Rumah Komplit di Lahan 6 x 15 m

Bangun Rumah 123 – Rabu, 20 Rajab 1434 H / 29 Mei 2013 06:28 WIB

andanerapictureAssalamualaikum wrwb

Semoga Ustadz Andan sekeluarga selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Saya  mohon bantuannya Pak Ustadz Andan, Alhamdulillah sekarang  saya  sudah memiliki  tanah seluas 90m2  dengan dimensi 6 meter lebar depan dan 15 meter panjang ke belakang.

Mohon bantuannya untuk membuatkan disain  rumah sederhana yang asri.  Spesifikasinya rumah satu lantai dengan dua kamar tidur, untuk kedepannya insha Alloh kalau ada rezeki nya akan di tingkatkan (dibuat dua lantai).Demikian pertanyaan kami,

terimakasih sebelumnya

Wassalaamu’alaikum wrwb

Gunawan

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Gunawan yang saya hormati, semoga dengan rizki tanah yang telah Allah amanahkan kepada bapak akan semakin menambah rasa syukur serta iman dan takwa. Karena masih banyak saudara saudara kita yang tidak memiliki rumah. Di Palestina rumah mereka rata dengan tanah. Suku Rohingya bahkan tanah tempat rumah mereka berdiri kini menjadi area terlarang.

Untuk itu betapa berharganya rumah atau tanah yang telah kita miliki. Dan untuk itu pula marilah kita berdoa sebagai bentuk rasa syukur kita. Doa indah yang telah rasul ajarkan.

اللهم أعني على ذكرك وشكرك، وحسن عبادتك
“Allahumma   a’inni   ‘ala   dzikrika   wa   syukrika   wa   husni   ‘ibadatika’”
 ” Ya Allah, bantulah aku untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu, serta agar bisa beribadah dengan baik kepada-Mu”

(HR. An Nasa’i [1303]  dan Ahmad [21614]  Sahih Sunan Abu Dawud. )

 

Pak Gunawan, ukuran tanah 6 x 15 m sebenarnya cukup besar. Untuk itu saya hanya mencoba membuat disain yang optimal. Hingga jika memang tidak harus ditingkat maka tentu biayanya akan lebih murah. Rumah tumbuhnya tetap dikerjakan. Tapi tidak keatas. Melainkan tetap satu lantai saja.

gunawan - DENAH2 kamar saya deretkan saling berdekatan. Dengan akses hawa dari taman samping yang cukup lapang dan lebar. Di jembatani teras samping yang nyaman ia akan menjadi area bersantai keluarga yang teduh dan harmonis. Penuh kehangatan tanpa terganggu suara bising dari luar karena posisinya sudah agak ke belakang.

gunawan view 1Teras yang saya maksudkan tersebut saya tampilkan dengan lebih detail. Dengan kursi taman dan rumput hijau serta taman bunga yang mungil membuat area ini semakin asri dan segar. Menjadi paru – paru rumah yang membuat udara mengalir dengan baik.

gunawan view 3Agar lebih jelas saya tampilkan interior 3 dimensinya. Melalui pandangan ini maka kita bisa membuat pilihan pembangunan. Kmar mandi di tengah bisa dihilangkan jika memang dianggap tidak perlu. Lalu area service di belakang berupa ruang pelayan, wc cuci dan ruang jemur bisa dibangun belakangan. Hingga biaya bisa menjadi lebih murah.

gunawan view 4Bagian muka saya buat sederhana saja. Agar tidak banyak memakan biaya. Tembok bergaris dipadukan dengan lis ban putih dan pet beton teras. Membuat rumah dengan 2 pintu masuk ini berkesan fungsional dan modern. Praktis dengan 2 pintu masuk yang terpisah. Modern dengan gaya minimalisnya.

Demikian Pak Gunawan, semoga disain ini bisa bermanfaat bagi bapak sekeluarga. Mungkin ada yang kurang berkenan di hati mengenai disain ini. Mohon dimaklumi. Karena komunikasinya satu arah saja. Saya hanya sekedar membaca email yang masuk lalu menterjemahkannya dalam gambar.

Memang untuk beberapa kilen saya komunikasi disain sangat interaktif. Mulai dari istri hingga anggota keluarganya yang lain. Karena prinsip saya disain adalah hasil kerja sama arsitek dengan segenap anggota keluarga. Hingga kelak akan dihasilkan disain yang sesuai dengan kebutuhan.

Sekian penjelasan saya. Semoga tausiah dan disain ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi saya yang membuat materi ini.  Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – andanarsitek@yahoo.com

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus