Rencana Biaya untuk Pertanyaan Desain Rumah di Lahan 80 M2

Junaedy – Sabtu, 10 Zulqa'dah 1429 H / 8 November 2008 23:06 WIB

Assalamualaikum,

Saya tertarik dengan pertanyaan "Desain Rumah di Lahan 80 M2". Kebetulan ukuran tanahnya sama dgn rumah saya. Akan tetapi rumah saya sudah jadi dgn type 22/80. Rencananya saya akan merenovasi sesuai dengan desain dari bapak tsb.

Mohon bantuannya utk merinci Biaya yang diperlukan.Jika akan membuat lantai 2 seperti saran bapak berapa pula total biayanya?

Jazakallah atas jawabannya,

Wassalamualaikum

Wa ‘alaikumussalam wr.wb.

Saudara Jun, sebelumnya saya sangat berterima kasih karena anda telah mengapresiasi rubrik konsultasi arsitektur ini dan ingin merenovasi rumah anda seperti desain rumah saudara Emang. Saya harapkan netters era muslim yang lain pun akan saling tolong menolong agar solusi-solusi desain ini bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Jika anda menanyakan masalah biaya, saya tidak bisa memberikan hitungan yang detail karena Rencana Anggaran biaya yang lengkap dengan volume dan harga satuan akan keluar hitungannnya jika desain pengembangannya (development design) atau gambar kerjanya sudah dibuat.

Tapi untuk tidak mengecewakan anda, kita bisa menghitung anggaran biaya kasarnya. Harga per m2 bangunan saat ini sangat fluktuatif sehingga kadang jika kita menggunakan standar harga yang terlalu rendah, perhitungan bisa meleset. Jika kita ambil harga per m2 nya 2.5 juta rupiah dan luas bangunan di lahan 80 m2 di belakang GSB adalah 8m x 6.75m = 54 m2, maka total biayanya adalah 54 x 2.5 juta = 135 juta rupiah. Jika anda ingin membuat ruang servis di lantai atas dengan luas 6.75 m x 2.5 m, maka biaya tambahan yang harus dikeluarkan adalah 17m x 2.5 juta = 42.5 juta rupiah. Jadi biaya total yang dibutuhkan adalah 177.5 juta rupiah.

Harga ini tentunya bukan harga mati, karena masih bisa bertambah atau berkurang, sesuai dengan kondisi di lapangan. Anda masih bisa menekannya dengan mencari sumber-sumber material dengan harga yang miring serta membangun dengan sistem borongan tukang saja. Untuk mendapatkan biaya yang lebih pasti, anda bisa berkonsultasi dengan kontraktor atau pelaksana bangunan yang direferensikan oleh tetangga, teman atau kerabat anda, dan pastikan desain rumah yang akan dibangun tidak berubah-rubah pada saat bangunan sudah mulai digarap.

Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi anda dan saudara Emang serta para netters yang lain, dan berusahalah sekuat mungkin memohon pada Allah agar dimudahkan dalam segala urusan.

Wassalam

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus