Anak Hyper Aktif

Eka – Kamis, 9 Muharram 1429 H / 17 Januari 2008 02:39 WIB

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ibu yang saya hormati, saya ini ibu rumah tangga yang belum lama punya anak. Anak saya satu usia 1 tahun 3 bulan. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ketahui jawabnya.

1. Apakah anak seusia itu normal jika dia jarang tidur siang dan jika tidur malam selalu tengah malam (di atas jam 10 malam)

2. Dia itu aktif dan selalu ingin bermain dan berjalan-jalan (dia baru bisa jalan)

3. Dia tidak rewel tapi agak manja

4. Apakah dia termasuk kategori anak yang hyper aktif dan bagai mana ciri-ciri anak hyper katif serta bagaimana mengatasi nya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. Wasalam

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Ibu Dnr yang shalihah, ..

Sebagai ibu muda, saya dapat memahami kekhawatiran Ibu terhadap ananda. Anak seusia Ibu juga sedang mempunyai masa peka berjalan dan bergerak ke sana-kemari. Memang cukup melelahkan ya, Bu. Demikianlah pahala yang besar untuk para Ibu dalam mendidik dan mendampingi anak tumbuh sebagai balasan untuk setiap keringat dan pengorbanannya..amin. Mestinya ananda tidak terlalu malam tidur, agar keesokan harinya tidak rewel. Buat jam-jam tertentu dia dapat tidur. Dampingi sebelum dia tidur dengan cerita, elusan dan nina bobo yang syar’iy; misalnya beberapa ibu membaca Al-Qur’an sambil memangku anaknya menjelang tidur sampai anak tertidur.

Ibu yang shalihah, untuk dapat digolongkan hyperaktif diperlukan pemeriksaan oleh ahli; bawalah ke layanan tumbuh kembang anak untuk diperiksa secara medis dan psikologis. Secara umum ciri-ciri hyperaktif adanya aktifitas yang berlebihan yang tidak bisa dikendalikan/ impulsif, akibat disfungsi otak, dapat berkombinasi dengan tidak mampu memusatkan perhatian pada suatu hal sehinggarentang perhatian kurang.Gejala impulsivitas dapat berupa emosi gelisah, mengalami kesulitan bermain dengan tenang, mengganggu anak lain dan selalu bergerak. Gejala rentang perhatian kurang meliputi gerakan kacau, cepat lupa, kesulitan mencurahkan perhatian terhadap tugas-tugas atau kegiatan bermain. Nah untuk lebih teliti, Ibu bisa membawa Ananda ke psikolog untuk mendapat pemeriksaan ketika ciri-ciri tersebut ada pada Ananda.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Salam hangat, Ibu Urba.

Konsultasi Keluarga Terbaru

blog comments powered by Disqus