Cara Melamar Via Email ?

Sodiqin – Sabtu, 8 Zulhijjah 1429 H / 6 Desember 2008 21:53 WIB

Assalamualaikum wr. wb

Pak saya saat ini sedang mencari kerja.

Sudah bayak lamaran yang saya kirimkan namun tidak satupun yang dapat panggilan. yang ingin saya tanyakan :

  1. Bagaimanakah tata cara melamar lewat email ?
  2. Apa saja yang disertakan dalam lamaran tersebt ?
  3. Saat ini saya melamar lewat situs-situs yang menyediakan  lowongan pekrjaan ( suatu misal karir.com) dengan menyertakan  CV dan cover letter. Tapi mengapa belum ada ang dapat panggilan ?

Demikian pertanyaan saya pak

wassalamu’alaikum

Wassalamu’alaikum Wr, Wb.

Saudaraku yang dirahmati Allah SWT, berikut ini urutan jawaban dari pertanyaan saudara sebagai berikut :

1. Tata cara mengirim lewat email, kalau secara teknis silahkan anda belajar langsung dari mereka yang menguasai teknik komputer, istilah – istilah teknologinya jelas sangat dikuasai oleh mereka, misal setelah anda selesai menyusun isi lamaran kerjanya ternyata terakhir anda lupa atau tidak melakukan proses menekan ‘ ENTER’ maka bisa dipastikan proses anda tidak berakhir dengan terkirimnya lamaran kerja anda ( atau dikomputer anda tidak ditemukaan tombol "ENTER" yang ada tombol yang tertulis "ENTAR", yang artinya pengirimannya selalu anda upayakan untuk diTUNDA, pasti aja lamaran kerjanya tidak terproses……. " )

Tentang bagaimana isi dari lamaran kerja nya saya bisa pastikan bahwa struktur isinya persis sama dengan lamaran kerja yang dikirim via POS atau Kantor pos.

Kalau ingin lebih tahu bagaimana lebih jelas struktur isinya, saya sarankan untuk membaca jawaban konsultasi yang sudah pernah saya tanyangkan di edisi sebelumnya ( silahkan mencoba mencarinya, ini juga berlaku buat seluruh netter yang mengajukan pertanyaan yang sama atau sejenis, terima kasih sebelumnya atas partisipasinya )

2. Sejalan dengan jawaban di nomer 1, intinya berikan dulu lampiran yang memang disyaratkan, jika tidak diberi informasi apa – apa, maka kita bisa mengirimkan hanya surat lamaran kerja & resumenya ( cv atau daftra riwayat hidup ) 

3. Jika kiriman kerja anda belum dipanggil – panggil juga maka bisa dipastikan bahwa lamaran kerja anda belum memenuhi kebutuhan pencari kerja, bisa juga termasuk katagori bermasalah bagi HRD pembuat ikla lowongan.

Salam sukses, semoga anda terus berusaha untuk menambah wawasan & terus mencoba.

Adhi Arisman

Motivator Dunia Kerja Indonesia

Master Trainer Indonesia

Praktisi Bisnis HRD

Konsultasi Dunia Kerja Terbaru

blog comments powered by Disqus