Desain Rumah Tropis Sudut

Karna – Rabu, 14 Zulqa'dah 1429 H / 12 November 2008 12:39 WIB

Assalamu’alaikum ustadz,

Ana berencana membangun rumah tropis modern di lahan sudut seluas 19×20 m2. Rumah dibuat tidak dempet dengan tetangga sehingga udara dapat bersirkulasi dan bagian depan dibuat taman yang lebih luas. Kamar tidur utama, 2 (dua) kamar tidur anak dan kamar tambahan dibuat di lantai atas, sementara ruangan yang lainnya di lantai bawah.

Mohon juga didesain void agar ada sirkulasi vertikal dan dibuatkan sistem pencahayaan serta ventilasi sebanyak-banyaknya

Demikian ustadz pertanyaan dari ana, atas bantuan ustadz ana mengucapkan terima kasih.

Wasalam

Wa alaikumussalam Wr.Wb.

Saudara Karna, bagaimana kabar Padang, saya terakhir ke sana sekitar tahun 1995 karena menulis artikel tentang Universitas Andalas. Alhamdulillah waktu itu sempat berkunjung ke kawasan kota tua dan semen Padang serta jalan-jalan ke Bukit Tinggi. Sayang sekali saya dengar istana Pagaruyung sudah terbakar habis, padahal itu adalah salah satu peninggalan bersejarah yang sarat dengan nilai arsitektur yang tinggi. Saat saya kesana, kondisinya juga sudah menyedihkan karena banyak ornamen yang rusak dan bocor di sana-sini. Seharusnya pemerintah punya perhatian yang lebih khusus untuk menjaga kelestarian budaya bangsa terutama situs-situs peninggalan bersejarahnya.

Cita rasa kuliner nya pun tidak mudah saya lupakan, apalagi yang namanya martabak kubang, ketan duren, lempok dan teh telurnya….. Doa kan saya bisa berkunjung lagi ke sana ya pak, untuk saling bersilahturahim.

Saudara ku, Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan pada anda untuk memiliki lahan yang luas, jika tanah itu berada di ibu kota, tentu harganya sudah mencapai milyaran rupiah. Dengan tanah yang luas kita bisa mendesain dengan leluasa karena keinginan-keinginan kita bisa tercapai, seperti adanya halaman yang luas, cahaya yang masuk ke setiap ruang, sirkulasi udara yang mengalir serta ruang-ruang yang cukup lapang.

Dari lay out desain yang saya buat, denahnya simple saja 12 m x 12 m. Jarak bangunan dari masing-masing sisi jalan dibuat 5 m, agar mobil dapat masuk dan taman depan menjadi luas. Sisi yang bersinggungan dengan tetangga juga tidak dibuat ‘mepet’ tetapi berjarak 3 m disisi kanan dan 2 m di sisi belakang. Dengan adanya empat sisi yang bebas tersebut, maka kita bisa membuat bukaan disetiap ruangan dengan optimal.

Lantai bawah sesuai dengan permintaan anda terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang kerja, dapur, kamar mandi, ruang servis serta tangga. Lantai atas terdiri dari 1 kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, 2 kamar tidur anak dan 1 kamar tambahan yang bisa digunakan jika ada sanak saudara yang berkunjung, musholla serta kamar mandi bersama.

Seluruh aktifitas di lantai bawah terpusat pada sebuah taman kecil di tengah bangunan, menjadikan suasana ruang berkesan lapang dan terbuka. Ruang tamu yang berukuran 3.5m x 4m diletakkan dibagian depan disisi lahan yang berukuran 20 m, tepat di tengah-tengah bangunan memisahkan antara ruang keluarga dan ruang makan serta ruang kerja. Agar kesan sebagai ruang penerima lebih kuat, pintu masuk dibuat menjorok ke dalam sepanjang 1 m. Dinding yang mengarah ke taman disekat dengan menggunakan jendela kaca yang lebar sehingga tamu bisa menikmati indahnya taman. Agar ruang servis di belakang taman tidak terlihat, maka dinding kolam yang mengarah ke ruang servis dibuat tertutup dan bisa anda manfaatkan untuk membuat kolam sirkulasi kecil dengan air yang seolah-olah turun seperti air terjun.

Ruang keluarga diletakkan pada sisi lahan yang berukuran 19 m, dan bisa diakses langsung dari halaman samping. Jika ada keluarga dekat anda bisa langsung mengajaknya ke ruang keluarga ini tanpa harus melalui ruang tamu. Ruang makan dan ruang kerja diletakkan di sisi sebaliknya dan mempunyai bukaan serta teras ke halaman samping kanan. Ruang makan bersisian dengan dapur sehingga makanan dan minuman bisa langsung disuplai. Jika anda sering menjamu tamu maka anda dapat memilih meja makan dengan kapasitas yang lebih besar karena bentuk ruangan yang memanjang memungkinkan untuk menambah kapasitas tempat duduk. Untuk menghubungkan ruang makan dan ruang keluarga tanpa harus melalui ruang tamu maka dibuat selasar di belakang taman yang berfungsi juga sebagai akses ke ruang servis.

Ruang servis yang diletakkan di bagian belakang bangunan terdiri dari kamar dan wc pembantu, ruang cuci / setrika serta area jemur. Area servis ini bisa diakses langsung dari halaman samping maupun halaman depan. Untuk tetap menjaga keamanan, maka akses masuk ke ruang belakang ini dibatasi dengan dinding pembatas setinggi 2.5 m.

Menuju ke lantai atas kita harus melewati tangga berbentuk L. Bentuk ini akan mengesankan ruangan yang lebih luas dan memudahkan pengaturan ruang di lantai atas. Agar ruang tangga tidak gelap pada bordes tangga didesain menggunakan jendela yang menerus ke lantai di atasnya Tangga yang terletak di ruang keluarga ini juga menghubungkan ruang santai di lantai atas sebagai ruang perantara menuju ke ruang-ruang tidur, musholla dan kamar mandi

Yang paling menarik, ruang-ruang di lantai atas ini didesain seperti apartemen atau hotel yang di tengah-tengahnya berupa void atau ruang kosong. Dari selasar penghubung di sekeliling void ini, kita dapat melihat kearah taman di lantai bawah. Anda bisa menggunakan pagar pembatas (balustrade) dari besi yang kokoh disekeliling void agar keamanan lebih terjamin.

Kamar tidur utama yang berukuran 3.5m x 5m, memiliki kamar mandi di dalam agar privasi anda lebih terjaga. 2 buah kamar tidur anak berukuran 3m x 4m serta 1 buah kamar tambahan berukuran 3.5m x 4m yang disiapkan jika sewaktu-waktu ada saudara yang menginap. Seluruh kamar tidur ini memiliki bukaan atau jendela keluar sehingga cahaya dan udara bisa masuk. Agar dari kamar–kamar ini anda bisa langsung menikmati segarnya udara kota Padang maka dibuatlah balkon-balkon kecil yang mengarah ke 2 sisi jalan.

Musholla dan kamar mandi diletakkan berdekatan untuk memudahkan saat berwudhlu, Letaknya juga tidak jauh dari tangga untuk memudahkan pencapaiannya dari lantai bawah.

Secara keseluruhan, desain rumah terlihat simple, modern tetapi tetap memenuhi syarat-syarat sebagai rumah tropis. Bentuk atap menggunakan limasan atau jurai, dengan teritisan yang cukup lebar, sehingga terlindung dari panas dan hujan. Untuk menambah kesan modern bagian puncak atap bisa dikombinasikan dengan material kaca (sun roof) yang berfungsi memasukan cahaya ke void dan taman yang ada di bawahnya. Balkon-balkon kecil di lantai atas berfungsi juga sebagai pelindung panas dan hujan bagi jendela-jendela di lantai bawahnya. Bagian sudut bangunan tepatnya di area ruang keluarga yang mengarah pada pertemuan dua jalan atau hook jalan didesain dengan kaca lebar dan sudut kaca saling bertemu. Bagian atasnya dibuatkan canopy atau topi beton agar aman dari panas dan hujan, begitu pula dengan teras depan dan samping. Kombinasi dinding dengan penggunaan material yang berbeda dapat mensiasati bidang dinding yang luas, seperti halnya pada dinding ruang tangga dan kamar mandi bisa dibedakan teksturnya dengan acian yang digurat atau batu alam. Cat dinding juga bisa mengacu pada warna-warna tropis yang mengarah kepada warna-warna alam.

Saya berharap mudah-mudahan ide-ide yang bisa saya sumbangkan untuk anda akan membawa warna baru di lingkungan anda. Yang paling penting walaupun rumah anda nanti akan terlihat menonjol di lingkungan, dengan komunikasi yang baik dan tetap menjaga silahturahim, insya Allah tidak akan terjadi kesenjangan sosial dengan tetangga-tetangga disekitar anda. Wallahu a’lam.

Wassalam.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus