Konsultasi Arsitektur : Menangkap Cahaya di Jalan Buntu

Bangun Rumah 123 – Senin, 19 Syawwal 1434 H / 26 Agustus 2013 09:50 WIB

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Eramuslim.com. Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang saya hormati, terimakasih atas up date nya di eramuslim.com, saya berharap rumah saya dapat segera dibangun. Walaupun dana nya memang terbatas. Namun saya berusaha untuk dapat merenovasinya.

Ada bebarapa hal yang ingin saya sampaikan mengenai disain yang lalu, sepertinya kurang cocok bagi saya. Terutama masalah pencahayaan. Rumah kami sudah dikepung bangunan tetangga bertingkat tinggi. Jadi bagaimana solusinya untuk dapat tetap meraih cahaya ?

Karena disain sebelumnya sepertinya akan gelap.
/konsultasi/arsitektur/renovasi-rumah-di-jalan-buntu.htm#.UfgxXzeZkwo

Kemudian pola denah di lantai atas. Saya ingin 2 kamar anak saling berdekatan. Hanya kamar orang tua saja yang agak terpisah di depan. Hingga kami memiliki pemandangan yang lapang ke depan.

Demikian permintaan kami. Mohon maaf jika merepotkan karena merubah disain awal yang sudah bagus.
Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb
Mulyadi

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Mulyadi dan netters eramuslim yang saya hormati. Semoga kita diberi keberkahan di bulan ramadhan ini. Semoga anda semua dilapangkan rizki nya oleh Allah. Karena jelas memang di akhir – akhir puasa biasanya kebutuhan kita meningkat dari biasanya.

Pak Mulyadi, saya paham sekali akan keadaan ini. Karena rumah bapak memang berada di jalan buntu. Apalagi setelah saya survey melalui bantuan kakak saya yang tetangga bapak di Pamulang.Pada aera buntunya sudah berdiri tembok punggung rumah tetangga yang tinggi. Jadi memang area sekita menjadi agak gelap.

Bangun rumah

Bangun rumah

Untuk itu saya coba antisipasi dengan membuat atap setengah kuda-kuda yang tidak menempel tembok tetangga. Pola ini menghasilkan gubahan massa yang unik. Karena tampilan rumah  menjadi lebih baik dengan fokus muka bangunan yang jelas dan terarah.

Bangun Rumah

Bangun Rumah

Selain itu aliran angin dan cahaya akan masuk di sela- sela tembok yang saya undurkan. Masuknya akan semakin kuat setelah saya buat atap pelana kecil pada ruang tidur utama di lantai atas. Hingga terlihat permainan atap antara 2 bidang yang berbeda.

Bangun Rumah

Bangun Rumah

Tembok merah tua atau coklat gelap di area service menjadi kuncian disain. Ia menutupi area service yang tak layak tampil. Mohon maaf saya buat menggantung area ini. Sebenarnya di lapangan ada tembok dinding tetangga tempat meletakkan struktur. Saya buat demikian semata hanya agar mudah dilihat dan dibaca oleh netters sekalian.

Bangun Rumah

Bangun rumah

Untuk ruang tidur anak saya letakkan bergandengan di belakang. Dengan sedikit balkon kecil untuk masuk cahaya dan angin. Balkon ini dapat di akses dari celah tembok atap yang saya undurkan. Hingga udara dapat mengalir dengan bebasnya.

Bangun Rumah

Bangun Rumah

Alhamdulillah selesai sudah disain revisi kita kali ini. Semoga Pak Mulyadi diberi kepalangan rizki untuk dapat segera memulai renovasi rumah ini.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Netters eramuslim yang saya hormati, sampai jumpa di edisi berikutnya. Selamat beri’tikaf. Semoga kita di beri kesempatan oleh Allah untuk menggapai lailatul qadar.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus