Gerbang Carport Minimalis Natural

Bangun Rumah 123 – Senin, 25 Safar 1434 H / 7 Januari 2013 06:58 WIB

Muka rumah kita biasanya adalah carport. Jadi sering kali yang tampil adalah awning atap atau pintu pagar. Tidak tersentuh disain secara khusus. Hingga muka rumah sering identik dengan tempat parkir mobil. Paradigma ini sebenarnya salah. Karena rumah yang ‘homy’ terkesan menjadi carport yang merupakan service area. Sebuah keterwakilan yang salah.

Untuk itu saya coba perbaiki tampilan ini pada rumah Pak Aziz di Kalisari – Jakarta Timur. Muka rumah saya buat gerbang portal minimalis yang cantik. Dengan warna lembut dan lampu tembok di tiangnya membuat ia tampil ramah bersahabat. Ditambah ornamen batu alam yang alami membuat ia tampil natural.

Proyek ini sebenarnya renovasi rumah lama. Bangunan satu lantai diubah menjadi dua lantai. Rumah lama dengan model ‘jadul’ yang diubah dimasa sekarang. Hingga tuntutan disainnya juga bangunan masa kini. Sesuai dengan pemiliknya yang memang masih keluarga muda.

Pagar garis – garis horizontal membuat tanah dengan lebar yang sempit ini terasa lapang. Karena dominasi unsur horizontal mulai dari besi holow pagar hingga ke portal atap carportnya. Dan untuk menjaga privasi dibalik pagar diselipkan fiber semi transparan. Hingga bagian dalam rumah tidak terlalu terlihat dari luar.

Demikian sedikit sharing kita hari ini. Semoga bermanfaat bagi ide di rumah anda semua para netters eramuslim.

Andan Nadriasta, ST – andanarsitek@yahoo.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus