Ramuan Sambiloto Untuk Ibu Hamil

Iwan Setiawan – Selasa, 1 Sya'ban 1431 H / 13 Juli 2010 21:19 WIB

Assalamualaikum Pak Dokter

Istri saya memiliki kebiasaan minum ramuan daun sambiloto kering yang diseduh dengan air panas bila sakit batuk. Dan khasiat sambiloto memang menyembuhkan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang jadi masalah saat ini istri saya sedang hamil muda (1 – 2 bulan) dan kebetulan beberapa hari ini terkena batuk. Saya merasa ragu bila istri meminum ramuan sambiloto ini bila sedang hamil muda karena belum menemukan referensi apakah daun sambiloto boleh dikonsumsi sebagai obat herba oleh ibu yang sedang hamil muda?

Saya ingin bertanya, bolehkah sambiloto dikonsumsi sebagai obat herbal untuk ibu yang sedang hamil?  Kalau tidak boleh, obat apakah yang kira-kira dokter sarankan buat menyembuhkan penyakit batuk istri saya? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Memang benar sekali bahwa sampai saat ini belum ada penelitian khusus efek ramuan herba terhadap ibu hamil. Sehingga penggunaan herba untuk ibu hamil sebaiknya dihindari. Karena biasanya herbal bersifat multi khasiat atau multi reseptor, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi kehamilan. Khusus untuk sambiloto, konsumsi dalam jumlah besar dikhawatirkan akan mempengaruhi kehamilan, sehingga ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya.

Untuk mengatasi batuk dapat digunakan madu yang di tambah dengan perasan jeruk lemon. Tetapi jika batuknya bertambah parah dan disertai demam, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter. (sf/)

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus