Campak Pd Bayi 6 Bulan

Fauziah – Selasa, 19 Zulqa'dah 1431 H / 26 Oktober 2010 22:08 WIB

Assalamu’alaikum…

Dokter…Anak saya berusia 6 bulan lebih 10 hari…Saat ini dia sedang sakit, sepertinya campak…Sudah dari hari Sabtu tgl 09 Okt ini dok, gejalanya badan tiba2 panas sampai 38 derajat celcius, trus muncul bintik2 merah…Alhamdulillah minggunya panasnya sudah turun, tapi bintik2 merahnya mulai menyebar ke seluruh badan, dan wajahnya. Kalo malam, dia gelisah tidurnya mungkin karna gatal dr bintik2 merah tsb. Sampai saat ini saya belum bawa dia ke dokter dok karna panasnya da turun.

Yang ingin saya tanyakan dok, Dari artikel2 di internet setau saya, yg terkena campak itu biasanya bayi diatas 1 tahun…apakan gejala anak saya ini bisa dibilang campak dok? obat tradisional apa yg aman di gunakan utk anak yg campak usia 6 bulanan dok? Untuk gatal2 dr campak itu, boleh (aman) ga dok di taburi bedak salicyl?

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Bayi usia 0 – 6 bulan secara teoritis masih mendapatkan kekebalan alami dari ibunya jika mendapatkan ASI ekslusif sehingga bayi tidak mudah sakit. Setelah usia tersebut, kekebalan atau daya tahan tubuh bayi mulai menurun sehingga dimungkinkan bayi mulai menderita sakit jika terpapar kuman. Salah satu penyakit yang biasanya hinggap pada bayi adalah penyakit campak yang disebabkan oleh virus.

Penyakit ini umumnya mengenai anak usia diatas 1 tahun, tetapi bisa juga anak dibawah usia tersebut terkena campak. Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease) jika daya tahan tubuhnya baik. Tanda dari penyakit ini adalah timbulnya demam, dan saat demamnya tinggi disertai dengan keluarnya ruam kemerahan yang dimulai dari leher bagian belakang, kemudian menjalar ke muka, badan lalu tangan dan kaki. Setelah itu ruam akan menghilang sesaui dengan urutan keluarnya disertai dengan suhu tubuh yang kembali normal. Jika ruam telah hilang tetapi suhu tubuh tetap tinggi apalagi disertai dengan batuk atau diare, maka kemungkinan telah terjadi infeksi sekunder akibat campak tersebut.

Untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh bayi, antara lain dengan ASI sesering mungkin, habbatusauda, madu dan meniran. Adapun untuk menghilangkan gatal bisa dengan dioleskan minyak kelapa murni (VCO) atau menggunakan bedak salisil. (sf/)

Wassalaam

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus