Jalan Keluar

Novianti Safitri – Rabu, 3 Zulqa'dah 1430 H / 21 Oktober 2009 11:02 WIB

Ass Wr Wb,

Pak Ustdz….. saat ini saya bekerja diperusahaan swasta, sementara saya mempunya hutang 30 juta kesalah satu bank, yangsaya gunakan untk membayar kartu kredit yg diakrnakan orang tua sakit-sakitan, sementara saya tidak memberitahukan masalh ini kpd orang tua krn takut org tua saya malah tmbh sakit dengar masalah ini, … semnatra gaji saya tidak mencuki untk bayar kost, untuk makan ongkos, dan menberi kp ortu tiap bulan. sekarang saya strees pak ustadz diakrnakan saya binggung tiap bulanya gaji saya harus dipotong sementara ada kartu kredit yang belum saya bayar. ya… allah pak ustadz apa yang harus saya lakukan dengan keadaan ini, saya sanggat mencintai ortu saya,. trims

Saudaraku yang disayangi Allah SWT, melihat keadaan anda yang menjadi serba salah dalam mengambil keputusan tersebut, hal pertama yang harus anda lakukan adalah bersabar. Pasrahlah dengan menerima apa yang anda alami sekarang ini dengan mengembalikan semua ini kepada Allah.
Dengan begitu, manfaat yang bisa anda peroleh adalah:
Ø Diri anda akan menjadi lebih tegar karena anda akan merasa selalu dalam perlindungan Allah.
Ø Pikiran anda menjadi lebih terbuka, dengan begitu anda akan lebih bisa berpikir rasional untuk melihat masalah anda tidak hanya dari satu sudut pandang saja melainkan dari berbagai sudut pandang sehingga anda bisa mencari solusi untuk mengatasi masalah anda.
Ø Emosi anda akan tetap stabil walaupun tekanan berat dari masalah yang sedang anda hadapi.
Setelah melakukan hal pertama tadi, tahapan selanjutnya adalah anda harus meyakinkan diri bahwa Allah mempunyai rencana yang lebih baik untuk anda dengan memberi “anugerah” berupa masalah seperti ini. Cobalah untuk mencari makna atau hikmah di balik peristiwa yang sedang anda alami sekarang ini agar anda senantiasa berpikir positif dalam tekanan masalah seperti itu. Dengan berpikir positif, anda tidak akan melihat masalah tersebut sebagai beban melainkan sebagai suatu tantangan yang harus dihadapi dengan berani dan tidak boleh dibiarkan begitu saja.
Jangan sampai dilupakan bahwa walaupun anda sedang dirundung masalah anggaplah bahwa anda seolah-olah tidak berada dalam masalah atau dengan kata lain mencoba melupakan masalah tersebut dengan catatan tidak mengabaikannya sehingga anda akan terhindar dari tingkatan stress yang lebih ekstrim lagi dan tetap seolah “baik-baik saja” di mata orang lain. Ringankanlah pikiran anda dengan melupakan bahwa anda punya hutang 30 juta rupiah, dengan begitu anda akan bisa berkonsentrasi untuk menemukan solusi atas masalah anda. Yakinkan diri anda bahwa anda bisa mengatasinya.
Satu hal yang tak kalah penting adalah anda harus tetap menjaga hubungan anda dengan lingkungan di sekitar anda dengan tetap bersosialisasi dan bergaul. Dengan melakukan hal tersebut anda mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda yaitu yang pertama anda akan mendapatkan social support. Social support adalah dukungan sosial. Dukungan sosial memegang peranan yang sangat penting dalam mengatasi rasa stress karena anda akan merasa bahwa orang-orang di sekitar anda selalu ada buat anda dalam berbagai situasi atau dengan kata lain anda tidak sendirian dalam menghadapi masalah. Dukungan sosial di sini yang paling efektif adalah dukungan yang berasal dari pihak keluarga. Jadi, saran untuk anda adalah minta dukungan dari pihak keluarga. Yakinlah bahwa kedua orang tua anda mencintai anda juga walaupun anda sudah bertekad untuk tidak memberitahukan masalah anda kepada mereka. Anggaplah orang tua anda sebagai orang yang harus anda bahagiakan dan jangan menganggap mereka sebagai beban dengan begitu anda akan lebih termotivasi untuk sesegera mungkin menyelesaikan masalah anda. Keuntungan yang kedua yaitu, jika anda tetap menjaga hubungan anda dengan rekan-rekan anda, maka berbagai kesempatan yang mungkin tidak terduga akan datang dengan tetap berkonsentrasi pada keahlian anda dan bekerja sebaik mungkin. Contohnya adalah sebagai berikut, saat orang dirundung masalah maka biasanya akan berimbas pada kinerjanya dan orang-orang di sekitarnya nampak buruk di matanya. Namun, jika anda tetap berkonsentrasi dengan pekerjaan anda dan sesekali menceritakan masalah anda kepada rekan di sekitar anda maka kemungkinan besar anda akan mendapat simpati (jangan diartikan sebagai rasa kasihan namun simpati adalah bentuk kepedulian dan kesetiakawanan mereka sebagai teman anda) dari mereka baik itu berupa dukungan moral, finansial maupun tawaran-tawaran kerja sampingan untuk ikut meringankan hutang-hutang anda. Dari sini bisa dilihat bahwa bahwa peran orang-orang di sekitar anda sangatlah besar dalam mendukung anda menyelesaikan masalah anda karean dengan merasa bahwa anda tidak sendirian dan ditemani oleh orang lain yang anda cintai, anda akan tetap dalam menjalani kehidupan dan menyelesaikan berbagai masalah anda dengan cepat dan bijak.
Hal terakhir yang harus selalu anda lakukan adalah ketika anda berada dalam suatu masalah adalah beribadahlah. Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya bahwa dengan anda beribadah maka hati anda akan menjadi lebih nyaman dan tidak dirundung kepanikan karena saya yakin dengan anda beribadah maka anda akan merasa sangat dekat dengan Allah pikiran anda menjadi lebih terbuka sehingga anda bisa lebih fokus untuk mencari jalan keluar atas masalah anda dan meyakini bahwa Allah pasti menunjukkan jalan keluarnya serta keyakinan bahwa anda mampu untuk keluar dari masalah ini. Amin.
Untuk mengurangi tingkat stress yang telah dialami, maka alangkah baiknya anda tetap melakukan refreshing untuk mengurangi ketegangan yang ada. Dengan demikian kondisi fisik, emosi, dan pikiran anda senantiasa dalam keadaan stabil. Karena apabila anda terfokus untuk mencari jalan keluar yang tak kunjung ketemu, maka anda malah akan mengalami stress yang lebih berat lagi. Jagalah keseimbangan antara bekerja sembari mencari jalan keluar dengan relaksasi agar semua unsur yang ada dalam diri (fisik, emosi, mental dan spiritual) dapat terjaga keseimbangan mengingat bahwa kita sebagai manusia diberi batasan-batasan kemampuan.
Selain apa yang telah saya kemukakan di atas, ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan :
1. Pinjamlah uang dari kerabat dekat dahulu, kalau tidak ada barulah kepada sahabat dekat anda. Atau jalan terakhir adalah dengan meminjam kepada bank. Kesemuanya itu harus anda lakukan dengan komitmen untuk secepat mungkin mengembalikannnya. Namun yang perlu diingat di sini bahwa kebiasaan berhutang itu kurang baik.
2. Jangan lupa tetap gaul.
3. Orientasi pada kemampuan diri untuk mencari penghasilan tambahan.
4. Jaga kesehatan anda karena dalam keadaan stress orang biasanya sangat rentan dengan berbagai macam penyakit.
Semoga apa yang saya kemukakan ini bermanfaat bagi anda. Semua ini saya kembalikan pada anda, seberapa besar niat anda untuk benar-benar ingin keluar dari permasalahan yang ada akan menentukan seberapa cepat anda akan keluar dari masalah yang ada.

Salam Berkah !

(Satria Hadi Lubis)

Mentor Kehidupan

Konsultasi Motivasi Terbaru

blog comments powered by Disqus