Cara Agar Cepat Akrab dengan Teman Liqo yang Baru

Kesha Meisatu – Sabtu, 25 Rabiul Awwal 1430 H / 21 Maret 2009 12:52 WIB

Asmlkm.wr. wb.

Ustadz ane sudah sebulan ditransfer peda tempat liqo ane yang baru dan ane sendiri yang ditransfer, di tempat liqo yang baru sebelumnnya hanya berjumlah 2 orang, mereka telah bersama selama 10 bulanan lebih dan mereka satu jurusan, yang saya tanyakan bagaimana aya beradaptasi dengan mereka yang sudah dekta itu, saya sudah sebulan bergabung dalam kelompok baru tersebut, namun saya ingin lebih dekat lagi berhubungan dengan kedua teman liqo saya itu, bagaimana solusinya ustadz? Jawaban ustadz sangat saya tunggu dan saya perlukan

Sykrn jzklh

Mentee

Wa’alaikum salam wr. wb.
Ananda Kesha yang dirahmati Allah SWT, untuk bisa akrab dengan teman-teman satu halaqoh ada beberapa tips yang bisa ditempuh. Antara lain :
1. Bersikap ramah dan murah senyum
2. Bertekad untuk berkomunikasi lebih terbuka, misalnya dengan terlebih dahulu menceritakan diri sendiri, menyampaikan perasaan, menyampaikan pendapat dengan lebih lugas, dan lain-lain.
3. Berinisiatif untuk membuka percakapan lebih dahulu, misalnya dengan mulai menyapa terlebih dahulu, menanyakan kabar peserta terlebih dahulu, menelpon peserta, dan lain-lain.
4. Berusaha untuk berkomunikasi yang lebih mendalam dan tidak sekedar basa-basi.
5. Tidak terlalu bersifat posesif (membela diri) terhadap kritikan dari teman satu halaqoh.
6. Meningkatkan kemampuan sense of humour.
7. Sering menyalami/memeluk teman satu halqoh ketika berjumpa serta menyentuhnya ketika berbicara dengannya.
8. Jangan terlalu sering menggurui atau mendikte teman-teman lain.
9. Jangan terlalu kelihatan “super” di mata peserta halaqoh yang lain, terutama dalam hal kepandaian. Sesekali perlu juga untuk menunjukkan sisi ketidaktahuan dan “kesalahan” yang manusiawi.
10. Jangan terlalu gengsi untuk sesekali menunjukkan rasa butuh kepada teman satu halaqoh dengan meminta bantuan secara ekspilisit kepada mereka.

Alangkah baiknya, jika tips-tips di atas didukung oleh murobbi. Peran murobbi dalam mengakrabkan sesama teman satu halaqoh sangat vital. Apalagi jika murobbi kreatif membuat dan memperbanyak acara yang sifatnya santai dan informal, baik di dalam halaqah maupun di luar halaqah. Namun kalau murobbi pasif, disinilah peran Anda sebagai peserta halaqoh untuk mengusulkan berbagai acara yang dapat mengakrabkan suasana halaqoh. Misalnya mengadakan acara rihlah (piknik), olahraga bersama, mabit, membuat acara yang panitianya adalah peserta halaqoh, dan lain-lain.

Demikian saran saya, semoga bermanfaat.

Salam Berkah!

(Satria Hadi Lubis)
Mentor Kehidupan

Konsultasi Motivasi Terbaru

blog comments powered by Disqus