Kolam Renang di Rumah

Wardah Tillah – Kamis, 29 Safar 1432 H / 3 Februari 2011 04:11 WIB

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Ustadz yang sholeh,semoga selalu dalam keridhoan Allah SWT. Saya memiliki lahan ukuran lebar 10m dan panjang 27 m. Rencana saya dalam waktu dekat ini ingin membangun rumah dengan ukuran 9 m x 17 m. Kebutuhan saya adalah :
1. Garasi
2. 2 Pintu masuk dari depan dari dari samping
3. Ruang Tamu
4. Ruang keluarga, kami keluarga besar
5. 1 kamar tidur utama didalamnya ada kamar mandi
6. 2 kamar tidur anak
7. musholla
8. Ruang kerja
9. 2 kamar mandi
10. Dapur
11. kolam renang mini ukuran 4 x3 m
Informasi, sebelah kiri dan kanan sudah ada rumah. Mohon dibuatkan denahnya. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Assalaamu’alaikum wrwb

Ibu Wardah yang saya hormati. Semoga husnudzhon ibu kepada Allah tentang saya benar adanya. Bagian dari doa sesama muslim dan merupakan pagar bagi saya untuk semakin berhati-hati dalam menjalani hidup dan kehidupan ini. Dan malaikat pun akan meng-amin-kan hal serupa bagi orang yang mendoakan.

Lahan yang ada bagus sekali. Lebarnya 10 m. Sebuah rejeki yang patut disyukuri. Karena disainnya menjadi tidak rumit. Dan saya sangat mengalami kesusahan jika muka lahan hanya 6 meter atau bahkan 5 meter. Semoga rizki tersebut berkah. Dan terus disyukuri hingga bertambah.

apalagi keinginan untuk memiliki kolam renang. Sebuah ide bagus.karena Rasul juga memerintahkan kita untuk belajar berenang. Hanya saja di era seperti ini kita memiliki keterbatasan untuk mempraktekkannya. Tentu saja kalau bukan karena aurat kita yang jelas pasti akan terbuka, di sisi lain kolam renang bukanlah fasilitas olah raga rakyat yang mudah kita jumpai.

Untuk itu saya buatkan kolam renang tersebut secara privasi di belakang. Ukuran yang ibu inginkan menurut saya terlalu kecil. Hanya 3 x 4 m. Sementara dengan disain saya ibu bisa meletakkan kolam dengan ukuran 3 x 6 m. Bisa lebih panjang lagi jika ibu mau. Karena masih ada sisa lahan.

Keterangan alphabet di atas adalah sebagai berikut :

A. Ruang Keluarga & Ruang Makan

B. Kamar Tidur

C. Ruang Tidur Utama

D. Musholla

E. Ruang Tamu

F. Dapur

G. Ruang Kerja

H. Kamar Mandi

I. Ruang Cuci / Jemur

J. Teras

K. Taman

L. Carport

M. Garasi

N. Kolam Renang

O. Ruang Bilas

Ruang kerja saya letakkan di belakang. Dengan asumsi ia ruang kerja private. Hingga pemandangannya ke kolam renang. Namun jika merupakan ruang kerja publik, sebaiknya dipindah ke depan. Berganti dengan ruang tidur anak yang ada di dekat ruang tamu.

Untuk tampak muka kembali model minimalis yang dikedepankan. Dengan aksentuasi merah dan putih rumah ini tampil cerah. Pet beton yang tipis membuat tampilannya futuristik dan simple. Teras depan juga tampil lapang. Cukup juga untuk sekedar menerima tamu.

Inilah bagian yang kita tunggu-tunggu. Kolam renang di belakang. Dengan area taman yang cuckuo luas serta teras kolam renang yang cukup maka keadaannya menjadi hijau asri dan nyaan untuk beristirahat. Ruang bilas juga tetap ada. Hingga fungsi kolam renang berjalan baik.

Dan gambar terakhir menunjukkan teras belakang yang lapang dan nyaman. Serta atap saling silang yang futuristik dari atap utama dan atap ruang tidur dan ruang kerja. Nuansa abu-abu menambah kesan trendi. Ditambah blok memanjang kebawah kaca penghasil cahaya.

Selesai sudah. Alhamdulillah up date berjalan baik. Semoga saja disain kali ini bermanfaat bagi netter eramuslim.com yang setia melayari situs dakwah ini. Selamat menunaikan ibadah tahajud dan witir. Semoga Allah mengabulkan segenap doa kita di pekat malam ini. Semoga Allah menjaga bangun malam kita agar istiqomah dan diberi kekuatan untuk senantiasa hadir dalam majelis subuh.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus