Ganglion Pada Pergelangan Tangan Haruskan Di Operasi

Miftakhul Jadid – Rabu, 13 Rabiul Akhir 1430 H / 8 April 2009 10:30 WIB

Assalamualaikum wr. wb..

Ini baru pertamakalinya saya berkonsultasi dengan klinik sehat walaupun saya sudah mengenal baik produk klinik sehat. langsung saja pak dokter, temen saya mempunyai pembesaran di pergelangan tangan kirinya dan setelah dikonsultasikan dengan dr. di RSUD diharuskan di operasi karena adanya ganglion… pertanyaannya haruskan di operasi?? mengingat dampak trauma operasi & sulit sekali mencari RS yang bener2 islami. adakah terapi herbal yang lebih efektif karena operasi itu masih memungkinkan tumbuhnya lagi ganglion.

Mungkin bs dijelaskan penyebab ganglion tersebut muncul. apakah Kontraindikasi obat kimia tertentu bs menyebabkan gangguan syaraf / ganglion.

Terimakasih

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Penyebab ganglion tidak sepenuhnya diketahui, namun ganglion dapat terjadi akibat robekan kecil pada ligamentum yang melewati selubung tendon atau kapsul sendi baik akibat cedera, proses degeneratif atau abnormalitas kecil yang tidak diketahui sebelumnya. Hal ini menyebabkan cairan sendi yang kental merembes dan menyebabkan benjolan. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi. Konsistensi dapat lunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kista sehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang.
Penanganan ganglion dapat dilakukan dengan aspirasi (menyedot) isi ganglion dengan jarum atau dengan pengangkatan kista secara bedah. Eksisi (pengangkatan) kista ini biasanya merupakan prosedur minor, tapi dapat menjadi rumit tergantung pada lokasi kista dan apakah kista tersebut melekat pada struktur lain seperti pembuluh darah, saraf atau tendon. Pasca pengangkatan, kista dapat kembali tumbuh dengan angka rekurensi 5 – 15 %.
Pengobatan herbal untuk kista ganglion sampai saat ini belum ada yang menunjukkan hasil menggembirakan, sehingga saran kami jika ganglion tersebut sudah mengganggu sebaiknya dilakukan tindakan bedah.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus