Desain Rumah Asri Di Lahan 60 M2

Wildan – Rabu, 23 Safar 1430 H / 18 Februari 2009 01:55 WIB

Assalamu`alaikum, Bapak Ir. Aria Heryantha

Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan taufik dan hidayah oleh Allah Ta`ala. Sehingga saya bisa menyampaikan permohonan bantuan kepada Bapak, berkaitan dengan rencana pembangunan sebuah rumah. Ada yang mengatakan " Orang yang baik adalah orang yang dapat berguna untuk orang lain" , Sepertinya Bapak Aria sudah ada dalam kata bijak itu, bukti nyatanya insya Allah Bapak bisa bantu saya untuk mendisain rumah yang saya inginkan, karena awalnya saya bingung mesti kemana konsultasi/mencari informasi tentang membangun rumah.
Selanjutnya saya informasikan data luas tanah dan beberapa ruang yang saya inginkan.
Luas tanahnya : lebar 5 m x panjang 12 m, rencananya rumah akan dibangun 2 lantai. Harapan saya rumah ini bisa asri, sejuk dan yang pasti bisa membawa berkah khususnya bagi keluarga kami dan umumnya kepada tetangga sekitar kami.

Untuk lantai 1 yang saya inginkan adalah :
1 Ruang tamu, 1 Ruang keluarga, 1 kamar tidur, 1 kamar mandi+closet, dapur , teras dan garasi.
- Rumah menghadap ke jalan. lebar jalan 3.5M
- Garasi untuk mobil dengan ukuran sedang ke bawah (bukan mobil berbodi besar)
- Posisi tanah memanjang ke belakang, Rumah menghadap ke arah selatan.
- Difokuskan pada ruang tamu dan ruang keluarga agar terkesan lebar.
- Untuk bagian depan saya ingin ada 2 pintu,1 pintu utama dgn double daun pintu & 1 pintu samping. Dan 1 pintu samping ini ada pada bagian paling kiri kalau kita berdiri menghadap kelokasi/rumah, pintu samping ini agar berada dibelakang garasi, posisi pintu samping ini memang ada dibagian pinggir depan, tapi kita bilang pintu samping karena untuk akses keluar masuk agar tidak melalui ruang tamu, pintu samping ada disebelah depan karena lokasi tanah kami disebelah kanan, kiri dan belakang sudah ada tembok/mepet dgn rumah tetangga. Bapak Aria : apakah mungkin di ruang tamu dan ruang keluarga bisa mendapatkan cahaya matahari dan juga sirkulasi udara yg cukup ?.
Untuk tangga sebaiknya menggunakan bahan dari kayu, besi atau cor ?
Untuk interior khususnya diruang tamu sebaiknya tembok dan lantai berwarna apa,warna yang cerah dan tidak membosankan. Kalau warna tembok ruang tamu lebih dari 1 warna bagaimana.

Untuk lantai 2 yang saya inginkan adalah :
1 musholla, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, teras/balkon, tempat jemuran dan gudang. untuk musholla agar berdekatan dengan teras.

Demikian permintaan bantuan saya kepada Bapak, semoga Bapak bisa memenuhi yg saya inginkan, dan Bapak salalu diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga bisa terus membantu orang lain yang membutuhkan dan menjadi amal baik buat Bapak.
Sekian dan terima kasih.

Wassalamu`alaikum

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb…

Mas Wildan, detik ini juga Allah masih menganugerahkan kenikmatan yang melimpah bagi kita sehingga kita masih bisa menghirup segarnya udara dan merasakan lezatnya iman sehingga detik ini pula saya masih bisa menjawab pertanyaan yang anda layangkan. Alangkah tidak bersyukurnya manusia yang selalu mendustakan nikmat-nikmat tersebut…..

Sudah seharusnyalah kebaikan dan kelemahlembutan tercermin dalam sikap dan perilaku orang beriman, ….lebih baik menjadi orang penting tetapi lebih penting menjadi orang baik….demikian saya teringat kata-kata Kang Ebet Kadarusman. Sikap kelemah lembutan haruslah  tertancap dalam hati setiap mukmin dan bahkan Allah ta’ala memberikan pahala surga bagi seseorang yang menyelamatkan nyawa seekor anjing yang sedang kehausan dengan turun ke sumur dan mengambilkan air dengan sepatunya, karena di dalam hatinya ada rasa iba dan kasih sayang pada makhluk ciptaanNya, demikian dikisahkan oleh junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.

Mas Wildan, karena cukup banyak yang mempertanyakan konsep rumah di lahan 60 m2, mudah-mudahan jawaban saya ini juga bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman netters lainnya yang mungkin tidak bisa saya jawab satu persatu.
Sesuai dengan kebutuhan ruang yang anda inginkan, saya mencoba membuat tatanan ruang yang walaupun tidak luas tapi sedapat mungkin tetap mempertimbangkan sirkulasi udara dan cahaya alami.

Sesuai dengan keinginan anda juga, pintu masuk terdiri dari dua yaitu dari ruang tamu yang menggunakan pintu 2 daun selebar 120 cm dan pintu samping yang berhubungan langsung dengan dapur. Konsep perletakan dapur sengaja saya buat di muka, tujuannya agar daerah servis ini tidak perlu melewati ruang-ruang lain yang sedikit banyak akan mengganggu privasi, apalagi jika sudah berurusan dengan sampah yang merupakan proses akhir dari daerah logistik ini.

Ruang tamu didesain berukuran mungil 2.5 m x 2.5 m, karena merupakan bagian yang paling jarang digunakan, apalagi jika anda pasangan suami istri yang cukup sibuk bekerja. Ruang ini juga langsung berhubungan dengan taman luar dengan perantara teras berukuran 1.5 m x 2.5 m. Tentunya anda hanya perlu meletakkan 1 sofa kecil agar ruangan tidak semakin sumpek. Ruang tamu sebagai ruang pengantar memang sebaiknya mewakili identitas pemiliknya, karena itu gunakanlah warna yang memang sesuai dengan karakter anda. Warna-warna fresh seperti hijau muda dan turunannya bisa menjadi pilihan anda. Jika ingin mengkombinasikan warna dinding sebaiknya jangan lebih dari 2 warna dan anda bisa meletakkan warna turunan yang lebih gelap pada sisi dinding yang berhadapan dengan pintu masuk. Pada dinding latar ini anda juga bisa meletakan 1 buah lukisan abstrak yang tidak terlalu besar.

Beranjak ke ruang berikutnya anda akan diberi pilihan untuk menuju ruang keluarga, ruang tidur utama, tangga ke lantai dua, kamar mandi atau ke arah dapur. Ruang keluarga juga berukuran mungil, 2.5 m x 2 m saja, cukup untuk meletakan 1 set sofa 2 seaters dan bantal-bantal duduk, pada ruangan ini pilihlah cat dinding yang bernuansa hangat seperti coklat muda dan turunannya dengan kombinasi warna gelap pada dinding belakang sofa. Ruang keluarga ini bersisian dengan taman belakang sehingga udara dan cahaya alami bisa masuk dengan leluasa. Jika anda menginginkan ruangan yang lebih luas dan fleksible maka ruang tamu dan ruang keluarga ini sebaiknya tidak disekat dengan dinding permanen tetapi bisa menggunakan lemari penyekat 2 arah sehingga bisa dimanfaatkan kedua sisinya, atau cukup menggunakan divider atau sketsel yang sewaktu-waktu dapat dibuka.
Kamar tidur utama berukuran 3 m x 3 m dan memiliki jendela ke arah taman belakang, untuk ruang istirahat ini dianjurkan menggunakan warna-warna soft atau pastel agar tidak memberikan kesan menekan.
Posisi dapur bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga agar tidak memakan tempat. Pada sisi bawah tangga yang paling tinggi, dapat diletakkan kompor dan sink. Sedangkan bagian lainnya dapat dimanfaatkan untuk lemari penyimpanan. Sebaiknya anda menggunakan jasa tukang kayu khusus untuk membuat kitchen set di bawah tangga ini. Sekalian menjawab pertanyaan anda sebaiknya tangga menggunakan material kayu, besi atau beton….., disesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang letak tangga sengaja di ekspos sebaiknya dari bahan kayu atau besi atau campuran keduanya. Tetapi jika hanya sekedar untuk akses ke lantai 2 anda cukup menggunakan tangga beton. Untuk kondisi rumah anda, sebaiknya gunakan material beton karena di bawahnya ada kitchen set yang merupakan sumber panas. Lengkapi bagian di atas kompor dengan mesin penghisap asap dan panas atau cooker hood dan bukalah jendela pada saat ada aktifitas memasak.

Di lantai dua terdiri dari 2 kamar tidur anak berukuran 2.5 m x 3 m dan 2.5 m x 2.5 yang memiliki jendela kearah void di atas taman, serta 1 unit kamar mandi. Warna untuk kamar tidur bisa dibuat bertema sesuai dengan kesenangan anak anda. Furniturenya pun sebaiknya di desain khusus sehingga akan menyesuikan dengan kebutuhan anak serta luasan ruangnya. Sedangkan gudang dan musholla bersisian dengan balkon/teras atas. Anda bisa membuat lantai panggung dengan ketinggian 10-15 cm untuk memisahkan daerah suci bagi musholla.

Karena keterbatasan ruang, maka ruang jemur diletakkan menjorok 1.5 m diatas carport sejajar dengan balkon. Kontruksinya menggantung agar tidak mengganggu ruangan di bawahnya. Dari tampilan akhir bangunan, ekspos ruang jemur dan balkon ini justru menjadi elemen arsitektur yang cukup menarik bagi rumah anda. Bagian muka ruang jemur yang ditutup dengan elemen dinding, seolah-olah menonjol dengan tektur dan warna yang berbeda dari dinding-dinding lainnya.

Atap bangunan dibuat miring 1 arah dengan talang beton di sisi kiri selebar 50-60 cm agar bangunan terhindar dari masalah kebocoran. Atap miring ini berhenti pada batas void lantai 2 agar cahaya dan udara dapat masuk ke taman belakang. Sisa 2 m di atas ruang tidur anak belakang, ditutup dengan dak beton sekaligus sebagai tempat meletakkan torn air.

Gaya bangunan cukup simple dan modern dengan perpaduan garis-garis bangunan vertikal dan horizontal juga dengan penggunaan perpaduan beberapa unsur material seperti kayu pada kusen dan railing balkon, beton pada canopy, kaca pada jendela serta batu alam dan dinding gurat menjadikan rumah anda tampil ramah dengan lingkungannya. Taman kecil dan pedestrian dari batu alam juga semakin menambah keasrian rumah yang insya Allah akan membawa keberkahan bagi anda dan keluarga, tinggal bagaimana anda akan mengisinya dengan berzikir pada Allah.

Semoga Mas Wildan terinspirasi dan selamat mewujudkan rumah idaman anda dan keluarga…..

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus