Perbedaan Daging Ayam Kampung Dan Ayam Potong

Khairul Hidayat – Minggu, 11 Januari 2009 15:28 WIB

assalamualaikum pak dokter saya ingin menanyakan pendapat yang berlaku di masyarakat yang menyatakan bahwa daging ayam kampung lebih sehat bila dikonsumsi dibandingkan daging ayam potong. mohon penjelasannya pak dokter apa memang demikian ditinjau dari kandungan dagingnya bukan dari sisi memasaknya terima kasih wassalamualaikum wr.wb

Wa’alaikum Salam,Wr.Wb.
Bapak Khairul yang saya hormati, Insya’Alloh anda dan keluarga selalu dalam lindungan Alloh SWT. Mohon maaf sebelumnya karena pertanyaan anda baru kami jawab saat ini. Perbedaan antara ayam kampunag dan negri terletak pada kandungan air dan lemak. Pada ayam negeri memiliki kandungan air dan lemak lebih tinggi dibandingkan dengan ayam buras atau kampung. Karena itu saat dimasak akan mengeluarkan banyak cairan dan lebih cepat empuk meskipun lebih banyak menyusut. Ayam kampung lebih sedikit kandungan air dan lemaknya. Pada hewan dan manusia, berbagai racun tubuh dapat terakumulasi salah satunnya di kulit dan lemak. Dan perlu kita ketahui pada proses pemeliharaan ayam negeri banyak sekali penggunaan salah satunya obat-obatan hormonal dan sintetik. Salah satunya golongan obat penggemuk dan penambah nafsu makan, dan ini biasanya diberikan lewat suntikan dan makanan tambahan.
Untuk mengurangi efek negative dari kandungan buruk dari ayam negeri, maka coba hindari mengkonsumsi kulit dan lemak dari ayam tersebut. Semoga anda dapat sedikit memahami perbedaan ini, dan semoga kualitas kesehatan anda menjadi lebih baik. Terimakasih !
Wassalamu’alaikum,Wr.Wb.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus