Cat Tembok Sebaiknya Pakai Plamir atau Tidak ?

Bangun Rumah 123 – Senin, 24 Rabiul Awwal 1434 H / 4 Februari 2013 10:41 WIB

Assalaamu’alaikum wrwb
Pak Andan yang saya hormati,
kami ingin me- renovasi rumah,  kata beberapa teman , sebaiknya cat jangan pakai plamir. Tapi cat dasar dulu.
Jadi hasilnya bagus.Namun agak mahal, tapi kualitasnya jadi lebih kuat. Sebaiknya bagaimana ?
Lalu merek apa yang bagus ? Mohon  saran merek merek cat dasar dan cat finish.
Terimakasih atas jawabannya,
wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Thamrin
Wa’alaikum salam wrwb
Pak Thamrin yang saya hormati beserta netters eramuslim.com dimanapun anda berada, terimakasih atas aksesnya kepada kami. Wa bil Khusus rubrik arsitektur. Alhamdulillah salah satu artikel di rubrik ini sempat nangkring di deretan rangking 10 terpopuler.
Syukron jazakumullah atas perhatian netters sekalian. Kami sangat berterimakasih sekali jika ikut pula menyebar luaskannya. Hingga banyak teman-teman netters yang akan memperoleh informasi bermanfaat.
Kini kita coba ulas mengenai cat yang ditanyakan Pak Thamrin. Cat yang kita gunakan selama ini terdiri dari berbagai macam tipe. Yang palingsering digunakan di bangunan  adalah cat tembok dan cat kayu. Cat tembok sendiri ada cat untuk tembok luar atau disebut cat eksterior. Ada juga cat untuk tembok dalam rumah yang biasa disebut cat interior.
Untuk cat luar sebaiknya tidak menggunakan plamir. Karena ia akan mengelupas jika terkena hujan. Tugas plamir sendiri sebenarnya untuk menghemat cat dan meratakan permukaan dinding. Cat luar umumnya  memakai cat khusus eksterior. Karena ia akan lebih kuat tertimpa hujan dan panas.
Untuk cat dalam silahkan menggunakan plamir atau cat dasar. Hingga lebih hemat dan hasilnya lebih baik. Retak-retak dan pori – pori tembok akan tertutupi dengan baik.
Untuk merek di lapangan sangat variatif. Kelas menengah bisa menggunakan vinilex atau catylac. Kelas atas bisa menggunakan dulux. Jadi tergantung dana yang kita miliki. Masing-masing produk biasanya memiliki cat khusus interior dan cat khusus eksterior. Dan juga untuk cat dasar mereka memiliki produk masing-masing.
Demikian Pak Thamrin, semoga penjelasan ini bermanfaat. Semoga Allah melimpahkan rizki yang luas, hingga rumahnya Pak Thamrin segera selesai.
Akirul kalam, salam dari kami segenap kru eramuslim.com
Wassalaamu’alaikum wrwb
Andan Nadriasta, ST - andanarsitek@yahoo.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus