Rumah Petak Ajaib

Gali – Kamis, 21 Safar 1432 H / 27 Januari 2011 17:31 WIB

Saya berencana membuat kontrakan 2 atau 3 pintu dengan luas tanah 9×10. yg menjadi concern saya adalah sirkulasi udara dan tidak terlihat sempit, jadi nyaman untuk di tempati walaupun kecil.dan kondisinnya ada di tengah tengah rumah yg cukup besar besar leter U lah bisa dibilang…mohon di beri desainya yg baik sekiranya

Terima kasih

Assalaamu’alaikum wrwb

Netters sekalian, dulu sekitar tahun 2001 kalau tidak salah pernah saya naikkan tulisan di eramuslim.com mengenai rumah petak ajaib. Kali ini saya coba angkat kembali tema tersebut. Untuk menyegarkan ingatan kita. Sekaligus flash back perjalanan dakwah kami di layar maya ini. Hanya saja ukuran lahannya berbeda dan tentu pemilik tanahnya berbeda pula.

Istilah rumah petak ajaib sebenarnya istilah saya pribadi yang punya pengalaman melihat rumah-rumah kecil dan memori dulu tinggal di rumah kost saat kuliah di Universitas Pancasila. Jadi intinya dengan ruang yang kecil kita dapat memperoleh banyak ruang di dalamnya.

Denah di atas sebenarnya biasa saja. Walaupun memang ditata secara apik hingga segenap ruang mendapat cahaya. Setiap kebutuhan minimal rumah tangga terpenuhi. Ada tangki air di atas cor dak beton kamar mandi. Ada pula teras dan ruang terbuka tempat sirkulasi cahaya dan udara. Keterangannya adalah : A = Ruang tamu/ruang makan/ruang keluarga. B = Ruang tidur utama. C = Dapur/ruang cuci jemur. D = KM/WC. E = Teras. F = Taman. G = Ruang terbuka untuk Perkerasan untuk parkir motor atau area bermain anak-anak.

Nah, inilah istimewanya. Ada lantai 2 yang terbuat dari kayu. Tepat di atas kamar tidur. Dengan tangga naik dari ruang tamu. Ruang tersebut bisa menjadi gudang. Bisa juga jadi ruang tidur tambahan. atau merupakan hall mezanine yang memang posisinya ada di lantai mezanin.

Bagaimana bisa demikian ? Ya , bisa saja. Karena saya buat atapnya setengah kuda-kuda. Miring ke satu arah. Hingga terdapat sisa ruang kosong di ujung atap. Dengan ketinggian yang cukup maka kita bisa memperoleh tambahan kamar yang saya maksudkan tadi. Biaya tidak mahal. Karena sebenarnya hanya memanfaatkan sisa ruangan di bawah atap. Walaupun dengan resiko panas. Tapi kita pada akhirnya memiliki tambahan ruang. Yang tentu saja bisa menaikkan harga sewa.

Dan gambar terakhir adalah potonganya. Terlihat jelas jeroan rumah petak ajaib ini. Sisa ruang di bawah plafond yang saya manfaatkan dengan optimal. Hingga setiap sudut ruang terpakai dan terjual.

Demikian ulasan disain kali ini. Sebentar lagi adzan maghrib. Mari kita bersiap-siap untuk menyambutnya. Hayya ‘alash sholah. Hayya ‘alal Falah. Semoga kita termasuk kategori orang-orang yang menang. Amin Ya Robb.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

NB. Ide ini saya pakai pula untuk menjawab email dari netters yang lain. Silahkan di akses ke /konsultasi/arsitektur/kos-kosan-sederhana.htm

Dan terima kasih atas perhatiannya. Jazakallahu khoiron katsir.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus