Rumah di Tanah 12 x 24 Meter ( 1 )

Anik – Selasa, 16 Jumadil Awwal 1432 H / 19 April 2011 11:23 WIB

Assalamualaikum wr wb pak ustad.

Kami keluarga baru ust, dana juga tidak teralu banyak. kami berencana membangun rumah diatas tanah seluas 12 x 24 meter. samping kiri, kanan, dan belakang sudah ada rumah. keinginan kami bagian belakang ingin kami bangun rumah kayu dengan luas 10×10. Tapi kami juga masih bingung bagaimana penataan ruang di dalamnya (sekat-sekat kami ingin tidak permanen agar bisa diubah jika bosan).di belakang dibangun kamar mandi untuk umum karena tetangga tidak memiliki kamar mandi sendiri. sedang bagian depan rumah bangunan permanen dengan atap dak dahulu (pembangunan bertahap, kedepan yang atas untuk kos-kosan). kami menginginkan 1 ruang tamu, 3 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama,dapur+ruang makan, ruang keluarga, garasi, gudang dan musholla. Mushola jika bisa terpisah dengan rumah agar bisa dipakai umum. Serta perkiraan biayanya jika rumah berdiri dahulu dan untuk keramik lantai, cat, dan pemercantik rumah bisa dikerjakan bertahap.

Atas bantuan dan masukan dari Pak Ustadz saya ucapkan terima kasih banyak.

Wassalamu’alaikum wr wb

Assalaamu’alaikum wrwb

Saudara Z di bumi Allah yang luas ini, semoga keluarga yang baru anda bina diberkahi oleh Allah. Diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah. Dan rumah idaman yang didambakan ini menjadi rumah yang bermanfaat bagi sarana ibadah dan bersyukur.

Saya salut dengan anda yang memiliki banyak niat dalam satu amal. Banyak fungsi dalam satu lahan. Sesuai sekali dengan sunnah rasul. Innama a’malu bin niyaat. Demikian hadits itu berbunyi. Niyaat dengan baris panjang berarti jamak. Artinya tidak tunggal. Jadi dalam satu amal memang kita disarankan untuk melakukan niat yang banyak. Ibarat satu pancing ada 2 sampai 5 mata kail. Sekali tarik berharap 2 sampai 3 ikan dapat.

Hanya saya agak bingung membaca redaksional kata-kata dalam pertanyaan tersebut. Berhari – hari bahkan berminggu – minggu saya merenung dan meresapi pertanyaan tersebut. Akhirnya saya coba simpulkan bahwa lahan di depan untuk rumah kos. Di tengah ada musholla umum dan ruang wudhu serta kamar mandi umum. Dan di belakang rumah tinggal. Semoga persepsi ini benar.

Karena terbatas daya tampil juga maka saya ulas bertahap. Berikut adalah kamar kos di depan lahan. Dengan keterantang sebagai berikut :

D. KM/WC H. Kamar Kos G. Teras F. Taman I. Cuci/Jemur

Mohon maaf alphabetnya tidak urut. Pada lay out kali ini saya coba optimalkan lahan di depan. Dengan 6 kamar kos berukuran 2,5 x 3 m. Kamar mandi di luar ada 4. Dengan ruang jemurnya dan tangki air di dak beton atap kamar mandi.

Ini Bagian mukanya. Ada teras di depan untuk menerima tamu atau sekedar duduk-duduk. Yang sekaligus dijadikan muka bangunan. Dengan area hijau yang bisa dimanfaatkan juga untuk parkir motor tamu.

Dan ini bagian sampingnya. Dengan atap setengah kuda-kuda yang akhirnya membentuk taman di tengah. Cukup murah konsepnya. Selain itu juga sirkulasi udara menjadi segar dan terbuka. Tidak ribet dan mudah perawatannya.

Ini bagian kamar mandinya. Saya tutup dengan pembatas kayu. Cukup menghalagi secara transparan. Hingga ada adabnya. Ada etikanya. Tidak langsung blong ke kamar mandi.

Gambar terakhir adalah area jemuran yang saya ambil dari sisi atas. Hingga terlihat optimalisasi disainnya. Diapit kamar mandi dan ada di samping kamar. Jadi privasi kegiatan service ini terjaga.

Demikian dulu jumpa kita kali ini. Setelah hujan lebat turun kemarin, siang hari menjelang zhuhur kini turun lagi rintik air dari langit. Ada saudara kita yang terkena banjir karenanya. Ada pula yang bersyukur karena telah sekian lama panas menyengat. Atas segala hal tersebut mari kita berdoa pada saat yang makbul ini.

Semoga Allah mengampunkan dosa-dosa kita semua. Memasukkan netters sekalian ke dalam surga nya Allah yang penuh bidadari dan mata air sungai yang dapat diminum. Menjadikan akhir hidup kita husnul khotimah. Melindungi anak-anak kita dari segenap mara bahaya.

Amin, Ya Robbal ‘alamin.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – andanarsitek@yahoo.com

NB. Lanjutan artikel ini silahkan klik di /konsultasi/arsitektur/rumah-kayu-10×10-meter.htm

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus