Definisi "Pengalaman Kerja "

Rendy Agung Ardiyanto – Senin, 15 Rabiul Akhir 1429 H / 21 April 2008 22:29 WIB

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb,

Pak Adhi, kita sering kali mendengar dan membaca tentang pengalaman kerja. Apakah sebenarnya definisi (mungkin menurut tokoh tertentu) dari "pengalaman kerja."

Wassalamu ‘alaikum Wr Wb

Saudara Rendy yang kritis & senang balajar, sebenarnya tidak ada difinisi khusus tentang pengalaman kerja.

Yang pasti, yang diharapkan oleh orang HRD tentang pengalaman kerja adalah aktivitas nyata (yang jelas – jelas pernah dilakukan dengan baik) dari kandidat pelamar yang pernah menjalankan atau melakukan kegiatan atau pekerjaan yang sesuai dengan harapan orang HRD.

Misalnya, HRD membutuhkan seorang driver eksekutif, dan menentukan persyaratan ”berpengalaman membawa mobil sedan automatik”, maka yang dimaksud dalam kondisi tersebut adalah seorang kandidat yang sangat diharapkan sudah sering mengendarai mobil sedan automatik secara sempurna tanpa ada kekurangan sedikitpun.

Bagi kandidat lain yang baru hanya bisa mengendarai mobil manual maka yang bersangkutan belum berhak mengaku telah berpengalaman di kegiatan tersebut.

Sebuah kasus bisa menjadi andalan kita jika kondisinya sebagai berikut:

Kandidat yang bersangkutan telah terbukti selalu berhasil menjalankan kendaraan sedan automatik, tapi ternyata saat kita terbukti mampu melakukan aktivitas tersebut tenyata kita bukan dalam kondisi bekerja tetapi hanya sebatas mengendarainya, maka hal seperti ini bisa menjadi andalan kita untuk mengaku memiliki pengalaman yang dibutuhkan.

Jadi orang HRD cukup diberikan kenyakinan bahwa kandidat pelamar sudah memiliki pengalaman kehidupan, belum sampai pada pengalaman kerja. Hal tersebut tidak menjadi masalah, justru bagi HRD yang dibutuhkan adalah kondisi nyata bahwa yang bersangkutan bisa dipertanggung jawabkan keahliannya.

Demikian jawaban singkat dari saya. Semoga pengalaman-pengalaman anda yang banyak, dapat memberikan nilai tambah yang bermanfaat bagi kehidupan anda, baik di dunia kerja maupun di aktivitas kehidupan lainnya. Selamat berusaha, terus bergerak serta senantiasa bertawakkal dan berharap hanya kepada Allah SWT, agar dapat segera diberikan solusi kehidupan yang berkah. Semoga sukses.

Wallahu a’lam bishowab,

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Adhi Arisman,

Motivator Dunia Kerja Indonesia


[email protected]
Fax: 021-86604657

Catatan:

• Sehubungan sudah banyaknya pertanyaan yang masuk ke konsultasi bersama Motivator Dunia Kerja Indonesia, kami menghimbau kepada para netter agar memasukan pertanyaan yang benar – benar belum pernah ditanyakan, untuk jenis konsultasi yang isinya sejenis/ mirip apalagi sama secara substansi isi, kami menyarankan untuk membacanya terlebih dahulu di konsultasi rekan kita yang lain.

• Buat pembaca lainnya yang ingin mengajukan konsultasi baru, mohon kami dibantu dengan memberikan informasi diri anda secara lebih luas & dalam, misal: latar belakang pendidikan (S1/Diploma/SLTA/SLTP), dari institusi pendidikan negeri/ swasta, umur, jenis kelamin, domisili tinggal, dan atau hal – hal lain yang relevan sebagai variabel yang masih relevan dengan problem yang mau disampaikan sehingga kami bisa lebih berempati dengan situasi & kondisi yang antum sedang hadapi saat ini.

Bersifat terbuka, tidak gengsi, ingin terus belajar serta mau menyertakan identitas anda secara lebih lengkap menjadi nilai yang berharga buat pembaca lainnya, misal: Saya Adhi Arisman, Laki- laki, Sarjana S1 Trisakti Jakarta, 41 tahun, Menikah dengan 4 orang anak, [email protected]

Konsultasi Dunia Kerja Terbaru

blog comments powered by Disqus