Merawat Payudara

Dedi – Kamis, 16 Zulhijjah 1430 H / 3 Desember 2009 09:20 WIB

Assalamu’alaikum

Maaf Pak Dokter, istri nitip pertayaan, gimana cara merawat payudara pasca menyusui?

Pengennya panyudara tetap berisi sekalipun sudah tidak menyusui, tapi kalo tidak dikeluarkan mengeras dan terasa sakit. Dan apakah kalau ASI dibiarkan mengendap apa tidak bahaya?

Terima kasih atas jawabannya

Wassalam.

Assalamu’alaikum.

Bagi seorang wanita, payudara adalah organ tubuh yang sangat penting bagi keberlangsungan perkembangan bayi yang baru dilahirkannya. Payudara secara alami akan mengeluarkan ASI begitu ibu melahirkan, dan ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Sangat disayangkan sekali jika ada Ibu yang dengan alasan agar payudaranya terlihat berisi, mereka enggan menyusui anaknya. Karena sesungguhnya proses menyusui tidak akan membuat payudara menjadi kendor dan tidak terlihat berisi lagi.

Agar payudara terlihat berisi, maka perawatan yang konsisten perlu dilakukan, antara lain :
1. Kenakan bra untuk menjaga bentuk payudara tetap indah. Pilih ukuran bra yang sesuai agar dapat menopang payudara dengan baik.

2. Bersihkan secara rutin daerah seputar puting susu dengan kapas yang dibasahi air hangat.

3. Oleskan minyak zaitun pada payudara untuk menjaga kelembaban. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan lembut.

4. Lakukan senam ringan dengan fokus untuk memperkuat otot dada.

ASI yang tidak dikeluarkan (disusui) akan menumpuk didalam payudara, sehingga menyebabkan rasa sakit, Oleh karena itu sebaiknya Ibu menyusui bayinya selagi bayi tersebut masih mau menyusui, Jika akan meninggalkan bayi dalam waktu yang lama (bekerja), maka sebaiknya membawa perlengkapan untuk memompa ASI agar payudara tidak sakit, tidak membuang ASI secara percuma dan tetap memberikan ASI pada bayi dengan ASI hasil pompa.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus