Gatal-gatal

Anita Sutanty – Kamis, 9 Rabiul Awwal 1430 H / 5 Maret 2009 10:54 WIB

Assalammualaikum Wr.Wb.

dr.Agus Rahmadi yth.Saya ingin menanyakan tentang gatal-gatal yg saya alami.Saya tdk tahu alergi apa,kulit saya tb2 bentol2 besar,gtl,merah2,bnyk sekali.Tempatnya pun tdk tentu.Tapi kemudian hilang.Besok lagi,gatal2 lagi.Sangat mengganggu aktivitas sore & tidur malam.Pernah saya hentikan mengkonsumsi ikan laut (ini juga atas saran doker karena saya hbs operasi pasang pen di kaki stlh kcelakaan mtr).Tp gatal tdk jg hilang.Yg saya tahu hanya,ini terjadi baru tahun 2008 menjelang musim hujan sampai skrng.Biasanya sehabis mandi sore.Saya sudah minum jamu bersih darah,tp tdk ada efek sembuh.Saya jg sudah ke dokter krn tdk tahan gatalnya,dokter menyarankan tdk mkn telur & memberi obat,stlh obat itu habis,gatal muncul lagi,wlpn saya tetap tdk mkn telur.Akhirnya skrng saya tergantung pd Incidal.Setiap gatal,saya minum itu.Kl saya tdk minum 2 hari,gatal muncul kembali.Apa saya kecanduan Incidal dok?Kdng2 saya khwtr jg bhw saya minum Incidal kmudian tdk gatal2 krn efek placebo.Tp stlh saya pkr2,saya tdk placebo tentang itu dok.Tolong bantu saya dok,bgmn menghilangkan gatal2,pdhl kbrsihan sudah saya jaga.Terima kasih sebelum & sesudahnya dok.Wassalammualaikum Wr.Wb.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dari keluhan yang anda sampaikan, maka dapat dipastikan anda mengalami urtikaria atau kaligata atau biduran. Penyakit ini termasuk salah satu jenis alergi, dan pada anda kemungkinan dipicu oleh suhu dingin, karena biasanya muncul pada saat sore atau malam hari. Penggunaan obat seperti incidal memang bisa menolong untuk mengurangi rasa gatal. Tetapi penyakit tersebut biasanya tidak bisa hilang, dia akan tetap muncul dan kemudian hilang lagi jika minum incidal. Untuk menangani hal ini maka saya sarankan anda untuk melakukan :
1. Olah raga teratur.
2. Hindari makanan yang mengadung zat tambahan (pengawet, penyedap rasa, pemanis dan pewarna buatan).
3. Hindari faktor pemicu alergi yang kita derita (sebaiknya anda tidak mandi terlalu sore)
4. Pemberian herba yang bersifat imunostimulan (meningkatkan daya tahan tubuh), antara lain habbatussauda, dan imunocap serta madu.
5. Lakukan bekam (hijamah) rutin setiap bulan.
Insyaalloh jika anda melakukan hal diatas keluhan yang anda alami bisa menghilang.
Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus