Bagaimana trik "menjual" kemampuan sendiri.

Mochamad Ryan – Senin, 5 Jumadil Awwal 1431 H / 19 April 2010 14:53 WIB

Assalamu’alaikum Pak Valen,

Saya memiliki sedikit kemampuan di bidang IT. Saat ini saya bekerja pada perusahaan outsourcing. Saya merasa kurang puas dengan penghasilan yang saya dapatkan. Saya ingin mencoba mencari usaha sampingan. Target pertama saya adalah warnet2 yang ada di sekitar tempat tinggal, namun saya kebingungan untuk bagaimana saya bisa "menjual" kemampuan saya pada warnet2 tersebut.

Saya tunggu jawabannya pa. Terima kasih. Wassalamu’alaikum.

Wa’alaikumussalam Wr.Wb

Saudara penanya yang dirahmati Allah. Ketika masih bekerja sebagai manager di PT Garuda Indonesia, salah seorang mentor saya mengajarkan saya sebuah ilmu praktis dalam melakukan apapun, termasuk dalam hal menjual. "Valentino, first of all you must ask to your self, If I were you!" begitu kata mentor saya.

Ya bersikaplah "Jika saya jadi kamu!" Seandainya kita jadi konsumen atau calon pelanggan apa kira-kira yang ada dipikiran mereka? Mengapa saya harus beli jasa kamu? Apa hebatnya jasa yang kamu tawarkan? Kelebihan apa saja yang kamu tawarkan? Mengapa saya harus percaya kepada kamu? Apa kelebihan jasa atau produk yang kamu tawarkan dibanding dengan yang selama ini saya peroleh, dst…dst.

Nah pertanyaan-pertanyaan inilah yang harus dengan jelas, clear kita jawab. Kalau kita bisa merumuskan semua pertanyaan-pertanyaan itu, lalu menuangkannya apakah dalam bentuk brosur,proposal atau presentasi, langkah selanjutnya tingga menghampiri dan menawarkan jasa atau produk yang kita buat kepada calon pelanggan kita. Semakin banyak orang atau warnet yang Anda tawarkan, semakin besar kemungkinan jasa Anda akan digunakan mereka.

Demikian Penjelasan Saya, Semoga Bermanfaat. Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis disini

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di www.ayomandiri.org, www.valentinodinsi.com dan www.bisnis2121.com serta www.mandiri4sukses.com

Spiritual Entrepreneur Terbaru

blog comments powered by Disqus