Berat Badan bayi tidak Normal

Moh Budiono Santoso – Rabu, 12 Jumadil Awwal 1430 H / 6 Mei 2009 12:41 WIB

Assalamu alaikum Dokter,

Dok, saya mempunyai seorang keponakan,kira-kira umurnya 5-6 bulan. Dan berat badannya itu tidak normal seperti bayi lainnya. Dari mulai lahir sampai sekarang berat badannya tidak begitu ada kenaikan yang signifikan. Dia lahir normal dan saat lahir emang berat badannya kecil. Yang jadi masalah adalah keponakanku itu sering buang air besar. Setiap habis makan pasti buang air besar dan minimal dia buang air besar 2-3 kali. Mungkin karena itulah berat badannya tidak naik-naik. Saat ini bayi itu cuma dikasih ASI dan susu formula dan makanan bubur. Apa yang menyebabkan bayi itu sering buang air besar dok? Apakah ada masalah dengan pencernaannya. Terus terang akhir2 ini sering diperiksa ke dokter. Terus bagaimana cara pengobatannya supaya menjadi normal?

Terima kasih atas jawabannya Dok.

Wassalamu alaikum.

Budiono

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Secara umum berat badan anak usia 6 bulan adalah 2 kali berat badan waktu lahir (berat badan lahir berapa?), atau kita bisa melihat perkembangan berat badan anak secara lebih akurat dengan grafik pertumbuhan berat badan, itulah kenapa penimbangan bayi sebulan sekali secara rutin menjadi penting agar kita dapat memantau pertumbuhan anak kita.
Jika memang betul keponakan Anda berat badanya kurang, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain infeksi Tb dan intoleransi makanan. Dari tulisan Sdr saat ini tersebut mendapatkan ASI, susu formula dan bubur (mulai usia berapa ???), mungkin penyebabnya karena pemberia makanan pendamping ASI terlalu dini ? pencernaan belum siap sehingga setiap diberi makan langsung b.a.b. Karena sebenarnya bayi usia 0 – 6 bulan cukup dengan ASI saja (ASI ekslusif). Untuk mengetahui apakah bayi tersebut benar berat badannya kurang dan peyebabnya, sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis anak,.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus