pertempuran dengan pasukan rezim Assad.

Pengaruh  Al Nusra telah berkembang pesat dibagian  barat laut Suriah, di mana mereka juga telah menghancurkan  setidaknya dua kelompok faksi pemberontak yang didukung Barat dalam beberapa bulan terakhir.

Julaini mengatakan pengambilalihan Kota Idlib menunjukkan bahwa siapapun yang mencari dukungan dari Barat dan kekuatan regional adalah sebuah “ilusi”.

Julaini mendesak persatuan di antara faksi mujahidin yang memenangkan kota Idlib dan mengatakan mereka harus mendirikan sebuah pengadilan Islam untuk menyelesaikan setiap sengketa. Dia juga mengatakan fasilitas milik umum harus dilindungi.

“Kami sebagai Al Nusra  mengkonfirmasi bahwa kami tidak berusaha untuk memerintah kota atau memonopoli pemerintahan tanpa bekerjasama dengan pihak faksi mujahidin lainnya ,” katanya.

Dia juga mendesak masyarakat untuk kembali bekerja, termasuk mereka yang mengawasi layanan penting seperti bahan pokok makanan gandum  dan jaringan listrik.(Arby/Dz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/jabhah-nusra-dan-faksi-mujahidin-lainnya-berlakukan-syariah-islam-di-kota-idlib.htm/feed 0
Gabungan Mahasiswa Surabaya Turun ke Jalan Tuntut Jokowi Mundur http://www.eramuslim.com/berita/nasional/gabungan-mahasiswa-surabaya-turun-ke-jalan-tuntut-jokowi-mundur.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/gabungan-mahasiswa-surabaya-turun-ke-jalan-tuntut-jokowi-mundur.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 01:00:41 +0000 http://www.eramuslim.co/?p=100376 mahasiswa-surabaya-tuntut-jokowi-mundur-karena-bikin-susah-rakyatEramuslim.com – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya, Jawa Timur tergabung dalam Komite Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (KOMPAK) kembali turun ke jalan, Rabu (1/4). Unjuk rasa yang dilakukan ratusan orang di depan Gedung Grahadi Surabaya, Jalan Gubernur Suryo itu menuntut Jokowi segera turun karena kebijakannya dianggap tidak pro-rakyat.

Dalam aksinya, para demonstran itu juga membawa beberapa spanduk dan poster berisi kecaman. Spanduk itu bertuliskan ‘Jokowi Boneka Imperialisme.’ Mereka juga membawa poster-poster berisi protes di antaranya ‘Turunkan Jokowi,’ ‘Jokowi Pendusta,’dan lain sebagainya.

Dalam orasinya, para demonstran mengkritik kebijakan Jokowi malah menyengsarakan rakyat kecil. Salah satunya adalah kebijakan naik-turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) menyebabkan harga sembilan bahan pokok tidak stabil. “Kebijakan-kebijakan Jokowi selama menjabat sebagai presiden telah membuat rakyat sengsara. Pemerintahan seolah-olah ribut dengan kepentingannya sendiri tanpa memikirkan rakyat,” kata salah satu Korlap Aksi, Ali Zulkarnain dalam orasinya.

Dalam aksinya itu, para mahasiswa sempat berusaha memblokade Jalan Gubernur Suryo, tapi dihalang-halangi puluhan polisi. Para demonstran pun akhirnya memilih bergeser ke Gedung DPRD Surabaya di Jalan Yos Sudarso dengan berjalan kaki dan kembali melakukan aksi unjuk rasa.

Akibat aksi para mahasiswa ini, arus lalu lintas di Jalan Gubernur Suryo tersendat. Sedangkan personel polisi dari Polrestabes Surabaya yang membentuk pagar betis di depan Gedung Grahadi, terus bersiaga, sebagian lagi tetap mengatur arus lalu lintas.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/gabungan-mahasiswa-surabaya-turun-ke-jalan-tuntut-jokowi-mundur.htm/feed 0
Diam-diam Rezim Jokowi Naikkan (Lagi) Harga Elpiji 12 kg Sebesar Rp.8.000,- http://www.eramuslim.com/berita/nasional/diam-diam-rezim-jokowi-naikkan-lagi-harga-elpiji-12-kg-sebesar-rp-8-000.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/diam-diam-rezim-jokowi-naikkan-lagi-harga-elpiji-12-kg-sebesar-rp-8-000.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 00:30:14 +0000 http://www.eramuslim.co/?p=100371 jokowiEramuslim.com – Pemerintah nampaknya kerjanya hanya menaik-naikkan harga. Kini, menyusul kenaikan harga BBM jenis premium dan solar pada akhir pekan lalu, mulai 1 April 2015 ini harga elpiji ukuran 12 kg ikut naik.

Pertamina secara resmi mengumumkan kenaikan harga elpiji 12 kg sebesar Rp 8 Ribu per tabungnya. Kenaikan harga kali ini dilakukan terkesan diam-diam. Apalagi elpiji 12 kg tak lagi disubsidi pemerintah. Lantas apa alasan Pertamina menaikkan harga Elpiji 12 kg di saat BBM juga baru saja naik?

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang menjelaskan, kenaikan harga elpiji 12 kg adalah buntut atas kenaikan BBM jenis premium yang belum mencapai angka keekonomian. Atas hal itu, agar tidak merugi Pertamina memutuskan menaikkan harga Elpiji 12 kg.

“Premium Jamali (Jawa Madura Bali) dan Non-Jamali sesuai keterangan Dirjen Migas di hadapan Komisi VII kemarin masih minus Rp 600/liter, kalau dikalikan 80.000.000 liter per hari, rugi berapa? Sedangkan untuk solar, disebutkan impas, artinya Pertamina tidak mendapatkan apa-apa,” jelas Ahmad Bambang, Rabu (1/4).

Pertamina, lanjut Bambang, sebagai BUMN tentu masih memiliki target untuk memperoleh keuntungan, atau setidaknya tidak merugi. Oleh karena itulah Pertamina memutuskan menaikkan harga.

“Oleh karena itu, agar tidak mengalami kerugian yang sama, maka diam-diam Pertamina menaikkan harga LPG 12 Kg sebesar Rp 666,67,- per Kg,” lanjutnya.

Sebelumya, Pertamina sempat mengajukan kenaikan harga Premium menjadi Rp 8.200. Angka ini dinilai ekonomis dengan memperhatikan kurs rupiah terhadap dolar AS dan juga harga minyak mentah Indonesia atau ICP dan juga MOPS.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/diam-diam-rezim-jokowi-naikkan-lagi-harga-elpiji-12-kg-sebesar-rp-8-000.htm/feed 0
YLKI: “Harga BBM Diserahkan ke Pasar, Lalu Apa Peran Negara?” http://www.eramuslim.com/berita/nasional/ylki-harga-bbm-diserahkan-ke-pasar-lalu-apa-peran-negara.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/ylki-harga-bbm-diserahkan-ke-pasar-lalu-apa-peran-negara.htm#comments Thu, 02 Apr 2015 00:00:46 +0000 http://www.eramuslim.co/?p=100368 bbm 2Eramuslim.com – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritik keputusan pemerintah presiden Joko Widodo yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) karena menyerahkannya ke mekanisme pasar. YLKI mempertanyakan peran negara dalam hal ini.

“Harga BBM justru diserahkan ke pasar, lalu peran negara apa? Enak amat jadi pejabat, ini tidak adil karena diserahkan ke konsumen,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Sudaryatmo saat konferensi pers YLKI mengenai kenaikan harga BBM, di Jakarta, Rabu (1/4).

Sudaryatmo mengatakan, seharusnya pemerintah bertugas mengatur harga komoditas strategis yang digunakan rakyat Indonesia sehari-hari. Seperti harga bahan bakar minyak (BBM), listrik, gas, pangan, hingga air. Bahkan, kata dia, sudah ada amanat undang-undang mengenai masalah migas diatur pemerintah diperkuat Mahkamah Konstitusi (MK). Tetapi, negara absen dalam gejolak harga bahan bakar.

Menurutnya, negara memiliki kepentingan dan harus mengatur mengenai persoalan ini. YLKI menyayangkan kebijakan pemerintah Joko Widodo yang mencabut subsidi BBM. Pihaknya hanya setuju kebijakan mengurangi subsidi BBM.

Ketika harga minyak mentah turun naik atau nilai tukar rupiah melemah maka itulah negara memiliki fungsi stabilisasi dengan memberikan subsidi. YLKI menganalisis, kenaikan harga BBM sebesar Rp 500 per liter per Sabtu (28/3) kemarin akibat menguatnya nilai tukar dolar AS terhadap rupiah.

Akibatnya, kata dia, harga transportasi umum juga mengalami kenaikan sepihak, terutama angkutan dalam kota. Pihaknya juga mempersoalkan distribusi BBM yang tidak merata. Ia menjelaskan, wilayah di luar Pulau Jawa seperti Mataram dan Manado, Sulawesi Utara, mengalami persoalan ketersediaan BBM.

Ini tidak lepas dari kebijakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mengenai distribusi. “Semestinya pemerintah memperhatikan aspek pemerataan dan mengeluarkan kebijakan sistem zona. Kalau ada SPBU asing yang ingin membuka cabang di Indonesia ya tawarkan ke luar Pulau Jawa, jangan menumpuk di Jakarta,” ujarnya.(rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/ylki-harga-bbm-diserahkan-ke-pasar-lalu-apa-peran-negara.htm/feed 0
Resensi Buku : The Choice, Karya Ahmad Deedat, Tokoh yang Telah Mengislamkan Ribuan Nasrani http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-the-choice-karya-ahmad-deedat-tokoh-yang-telah-mengislamkan-ribuan-nasrani.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-the-choice-karya-ahmad-deedat-tokoh-yang-telah-mengislamkan-ribuan-nasrani.htm#comments Wed, 01 Apr 2015 23:40:43 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73618 choiceAhmed Deedat merupakan dai dan kristolog terkemuka dunia, melalui tangannya sudah ribuan orang yang menjadi muslim. Bagi tokoh – tokoh Nasrani Internasional, baik yang suka maupun yang membecinya, begitu heran akan kemampuan Ahmed Deedat  dalam menangkap pesan-pesan ajaran Islam dan Kristen. Bahkan kemampuan memahami Bibel jauh di atas pendeta sekalipun.

Tidak Heran di pentas perdebatan teologi Islam dan Kristen, Nama Ahmed Deedat menjadi paling terkemuka. Padahal Deedat hanya seorang imigran yang miskin dari India, yang kemudian menjadi warga kelas dua di negeri Afrika Selatan  yang kala itu masih rasialis. Dalam karya terbesarnya ini, THE CHOICE , Ahmed Deedat berhasil memperoleh penghargaan dari King Faishal Award, semacam hadiah Nobel dari Pemerintah Saudi Arabia.

Buku ini pula telah sukses dan beredar luas di berbagai benua dan telah di cetak puluhan kali dengan oplah ratusan ribu hingga jutaan eksemplar.

Ingin memiliki dan membacanya?, silahkan pesan di sini

Judul Buku    : The Choice

Karya              : Ahmad Deedat

Harga             : Rp 70.000,- (belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-the-choice-karya-ahmad-deedat-tokoh-yang-telah-mengislamkan-ribuan-nasrani.htm/feed 0
Bu Risma Bentuk Tim Telusuri Jejak Makam Hitler di Surabaya http://www.eramuslim.com/berita/nasional/bu-risma-bentuk-tim-telusuri-jejak-makam-hitler-di-surabaya.htm http://www.eramuslim.com/berita/nasional/bu-risma-bentuk-tim-telusuri-jejak-makam-hitler-di-surabaya.htm#comments Wed, 01 Apr 2015 23:30:50 +0000 http://www.eramuslim.co/?p=100363 10792242Eramuslim.com – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini membentuk tim untuk menelusuri jejak diktator Jerman era Perang Dunia II, Adolf Hitler yang konon berada di Surabaya. Informasinya, di hari-hari terakhir kehidupannya, Hitler sempat menyamar sebagai dokter dan meninggal serta dimakamkan di Surabaya. Risma mengaku mendapat informasi itu setelah terlibat perbincangan singkat dengan budayawan asal Jombang, Emha Aninun Nadjib (Cak Nun).

“Ada seorang tokoh, tepatnya Cak Nun yang tanya ke saya, apakah ada seorang dokter Jerman yang meninggal dan dimakamkan di Surabaya? Katanya, dokter itu adalah Hitler yang menyamar sebagai dokter,” kata Risma, Rabu (1/4).

Risma memastikan ciri-ciri yang disebutkan oleh Cak Nun, memang ada di data catatan kematian yang dipegang Pemerintah Kota Surabaya. Oleh karena itu, pihaknya segera melakukan penelusuran terkait kebenaran hasil perbincangan itu. Agenda menjadi satu dengan upaya Kota Surabaya yang akan membangun museum.

Sebab, saat ini Kota Surabaya tidak memiliki Museum. Semua peninggalan sejarah yang berhubungan dengan Kota Surabaya, berada di Museum Mpu Tantular, Sidoarjo, Jawa Timur.

“Tapi benar ada yang dikatakan oleh Cak Nun. Dia meninggal di Surabaya dan dimakamkan di Makam Ngagel. Nanti saya cek lagi,” tambahnya.

Meski demikian, Risma mengaku tidak bisa membuat kebijakan apapun, seandainya orang yang dimakamkan di Makam Ngagel adalah Adolf Hitler. Menurutnya, kebijakan itu sudah menyangkut kedua negara yakni Indonesia dan Jerman.

“Pernah ada satu makam di Surabaya seorang jenderal besar dari sebuah negara. Pihak negara itu meminta kepada saya dan saya ndak bisa,” ujar Risma.

Sementara itu berdasarkan sejarah resmi, Hitler mati karena bunuh diri. Saat itu pada tanggal 30 April 1945, jelang berakhirnya Perang Dunia II di Eropa. Terjadi pertempuran jalanan ketika Tentara Merah (Uni Soviet) berada tinggal satu blok dari Reichskanzlei(Kantor Kanselir Jerman). Dalam kondisi terjepit, Hitler dan Eva Braun (istri yang baru dinikahinya) bunuh diri. Eva menggigit kapsul sianida dan Hitler menembak dirinya. Jasad keduanya dibawa naik melalui pintu keluar darurat bunker ke kebun belakangReichskanzlei yang sudah hancur, kemudian ditempatkan di sebuah kawah bom dan disiram bensin. Kedua jasad kemudian dibakar diiringi suasana pengeboman oleh Tentara Merah. Namun semua ini dibantah oleh Roosevelt, Stalin, dan Churcill dalam Konferensi Potsdam setelahnya.

Beredar informasi bahwa Hitler tidak tewas pada tahun 1945, melainkan berhasil melarikan diri ke Indonesia dan menyamar seorang dokter di Sumbawa Besar. Hal itu mencuat setelah ditemukan buku tua yang menggunakan bahasa steno Jerman Kuno. Buku tanpa judul ini menyebut beberapa istilah ‘Brandenburg Codex’. Buku itu berisi catatan penyelamatan sang Führer dari Berlin, hingga kemungkinan terakhir adalah Surabaya. Buku itu diperkuat lagi dengan catatan pribadi Dokter Poch, seorang dokter berkewarganegaraan Jerman di Sumbawa yang diyakini sebagai Adolf Hitler yang sesungguhnya.

Di Indonesia, ada buku “The Escaped: Misteri Kuburan Adolf Hitler di Surabaya” yang mengungkap semua sejarahnya, ditulis oleh Rizki Ridyasmara dalam bentuk novel, namun berdasarkan Brandeburg Codex dan literatur-literatur lainnya. (rz)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/nasional/bu-risma-bentuk-tim-telusuri-jejak-makam-hitler-di-surabaya.htm/feed 0