Memilih Warna Cat untuk Rumah

Nidya – Senin, 17 Ramadhan 1430 H / 7 September 2009 10:00 WIB

Assalamualaikum,

Semoga Bapak tetap dirahmati Allah, Rumah saya tipe 36. Cat asli dari developer untuk dinding luar hijau muda dan dalam putih serta jendelanya coklat tua. Saya baru tambah ruangan untuk dapur. Sekarang lagi bingung mau milih warna cat apa. Karena mau lebaran saya ingin rumah saya cat ulang berikut dapurnya. Saya ingin warna cat yg kesannya damai, nyaman, dan lega. Gorden saya warnanya coklat muda dan plafonnya warna putih. Kira2 cat warna apa ya yg cocok buat rumah mungil saya? Terima kasih jawabannya.

Wassalam

Wa ‘alaikumussalam,

Mbak Ninid yang juga senantiasa dirahmati Allah, bermain warna dengan cat adalah satu alternatif untuk merubah suasana dengan biaya yang cukup murah. Jika sudah bosan maka kita dapat menggantinya lagi sesuai dengan keinginan kita. Dalam memilih warna sebenarnya tidak ada aturan khusus karena semua disesuaikan dengan selera masing-masing penghuninya. Ada yang senang dengan warna-warna soft atau cukup dengan warna putih saja tetapi ada juga yang menyenangi warna-warna gelap atau kontras. Yang jelas kebutuhan akan warna tersebut harus diselaraskan dengan fungsinya.

Untuk tampilan bangunan apalagi di antara rumah-rumah di kawasan developer yang hampir serupa bentuknya, biasanya warna digunakan untuk membedakan atau memberi identitas. Jika mayoritas rumah menggunakan warna muda, maka warna tua atau kontras dapat memberikan identitas kepemilikan, sehingga mudah untuk dikenali. Anda dapat mengkombinasikan 2 atau 3 jenis warna, misalnya jika rumah 2 lantai maka dinding lantai 1 dapat dibedakan warnanya dengan dinding lantai 2 atau jika rumah hanya satu lantai maka dinding bagian bawah setinggi 1 meter dapat mengunakan warna yang lebih tua. Bagian lain seperti profil-profil yang menonjol, kanopi beton serta tiang atau balok ekspos dapat menggunakan warna putih agar terlihat lebih kontras.

Hal penting selain pemilihan warna yang tepat, anda juga sebaiknya menggunakan cat khusus untuk dinding luar atau lebih dikenal dengan cat weather shield yang merupakan jenis cat yang tahan terhadap perubahan cuaca dan kelembaban.

Untuk memilih warna cat ruang dalam atau interior anda juga tidak perlu pusing karena sudah ada produsen cat yang mengelompokkan jenis cat sesuai dengan sifat warna dan pengaruhnya terhadap ruang. Misalnya kategori warna-warna warm (hangat) seperti coklat dan turunannya, orange dan turunannya, kemudian warna fresh (segar) seperti hijau dan turunannya, kemudian warna calm (tenang/damai) seperti abu-abu dan turunannya, biru dan turunannya, serta warna netral (putih dan turunannya).

Anda tinggal menyesuaikan dengan fungsi ruang dan suasana yang ingin dicapai. Misalnya ruang tamu atau ruang keluarga ingin terkesan akrab dan hangat maka warna turunan coklat dapat anda gunakan seperti krem atau coklat muda. Kombinasi dua warna juga adalah satu trik untuk membuat ruangan menjadi lebih dinamis. Gunakan warna yang lebih gelap pada satu sisi dinding yang dijadikan latar atau background, dimana biasanya tempat diletakkannya sofa atau TV cabinet dan warna turunannya yang lebih muda pada sisi dinding yang lain. Jika gorden anda berwarna coklat muda dengan furnitur berwarna kayu, maka padukan cat dinding dengan warna coklat yang lebih muda dari warna gorden tersebut dan warna coklat yang lebih tua pada satu sisi dinding.

Pada kamar tidur utama yang lebih membutuhkan ketenangan gunakanlah warna-warna tenang atau warna-warna netral yang tidak melelahkan mata. Penggunaan paduan warna yang lebih gelap pada sisi kepala tempat tidur (head board) juga dapat anda terapkan pada ruang istirahat ini. Kamar tidur anak dapat dibuat tematik sesuai dengan jenis kelamin dan hobby atau kesenangan sang anak tentunya dengan penggunaan warna-warna yang cerah dan atraktif. Warna-warna biru untuk kamar anak laki-laki atau merah jambu untuk kamar anak perempuan merupakan warna-warna cerah yang digemari oleh anak-anak.

Dapur di dalam dan ruang makan biasanya membutuhkan warna-warna yang berkesan bersih dan membangkitkan kesegaran sehingga anda dapat menggunakan paduan warna-warna turunan hijau dan orange.

Warna plafond sebaiknya menggunakan warna putih untuk menetralisir warna dinding. Selain itu warna putih memberikan kesan luas dan tinggi pada ruang sehingga ruangan terasa lebih lapang.

Selain pemilihan warna dinding yang tepat, faktor pencahayaan yang cukup, pemilihan furnitur dan asesoris ruang seperti hiasan dinding, lukisan, dan pernak pernik ruang lainnya juga perlu diperhatikan agar dapat menghidupkan suasana ruang yang diinginkan.

Sekali lagi, tidak ada ketentuan dalam memilih warna dinding semua diserahkan kepada pemilik untuk menentukannya, tetapi tentunya tetap menyesuaikan dengan fungsi ruang dan kesan yang ingin ditimbulkan. Jika dana anda cukup, maka membedakan warna dinding sesuai dengan fungsi ruangnya bisa dilakukan tetapi jika dana terbatas pilihlah satu warna yang paling netral sehingga cocok dengan semua fungsi ruang.

Demikian Mbak Ninid, jangan takut untuk bereksperimen dengan warna, anda dapat memilih jenis-jenis warna dan karakternya dari katalog-katalog warna yang ada di toko-toko cat atau material. Padu padankan warna-warna tersebut sesuai dengan keinginan anda dan pilihlah produsen cat dengan kualitas yang baik, memang harganya agak lebih mahal tetapi warna yang dihasilkan dan daya tahannya akan jauh lebih memuaskan dibandingkan dengan cat kualitas rendah.

Mudah-mudahan tips yang saya berikan dapat bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus