Ruko 4 X 20 M

Yulia Hafni – Rabu, 17 Jumadil Awwal 1432 H / 20 April 2011 16:11 WIB

Assalamualaikum wr. wb.

Ustadz Andan. Saya ingin konsultasi untuk pembuatan ruko 2 lantai, di tanah 4m x 20m. dibawah untuk toko, bagian belakangnya dapur + tempat makan + kamar mandi, diatas ruang tamu dan kamar 1 buah. sedangkan kondisi sekitar sudah terhimpit gedung kanan kiri, bagian depan masih bisa karena menghadap jalan raya, bagian belakang juga masih terbuka.

Mohon bantuannya bagaimana pembuatan denahnya? Terima kasih atas perhatiannya.

wassalamu’alaikum wr. wb.

Assalaamu’alaikum wrwb

Sepulang dari mengantar istri ceramah di Gedung Mulia – Telkomsel Jakarta saya up date konsultasi ini. Lelah masih menggelayut. Karena harus merayap bersama kemacetan di temani VW kodok setia. Bahkan sampai ketiduran saat membuat disain di laptop sambil menunggu tadi. Namun kewajiban tayang harus terpenuhi. Untuk itu fa idza farogh tafanshob. Ada di surat alam nasyroh juz 30. Maka jika sudah selesai satu urusan, kerjakanlah urusan yang lain.

Ibu Astry yang saya hormati. Demikian juga segenap netters eramuslim dimanapun anda berada. Semoga jalinan ukhuwah kita via dunia maya senantiasa terjalin. Terimakasih atas kesetiaan anda pada kami. Mohon maaf jika masih ada banyak kekurangan disana sini. Kami hanyalah sekumpulan manusia yang berusaha berbuat kebaikan. Jika ada kekurangan tentu bukan maksud hati berbuat demikian.

Diantara tumpukan email yang ada saya pilih Ibu Astry karena cukup mudah menjawabnya. Datanya lengkap. Kebutuhan ruangnya jelas. Walaupun emailnya pendek. Namun sudah cukup mewakili informasi data teknis.

Berikut denahnya saya lampirkan. Semoga berkenan tampilannya.

Parkir cukup luas. Dengan panjang 6 meter ditambah teras 1 meter sudah bisa masuk mobil besar sekelas Toyota Alphard. Di dalam langsung masuk ke area toko. Lalu tangga saya selipkan dibawah tangga. Dapur dibuat ruang khusus agar tidak mengganggu. Namun jika sekatnya ingin dibuka bisa saja. Bila ingin terasa lapang. Jadi ruang makan bisa menyatu dengan dapur.

Untuk lantai 2 sengaja ruang keluarga atau ruang tamu diletakkan di depan. Agar menghadap langsung ke jalan. Jadi bilamana lantai 2 ingin difungsikan juga sebagai tempat usaha akan mudah layout-nya.

Nah, ini tampak mukanya. Dengan tiang batu alam dan permainan kaca-kaca yang besar membuat ia tampil menarik perhatian. Karena di area muka yang mencolok ini bisa dipasang atau ditempel plang sponsor yang ada.

Gambar terakhir menunjukkan atapnya yang sederhana. Dengan pola atap setengah kuda-kuda miring ke belakang akan membuat murah pengerjaannya. Juga mudah perawatannya.

Demikian ulasan kita hari ini. Semoga bermanfaat. Salam keberkahan mengakhiri jumpa kita dari pemilik cinta Alam semesta. Salam yang menyatukan akidah kita. Salam dari semua kami disni. Semoga hari-hari anda para netters eramuslim senantiasa dilimpahi taufik dan hidayah.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – andanarsitek@yahoo.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus