Rumah Kos di Lahan Miring

Bangun Rumah 123 – Selasa, 9 Rabiul Akhir 1434 H / 19 Februari 2013 05:15 WIB

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, saya memiliki tanah yang agak miring. Data terlampir. Saya ingin membuat rumah kos 2 lantai. Bagaimana disainnya ? Saya ingin selain kamar kos, ada juga ruang jaga, parkir motor dan mobil, ruang cuci jemur, gudang,ruang penjaga serta dapur dan kamar mandi umum.

Demikian pertanyaan kami. Terimakasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Riko – Ciganjur

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Riko di Ciganjur, lahan yang ada sebenarnya cukup luas. Jadi saya tidak perlu khawatir dalam menata kebutuhan ruang di dalam tanah tersebut. Halaman depan yang cukup luas membuat saya memiliki ide untuk membuat pola bangunannya dengan bentuk huruf U. Punggung bangunan di tempelkan ke tembok tetangga. Hingga area depan benar – benar efektif pemanfaatannya. Best view juga dapat kita peroleh dari sisi ini. Karena mata dapat memandang dengan puas seluruh kulit muka bangunan.

Lahan miring yang tidak produktif saya jadikan pos jaga dan parkir motor. Dengan bentuk bangunan huruf L akan membuat kita memperoleh ruang tengah lapang. Bagian tengah ini dapat kita jadikan parkir mobil. Alhamdulillah kita dapat memarkir 4 buah mobil di dalam area ini.

Bagian atas tidak jauh berbeda dengan bawahnya. Service area di atas adalah area cuci jemur. Lengkap dengan gudang dan tangga putar. Khusus untuk tangga putar, ia juga bisa berfungsi sebagai tangga darurat. Sebagai tangga tambahan jika ada sesuatu hal tidak diinginkan terjadi.

Warna untuk bangunan saya pilih yang lebih cerah dan berani. Karena ia kos anak muda. Yang energik dan dinamis. Dengan pintu masuk gerbang merah melalui akses jalan setapak batu alam. Benar – benar membuat tampilan rumah kos ini indah dan segar.

Tiang putih berjejer menguatkan menguatkan garis tegas area parkir motor dan ruang jaga. Dengan atap pet beton membuat tampilannya sederhana. Juga membuat posisi ia tidak mengganggu keindahan bangunan utama yang sudah tampil megah dan gagah.

Nah, ini dia parkir motor yang eksotis. Dengan dereta bangku serta jalan setapak diselingi rumput hijau segar membuat area service ini jadi cantik dan indah. Tidak hanya sekedar tempat kumuh tempat meletakkan barang-barang kotor. Namun ia bisa juga jadi tempat kumpul yang nyaman.

Alhamdulillah, selesai sudah disain rumah kos ini. Semoga bisa menjadi rumah kos yang berkah. Tidak ada maksiat di dalamnya. Yang ada adalah rumah kos dengan penghuninya yang baik. Diperdengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an. Hingga sejuk lahir batin.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST –  [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus