Membuat Rumah di Tanah 6 x 12 m

Bangun Rumah 123 – Sabtu, 22 Rabiul Awwal 1434 H / 2 Februari 2013 19:00 WIB

Assalaamu’alaikum wrwb

Selamat malam Pak Andan, saya punya tanah kavling 6 x 12 m, 72 meter2.  Ingin  dibangun seperti rumah yang ada di perumahan. Bagaimana disainnya agar tampil cantik dan modern ?

Terimakasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Muzayin Aripin

Wa’alaikum salam wrwb

 

Pak Muzayin Aripin yang saya hormati, Saya mencoba memasukkan semua kebutuhan dalam rumah tinggal di bangunan satu lantai ini. Mulai dari ruang tidur utama plus kamar mandi dalamnya, ruang tidur anak, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, ruang cuci jemur, kamar mandi umum, hingga carport dan parkir motor. Khusus untuk parkir motor berbagi ruang dengan teras di depan dapur. Dengan cara demikian kita memiliki akses pintu samping. Hingga rumah memiliki 2 pintu masuk.

Untuk hawa saya mengandalkan taman kering di dalam. Karena lahan yang ada cukup kecil. Hingga kita tidak bisa membuat taman lapang di belakang atau samping rumah. Dengan akses hawa melalui void dari genteng. Insya Allah dengan konsep ini sudah cukup memadai bagi perputaran udara segar di rumah.

Tampak muka saya buat dengan balutan warna segar. Tiang bulat membuat rumah kecil ini berkesan dinamis. Tidak kaku. Tidak monoton. Hingga Teras kecil di depan rumah Tampil indah.  Ditambah taman segar dan pohon hijau sejuk menaungi muka rumah dan membuat resapan air hujan optimal.

 

Permainan lisban putih dan batu alam membuat rumah ini benar benar tampil seperti di perumahan yang didambakan. Jadi walaupun tanahnya kecil dan rumahnya kecil pula, namu seluruh kebutuhan rumah tangga terpenuhi. Seluruh ruang juga memperoleh syarat ideal penghawaan dan pencahayaan yang baik dan benar. Bahkan kebutuhan kendaraan tidak hanya mobil saya penuhi. Area parkir motor juga disediakan. Dengan pintu teralis akan membuat aman dan segar. Karena aliran hawa segar dapat melalui lorong teras ini. Hingga ia ibarat cerobong hawa besar yang berbentuk ruangan.

Netters eramuslim sekalian, cukup sekian penjelasan disain kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita Semua. Semoga Pak Muzayin diberi kelapangan rizki yang luas oleh Allah. Agar dapat segera membangun rumah idaman ini.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST - andanarsitek@yahoo.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus