Sariawan pada Anak

Mohamad Sudaroji – Rabu, 12 Zulhijjah 1429 H / 10 Desember 2008 16:08 WIB

Assalaamu’alaikum.

1. Apa obat herbal untuk sariawan pada anak umur 1 thn 4 bln, bagaimana pencegahannya?

Jazakallah

Wassalaamu’alaikum.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sariawan adalah hal yang umum terjadi, dan dapat ditemukan pada berbagai usia mulai dari usia kanak-kanak, remaja, dan dewasa. Sariawan, atau nama kerennya stomatitis, bisa terjadi di berbagai tempat di rongga mulut, seperti gusi, bibir, serta langit-langit. Penyebab sariawan ada bermacam-macam, yang paling umum pada anak-anak adalah karena trauma seperti tergigit atau karena tersodok benda keras (anak sering memasukkan mainan ke mulut atau menggunakan sikat gigi terburu-buru sehingga melukai mulutnya).
Sariawan seperti ini umumnya cepat sembuh, walaupun tanpa diberi pengobatan.

Pada beberapa orang, sariawan amat sering terjadi, dan disebut stomatitis aftosa rekuren (SAR). Sariawan jenis ini bisa ringan (diameternya kurang dari 1cm) sampai yang berat, umumnya ada beberapa sariawan sekaligus, dan berulang beberapa kali dalam setahun. Sebanyak 20 persen orang diperkirakan menderita SAR. Penyebab SAR sampai sekarang tidak diketahui, namun ada beberapa penyebab yang mungkin, di antaranya:
• Kurang zat gizi tertentu (umumnya vitamin B12 atau folat, serta zat besi dan anak mungkin mempunyai tanda-tanda anemia).
• Keturunan, biasanya kedua orangtua juga mempunyai sejarah sariawan yang berulang.
• Alergi pada jenis makanan tertentu.
Sariawan jenis ini umumnya sembuh dalam waktu 10-14 hari.
Penyembuhan sariawan dapat dipercepat dengan diolesi madu murni, atau madu yang dicampur dengan habbatussauda. Untuk mencegah agar tidak terkena sariawan maka harus menghindari faktor – faktor pnyebab dan rutinkan anak minum madu setiap pagi.
Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus