Finishing Tembok Rumah Baru

Bangun Rumah 123 – Kamis, 22 Jumadil Akhir 1434 H / 2 Mei 2013 10:00 WIB

andan-eramuslimAssalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com
Mohon info Pak, jika ada tembok rumah yang  baru selesai dikerjakan, untuk finishingnya apakah harus pake cat dasar ? Setelah itu baru kita cat sesuai yang kita kehendaki.  Atau bisakah langsung di cat tanpa cat dasar ?
jazakallah atas info Pak Andan.
Wassalaamu’alaikum wrwb
Joko
Wa’alaikum salam wrwb
Netters eramuslim sekalian, alhamdulillah kini saya sudah berada kembali di Bekasi. Tugas rutin ke Solo memang saya masukkan dalam agenda kegiatan. Karena selain mengurus pesantren anak saya disana, ada juga beberapa pekerjaan arsitektur di seputaran Jogja – Solo.
Baiklah, semoga sekilas info tersebut bisa bermanfaat buat teman-teman di seputaran joglosemar. Jogja Solo dan Semarang. Kini kita beralih ke Pak Joko.  Beliau menanyakan mengenai cat tembok untuk tembok yang benar-benar baru. Baru selasai di finishing atau baru selesai di plester aci.
Pak Joko, menurut saya jika tembok itu benar-benar baru selesai di plester aci, maka sebaiknya jangan di lapisi sesuatu dulu. Apapun bentuknya. Karena tembok tersebut masih berkeringat. Hasil dari penguapan air semen akibat panas dari dinding bata dan campuran semennya.
Biarkan ia sekitar sekitar 2 minggu. Sampai benar-benar tembok tersebut tidak basah lagi akibat keringat tembok yang keluar. Nah, setelah benar-benar kering baru kita lapisi dengan  cat.
Pak Joko, untuk menghemat cat tembok sebenarnya kita perlu melapisi tembok tersebut dengan cat dasar atau plamir. Jika tembok agak retak  maka bisa kita plamir bagian tersebut. Dengan tujuan pori – pori atau retak tembok yang terjadi bisa tertutupi oleh plamir. Karena plamir ibarat dempul mobil. Finishing akhir akhir plamir dengan di amplas. Hingga permukaan tembok bisa menjadi rata.
Cat dasar sebenarnya berfungsi melekatkan cat tembok. Karena cat dasar memiliki daya rekat yang kuat ke tembok. Hingga cat tembok menjadi tidak boros dan awet. Karena warna yang dihasilkan akan lebih sempurna dan cat menjadi lebih kuat menempel ke tembok.
Demikian ulasan teknis seputar cat. Semoga keterangan ini bisa bermanfaat biat Pak Joko dan netters sekalian. Sekian dulu jumpa kita.
Wassalaamu’alaikum wrwb

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus