Operasi Hernia

Andhika Bayu – Kamis, 2 Rabiul Akhir 1431 H / 18 Maret 2010 07:07 WIB

Assalamuallaikum dok…..

Pak dok, saya telah menderita hernia sejak 8 tahun lalu dan akan dioperasi beberapa hari ke depan. Namun saya masih agak takut apakah, nanti ada dampaknya operasi hernia tersebut terhadap produksi sperma, vitalitas dan kemampuan ereksi saya. Jujur saja, saya takutkan hal tersebut karena saya belum menikah.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Wassalamuallaikum Wr.Wb

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Hernia merupakan proses penonjolan isi suatu rongga ke rongga lainnya karena adanya defek (lubang) yang melapisi dinding rongga tersebut. Hernia yang paling sering sering adalah hernia inguinalis / scrotalis, yaitu penonjolan isi rongga perut (usus) ke scrotum (kantong pelir), sehingga kadang untuk menyebutkan " hernia inguinalis / scrotalis" ini cukup dengan "hernia" saja.

Operasi hernia dilakukan dengan menutup defek (lubang) yang ada di dinding perut, sehingga setelah lubang tersebut tertutup maka isi perut (usus) tidak dapat masuk ke ingunal (lipat paha) atau scrotum (kantong buah pelir).Daerah operasipun terletak di perut, dan jauh dari organ reproduksi (testis).

Untuk itu tidak ada alasan bagi Sdr untuk merasa khawatir terhadap masalah produksi sperma, vitalitas dan kemampuan ereksi. Karena operasi hernia ini tidak mempengaruhi hal tersebut.

Semoga Allah Swt memberikan kekuatan hati kepada Sdr untuk menjalani operasi tersebut, dan semoga operasi berjalan dengan lancar dan sukses dan Sdr cepat pulih dan beraktivitas seperti biasa. Amiin

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus