Rumah 1 Dibagi 2

Bangun Rumah 123 – Sabtu, 30 Rajab 1434 H / 8 Juni 2013 13:55 WIB

feriAssalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan , saya memiliki rumah kosong. rencananya ingin dikontrakkan atau bisa juga buat modal awal anak jika nanti mereka menikah. Menurut saya agar optimal bangunan yang ada sekarang dapat dibagi 2. Namun lebarnya yang hanya 8,5 meter membuat saya bingung.

Saya ingin masing-masing nya ada carport dan 1 kamar tidur di bawah. Lalu di lantai atas ingin ada 2 kamar tidur dan ruang cuci jemur. Hingga jika dikontrakkan akan signifikan nilainya. Karena menjadi 2 penghasilan. Kalaupun digunakan anak maka dapat 2 anak yang menggunakannya.

Demikian pertanyaan saya. Mohon masukkannya. kalau bisa paket hemat saja disainnya. Jadi tidak banyak bongkar dan tidak mahal biaya renovnya. Terima kasih sekali atas tanggapan Pak Andan. Jika ada waktu saya ingin Pak Andan berkunjung ke rumah saya.

Data – data ukuran lapangan sudah saya lampirkan. Semoga dapat menjadi acuan dalam mendisain. Sekali lagi terima kasih atas bantuannya

Wassalaamu’alaikum wrwb

Feri – Bekasi

Wa’alaikum salam wrwb

Netters eramuslim sekalian, alhamdulillah di hari Jum’at ini kita masih dapat bersua via layar statis di media internet ini. Alhamdulillah Allah masih memberi kita kesempatan untuk menikmati rizki yang telah dilimpahkan. Dan segala puji pula bagi Allah yang masih memberi waktu untuk memperbaiki kesalahan – kesalahan yang ada. Hingga berharap kelak kita menghadap Allah dalam keadaan bersih husnul khotimah.

Pak feri, sudah saya pelajari file nya. Hingga saya mengambil kesimpulan untuk membagi 2 rumah ini melalui ruang tidur di muka rumah. karena bentangnya 3 meter maka akan saya bagi 2 menjadi 1,5 meter masing – masingnya.

feri gaperi - denah lt 1Kamar mandi lama yangberwarna biru saya pertahankan. Jadi kita tinggal membuat septic tank baru di bangunan sebelah kiri. Karena biasanya septic tank lama ada di kanan bangunan. Dengan konsep ini carport lama di kana juga tidak perlu dibongkar. kita tinggal membuat carport baru di kiri bangunan untuk rumah sebelah kiri.

Kamar tidur depan yang saya belah akan dijadikan dapur. Hingga akses tukang gas dan air mineral menjadi mudah. Rumah menjadi tetap memiliki 2 pintu. Tetap ideal walaupun lebarnya hanya 4  meter-an.

feri gaperi - denah lt 2Ruang tidur utama saya letakkan di lantai 2 bagian depan. Karena area ini memiliki peluang bentang yang paling lebar. 4,5 meter dan 4 meter untuk rumah kanan. Memang tidak adil. Beda setengah meter. Namun inilah yang terhemat. Banyak tembok lama yang tetap saya gunakan.

feri gaperi - view 1Tampak muka saya buat sangat minimalis. agar benar – benar hemat. Dengan daya tarik permainan warna cerah ceria. Ia akan menjadi bagunan modern dan futuristik. Permainan box dan lis ban putih semakin membuat ruamh ini tidak membosankan.

feri gaperi - view 2Rumah ini sebenarnya hanya 4 meter-an lebarnya. Namun terasa lapang dan nyaman. Hal in dikarenakan bendtuk dempet yang saling mengapit.  Jadi sepintas dari jauh memang nampak 1 rumah. Namun setelah masuk ke dalam sesungguhnya ia adalah 2 rumah yang terpisah.

feri gaperi - view 9Kusen serta pintu dan jendela saya buat putih polos saja. Hingga terasa kontras sekali dengan warna warni cat bangunan. Dengan dasar batu alam atau tembok gelap di bawahnya akan membuat rumah ini tampil kokoh. Serta tetap sejuk segar karena masih menyisakan taman di depannya.

Atap rumah ini asbes. Jika kita perhatikan dari gambar di bawah ini. Namun jika kita lihat dari depan tidak terlihat. Cara ini ditempuh untuk membuat bangunan murah meriah namun tetap tampil cantik.

feri gaperi - view 6Gambar terakhir adalah bagian belakang bangunan. Tempat tangki air dan cuci jemur di lantai 2. Terhubung langsung dengan kamar mandi di atas dan di bawah. Hingga plumbing hemat dan praktis.

Nah, selesai sudah disain kita kali ini. Alhamdulillah satu tugas selesai hari ini. Masih banyak tugas – tugas lain menanti. Mulai dari jadwal disain yang sudah menanti, hingga jadwal menonton bola nanti malam di TV. Agar ayahanda yang kini masih dalam pemulihan dari stroke dapat terhibur.

Mohon doa dari netters sekalian. Alhamdulillah sekarang sudah boleh pulang dari RSPJ di Cempaka Putih – Jakarta Pusat. Terimakasih atas segala support dan perhatian netters serta teman – teman sekalian. Mulai dari kunjungan hingga doa yang terkirim. Jazakumullah khoiron katsiron.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – andanarsitek@yahoo.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus