Usaha Jual-Beli Ikan Laut

Indra Satrio – Senin, 8 Jumadil Akhir 1430 H / 1 Juni 2009 14:06 WIB

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Pak Valentino Terhormat, saya saat ini berprofesi sebagai seorang karyawan swasta di Jakarta. Saya mempunyai keinginan kuat untuk berbisnis. Walaupun saya tidak mempunyai pengalaman dalam usaha jual-beli ikan laut segar, tapi saya mempunyai teman yang berkemampuan komunikasi bagus (untuk marketing), dan teman yang sehari-hari berprofesi jual-beli ikan laut segar di Labuan, Lampung Timur.

Teman saya yang berprofesi jual-beli ikan laut ini, beliau setiap hari mengambil ikan di Labuan, Lampung, kemudian ikan tersebut dibawa ke rumahnya, dan para pengecer berdatangan untuk mengambil ikan dari Beliau. Beliau mempunyai link yang baik dengan para Bos Nelayan, dan bahkan menjadi orang kepercayaan Bos Nelayan tersebut.

Saya berfikir, prospek ini cukup baik jika masuk ke pasar Jakarta. Dengan hasil survey di Muara Baru, Jakarta. Saya mempunyai teman yang saudaranya (Pak Karno) bekerja di sana yang berprofesi sbg administrasi di Muara Baru. Dari Info Pak Karno, saya dikenalkan oleh "pemain" disana yang siap menampung ikan yang akan kita bawa. Saya juga telah survey ke Labuan, Lampung TImur, untuk bertemu dengan Bos Nelayan, dan siap untuk bermitra.

Dari survey dan analisa cash flow, Insya Allah, jual-beli ikan laut segar ini cukup menjanjikan. Tapi permasalahan yang saya hadapi adalah, resiko yang cukup besar, mengingat perjalanan yang cukup jauh, walau saya mencoba meminimallisir dengan memperkerjakan orang yang tahu medan di sana dan di jakarta. Dan masalahnya juga adalah, diperlukannya modal yang cukup besar, sekitar 20 Juta. Ikhtiar kami adalah, memberikan proposal ke teman2, mudah2an ada yang mau jadi investor.

Dari pengalaman dan survey diatas, bagaimana menurut Pak Valentino? Mohon sarannya.

Terimakasih,

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Spiritual Entrepreneur Terbaru

blog comments powered by Disqus