Software Bagi Arsitek

Abu Syam – Selasa, 19 Rabiul Akhir 1430 H / 14 April 2009 01:52 WIB

Assalamu ‘alaikum ya, Ustadz!

Salam kenal.

Ustadz, boleh tau gak? Software apa yang ustadz gunakan untuk design bangunan dan sering ditampilkan di eramuslim ini? Boleh di-share gak? Penasaran nih…! Semoga ustadz bisa berbagi ilmu dan pengalaman.

Wassalamu ‘alaikum wr wb!

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb….

Alhamdulillah wa syukurillah Mas Andi salam kenal juga, anda sepertinya tertarik dengan hal-hal yang berbau multimedia, sehingga ‘penasaran‘ dengan gambar-gambar yang ditayangkan dalam rubrik konsultasi ini.

Sebenarnya saat ini banyak sekali software bagi arsitek untuk mewujudkan ide-idenya secara multimedia sehingga lebih mudah untuk difahami secara visual. Tapi tentunya semua harus disesuaikan dengan kebutuhan, dan alangkah lebih baiknya jika dapat menggunakan software asli sehingga akan lebih terproteksi.

Untuk mendapatkan tampilan-tampilan seperti yang sering anda lihat dalam rubrik konsultasi ini, tidak ada teknik khusus dalam pengerjaannya, karena jika anda juga bergelut dalam dunia konstruksi pasti anda sudah akrab dengan software Auto Cad untuk membuat object 2 dimensi dan 3 dimensinya dan software 3D Studio Max atau 3D Studio Viz untuk menambahkan material dan pencahayaannya. Kedua software ini diproduksi oleh perusahaan perangkat lunak tersohor yakni Autodesk. Walaupun harga software aslinya cukup mahal tapi jangan berkecil hati jika anda tidak mampu membeli yang asli, karena anda dapat mendownload gratis software Cad sejenis yang bernama ProgeCad. Walaupun tidak sebeken Auto Cad tetapi sudah cukup mampu untuk mengerjakan pekerjaan arsitektur yang cukup rumit.

Agar tampilan bangunan lebih menarik, anda dapat men’touch’ nya dengan Sotware Photo shop, atau software-software pengolah foto/image sejenisnya sehingga tampilan akhir menjadi lebih hidup. Anda dapat menambahkan pepohonan, orang, mobil dan elemen arsitektur lainnya sehingga suasana lebih mendekati kenyataan dan mudah difahami oleh klien.

Jika dengan menggunakan software di atas agak menyita waktu karena proses pengerjaan yang cukup panjang, kini ada beberapa perusahaan software yang menawarkan kemudahan dalam dunia rancang bangun . Jika anda pernah mendengar software BIM (Building Information Modeling),  saat ini ada dua perusahaan software yang bersaing ketat, dengan mengusung teknologi BIM ini yakni Revit Architecture yang diproduksi oleh Autodesk dan ArchiCad yang dibesarkan oleh Graphisoft. Walaupun kedua software ini sudah dikembangkan sejak dulu, tapi baru mulai diminati saat ini karena kepraktisannya. Jika anda menggunakan kedua software ini maka anda cukup menggambarkan objek denah 2 dimensinya dengan menyetingnya lebih dulu sesuai dengan keinginan anda dan software pintar ini langsung akan menampilkannya sebagai objek 3 dimensi. Anda juga tidak perlu sulit-sulit lagi membuat tampak dan potongan bangunan karena semua sudah dikerjakan oleh mesin BIM ini, dan bahkan jika anda menginginkan volume dan Rencana Anggaran Biayanya, semua sudah siap tersaji. Sekali lagi, masing-masing software tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya, tinggal bagaimana kita bisa memadukan dan mengoptimalkannya untuk mencapai hasil yang kita inginkan.

Kembali lagi “the man behind the gun”…..secanggih-canggihnya perangkat yang digunakan terpulang kembali pada kepiawaian si penggunanya dalam menuangkan dan mewujudkan ide-idenya karena perangkat lunak tersebut hanya sekedar piranti yang akan membantu pekerjaan kita.

Mungkin demikianlah yang dapat saya ‘share’ dalam kesempatan kali ini, mudah-mudahan akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi Mas Andi.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus