Konsultasi Arsitektur : Permainan Kaca Sudut pada Fasad Rumah

Bangun Rumah 123 – Selasa, 20 Syawwal 1434 H / 27 Agustus 2013 09:54 WIB

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, rumah saya sebenarnya dekat dekat orang tua PakAndan di Jatiwaringin- Pondok Gede. Untuk itu saya ingin renovasi rumah saya di disain oleh Pak Andan.

Ukuran tanahnya 10 x 20 meter. Muka tanah adalah 10 meter. Di atas tanah tersebut ada rumah sangat sederhana. Saya ingin bongkar saja semua karena saya ingin rumah yang luas agar dapat menampung saudara- saudara saya.

di lantai dasar saya ingin ada kamar tidur utama plus wc nya yang berada di depan rumah. Lalu ruang tidur anak di belakang nya ( plus wc juga ). setelah itu musholla di belakang ruang tidur anak dan kamar mandi uimum di belakang. Di tengah saya ingin ada ruang tamu dan ruang keluarga yang lapang.

Lalu di kanan saya ingin ada carport 1 mobil, garasi 1 mobil, dapur, pembantu, gudang dan teras.

Untuk lantai atas saya ingin ada kamar 2 buah yang besar, void yang lapang, ruang duduk yang lega, balkond di depan dan belakang, serta ruang cuci jemur. Kamar mandi ada 2, yaitu untuk umum dan untuk cuci jemur. Jangan lupa juga saya perlu gudang.

Saya juga masih ingin taman yang lega di depan dan belakang. Lalu saya ingin ada kaca sudut yang cantik di muka rumah. Hingga nampak indah dan menawan.

Demikian Pak Andan, terimakasih sekali atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Teguh yang saya hormati, Alhamdulillah posisi kita berdekatan. Karena saya sendiri di Jatibening. Memang orang tua saya tinggal di Jatiwaringin. Setelah berkeluarga 18 tahun yang lalu saya memutuskan untuk pindah ke Jatibening agar lebih mandiri. Namun tetap dekat dengan orang tua agar bisa rutin menjaga mereka.

Netters eramuslim sekalian dan Pak teguh di Jatiwaringin, saya membuat denah dengan membagi 2 pola sirkulasinya. Untuk itu saya letakkan tangga di tengah. Membelah 2 kamar tidur di bawah. Hingga saya bisa menempatkan taman di sisi kiri lahan.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Taman ini berfungsi sebagai radiator pendingin ruangan. Karena panjang bangunan cukup lumayan hingga sinar matahari tak mampu menjangkaunya. Mushola saya letakkan di kanan tidak di belakang. karena arah kiblatnya di kanan lahan. Hingga saya harus menjaga posisi mihrab agar tidak terganggu lalu lalang orang.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Lantai 2 saya buat mirip. Dengan peletakan kamar tidur di sisi kiri bangunan . Hingga hemat struktur dan mudah dalam pembentukan pola atap. Konsep ini menghasilkan void yang lapang di tengah. tempat masuk sinar matahari dan cahaya segar yang menyehatkan.

Area service saya kelompokkan di belakang. Hingga membentuk bangunan tersendiri. Pola ini juga membuat kita dapat membangunnya secara bertahap jika cash flow nya berat. karena strukturnya bisa terpisah.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Untuk fasad bangunan saya sangat perhatikan pola pemasangan kaca sudutnya. karena ia berpengaruh pada bentuk muka bangunan yang berliku mengikuti arahan kaca. Untuk itu saya buat rangkaian batu alam di bawah bangunan hingga menyentuh balkon.  Dipadu padankan dengan lis ban dan tembok kamprot abu – abu. Rumah ini tampil dengan indah.

Atap saya buat limasan yang khas tropis. Sangat sesuai dengan lekukan fasad yang mengikuti bentuk sudut kaca. Dan akan semakin indah jika kita pandang dari sisi kiri atau kanan bangunan. Hingga rumah ini nampak menarik dari arah manapun juga.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Bagian belakang tetap saya perhatikan. Dengan gaya yang saya seperti di depan. karena tetap saja kita ingin tampil indah walaupun ia adalah fasad belakang rumah yang hanya dapat dinikmati dari arah taman belakang.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Nah, alhamdulillah selesai sudah tugas saya. Semoga arahan disain ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa pada edisi konsultasi berikutnya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus