Anak sering Muntah Mencret

Ummu Hafiz – Kamis, 29 Sya'ban 1430 H / 20 Agustus 2009 09:06 WIB

Assalamualaikum wrwb

Dokter, putri saya berusia 3 tahun. Tinggi 95 cm dengan berat kira-kira 12 kg. Sudah 8 bulan terakhir berulangkali muntah dan mencret. Biasanya tidak saya beri obat, hanya diupayakan agar tidak mengalami dehidrasi. Biasanya dalam waktu 3 hari keadaannya normal kembali. Hanya saja, beberapa minggu kemudian mencret lagi.

Obat herbal apa yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya?  Jika tidak sakit, nafsu makannya baik.

Obat herbal apa yang dapat digunakan saat muntah dan mencret terjadi?

Terima kasih.

Wassalamualaikum wrwb

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ibu yang baik, semoga Ibu dan keluarga dalam kondisi sehat wal afiat.

Penanganan mencret dan muntah secara umum adalah menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) yaitu dengan cara memberi cairan (oralit, air madu) sedikit demi sedikit tapi sering. Dan alhamdulillah ibu telah berhasil menjaga cairan tubuh anak ibu saat mencret dan muntah sehingga tidak dehidrasi.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa anak ibu sering mencret dan muntah? untuk mencari jawabannya tentunya harus melalui suatu pemeriksaan yang teliti dan wawancara yang lebih detail sehingga penyebab gangguan tersebut terkuak dan penanganannya lebih terarah.

Perut Kembung

Salah satu penyebab mencret dan muntah adalah perut kembung, biasanya kita dapat mengetahui hal ini dari perut bagian atas yang membesar dan jika diketuk akan terdengar bunyi nyaring.
Pada perut kembung, biasanya diare yang terjadi bersifat lembek sampai cair, frekuensinya 4- 5 kali sehari dengan jarak waktu mencret 2-3 jam sekali dan biasanya mencret disertai dengan flatus (buang angin).
Untuk mengatasi perut kembung, dapat dilakukan pijat bayi, pemberian madu hangat, pemberian gastriguid dan menempeli perut anak dengan daun jarak atau daun pace.

Intoleransi Makanan

Hal ini biasanya terjadi karena ada makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik. untuk mengatasinya, Ibu harus mengamati makanan yang dimakan dan menghindari makanan yang kemungkinan menyebabkan diare/muntah tersebut.

Infeksi Saluran cerna
Biasanya diare disertai perut sakit, berlendir dan kadang – kadang disertai darah. Pengobatannya dengan menggunakan antibiotik.

Dari informasi yang ibu berikan, kami masih agak kesulitan untuk menganalisa gangguan pada anak ibu. saran saya sebaiknya ibu berkonsultasi langsung dengan dokter terdekat, atau jika ada kesempatan silakan ibu datang ke klinik sehat di Swadarma Raya 77 B ulujami Jakarta Selatan.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus