Spoting Karena Kb Suntik

Salma – Kamis, 13 Ramadhan 1430 H / 3 September 2009 10:04 WIB

Assalamualaikum.

Dok, saya sudah 3 x menggunakan kb suntik yang setiap 3 bulan. Saya tidak mengalami haid sudah 6 bulan. hanya kadang-kadang keluar flek coklat kemerahan sampai berminggu-minggu, tapi hilang timbul. Saya tanya kepada bidan, katanya suntik KB yg 3 bulan tidak akan haid. flek-flek itu berarti tidak cocok dgn KB suntik 3 bln, dan disarankan diganti dengan 1 bulan sekali. Saya kadang makan primolut (norethisterone acetat 10 mg) untuk menghentikan flek, tapi setelah berhenti makan keluar lagi fleknya. Bagaimana untuk menghentikan flek itu karena sangat mengganggu saya terutama dalam beribadah. Saya juga akan mengganti KB suntik dengan yang sebulan sekali. Apakah haid saya akan teratur ? dan tidak ada flek lagi.

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salah satu efek dari KB suntik, terutama KB suntik 3 bulan adalah terjadinya perdarahan (spotting atau flek). Biasanya perdarahan timbul setelah suntik KB untuk yang pertama kali, dan setelah suntikan yang berikutnya flek akan berkurang dan bahkan biasanya tidak menstruasi sama sekali. Jika setelah beberapa kali suntikan masih terjadi flek, maka Ibu tidak cocok dengan KB suntik tersebut. Dan salah satu cara untuk menghentikan flek tersebut adalah dengan menghentikan suntik KB 3 bulan tersebut. Selain itu, Insyaalloh gangguan flek ibu dapat dibantu kesembuhannya dengan berbekam mengkonsumsi kurma, mengkudu dan memperbanyak susu kedelai.

Kemudian mengenai KB suntik satu bulan, secara umum tidak menyebabkan flek maupun spotting. Orang yang menggunakan KB 1 bulan akan mendapatkan menstruasi setiap bulannya.

Semoga Ibu selalu mendapat rahmatNya, dan semoga Ibu dapat menjalankan ibadah dengan lebih khusyu’.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus