Konsultasi Arsitektur: Bangun Rumah di Lahan Miring

Bangun Rumah 123 – Senin, 15 Ramadhan 1434 H / 22 Juli 2013 08:30 WIB

bangun rumah di lahan miring view 1 topEramuslim.com - Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, saya memiliki tanah di sudut jalan yang miring. Data terlampir . ( sisi miring menghadap ke timur ) .

Rencananya ingin saya bangun rumah 2 lantai. Namun di antara lantai tersebut saya ingin ada lantai 1 setengah yang akan digunakan untuk area service.

Kebutuhan ruang di lantai satu adalah : ruang tidur tamu ( bisa digunakan untuk orang tua ), ruang tamu, mushola, dapur, ruang keluarga dan ruang makan yang besar, garasi untuk 2 mobil, gudang , carport 2 mobil dan teras serta taman yang lapang di luar dan belakang rumah.

Untuk lantai 2 saya ingin ada ruang tidur utama plus wc nya, ruang tidur anak ada 2 buah, ruang duduk, void,  wc umum, kamar tidur tamu plus wc. Saya juga ingin ada taman dalam di lantai 2. Hingga suasananya tetap segar.

Di lantai 1 setengah saya ingin ada ruang pelayan, wc cuci, dan ruang cuci jemur .

Demikian pertanyaannya Pak Andan. terimakasih atas perhatiannya.
Wassalaamu’alaikum wrwb

Muhamad

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Muhamad yang saya hormati, sungguh banyak kebutuhan ruang nya. Alhamdulillah tanah yang ada cukup memadai. Hanya saya saya harus antisipasi keadaan tanah yang miring. Untuk itu saya letakkan areal privasi seperti taman yang lapang di area belakang yang paling lebar. Hingga dengan konsep ini saya bisa mengatur publik area dan service area di bagian tanah yang menyempit.

Cara ini sangat efektif karena nampak pada denah lantai satu kita dapat memperoleh ruang keluarga – ruang makan yang lapang dan nyaman. Menghadap ke taman belakang. Dapur saya pepetkan di kanan hingga ia memiliki akses ke garasi dan carport.

bangun rumah di lahan miring

bangun rumah di lahan miring

Pada denah berikutnya saya tampilkan lantai 1 setengah. Tidak terlalu luas ia. Karena kebutuhannya juga sedikit. Yang unik adalah area ini memiliki akses sendiri. Yaitu tangga besi dari garasi. Bahkan tangga besi ini bisa menjangkau ruang tidur tamu di lantai 2. Hingga tamu memiliki privasi yang nyaman.

bangun rumah di lahan miring denah lt 1 setengh

bangun rumah di lahan miring denah lt 1 setengh

Denah terakhir adalah lantai 2. Ia merupakan area hunian yang nyaman. karena berkumpul kamar tidur utama dan kamar anak – anak. Ruang tidur utama menghadap ke taman. Lalu ruang tidur anak yang di ujung menghadap ke taman dalam di lantai 2. Hingga cahaya dapat masuk secara optimal.

bangun rumah di lahan miring denah lt 2

bangun rumah di lahan miring denah lt 2

Untuk muka bangunan maka secara umum akan dominan di sisi timur. Karena ia adalah area terpanjang. Hingga saya letakkan kaca – kaca besar dan pet beton cantik berserta balkon yang menjadi eye catching. Ditambah tiang merah yang menjadi struktur penyangga dari bawah hingga ke atas bangunan ini menjadi tampak segar.

bangun rumah di lahan miring

bangun rumah di lahan miring

Pada view berikutnya saya ambil dari sudut jalan. Ia merupakan best view dari rumah ini. Karena rumah sudut selalu tampil menarik pada area ini. Apalagi saya buat atap berundak yang merupakan deratan lantai satu dan lantai satu setengah. Hal ini semakin menambah pola sky line yang indah.

View terakhir adalah servive area. Tidak kalah menraik dari view yang lain. Justru ia merupakan ‘surprise’ yang tampil dalam nuansa yang agak berbeda. Dengan box besar dan balkon ruang tidur tamu ia tampil menjadi penyeimbang dari view utama rumah.

bangun rumah di lahan miring

bangun rumah di lahan miring

Gambar terakhir adalah pola atap. Saya ingin netters eramuslim sekalian melihat pola struktur atapnya. Sederhana dan mudah dikerjakan. Hingga pelakasanaan di lapangan tidak menyulitkan tukang dan pengawas lapangan. Dengan menggunakan atap pelana bergenteng keramik glazur. Menjadi perpaduan indah antara arsitektur minimalis dan arsitektur tropis.

bangun rumah di lahan miring

bangun rumah di lahan miring

Alhamdulillah. Pak Muhamad dan netters eramuslim sekalian, selesai sudah disain bangun ruamh di lahan miring kita kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Semoga puasa kita diberkahi Allah. Dan semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk kelak menggapai lailatur qadar.

Akhirul kalam, Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

marketing@bangunrumah123.com atau brocons123@gmail.com

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus